Berkesempatan Ikut Kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) di Ramadhan Kali ini

Bulan Ramadhan adalah Bulan dimana umat islam melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Dibulan Ramadhan Kali ini, Sekolah Tahfizh Plus (STP) Khoiru Ummah Purbalingga mengadakan kembali kegiatan keagamaan yaitu Sanlat (Pesantren Kilat) di Sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan ibadah dan membangun karakter siswa menjadi karakter atau kepribadian yang berakhlak karimah. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 26 hingga 28 April 2022 dan diikuti sejumlah 21 peserta sanlat dan didampingi oleh 9 guru. Beruntung untuk ramadhan kali ini, saya berkesempatan dapat mengikuti sanlat yang pertama kalinya.

Adapun kegiatan Sanlat ramadhan yang dilaksanakan meliputi : Shalat malam. I’tikaf, Sahur, Shalat Wajib, Shalat Dhuha, Buka Puasa Bersama, Shalat Tarawih & Witir, Dzikir, Murojaah, Riyadhoh, Bersih diri & Lingkungan, Senam, materi, fun game, dan diakhiri dengan KU berbagi kepada masyarakat sekitar sekolah.

Untuk kali ini, saya akan menceritakan apa saja kegiatan Sanlat yang sudah berlangsung. Semoga bisa memberikan gambaran kegiatan sanlat kedepannya.

Hari Selasa, 26 April 2022

Di hari pertama, kegiatan dimulai dari Pukul 07.00 WIB untuk regristrasi semua peserta sanlat. Setelah semua peserta sudah hadir dan merapikan barang bawaan didalam ruangan yang tersedia. Kemudian, peserta sanlat diarahkan ke aula sekolah untuk mengikuti pembukaan acara Sanlat. Pukul 08.00 WIB, acara pun dbuka oleh pembawa acara dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ustadzah Lailiyah Selaku Kepala Sekolah.

Usai sambutan selesai, dimana para peserta sanlat dibagi dalam beberapa kelompok dan sekaligus dengan pendampingnya. Dalam berkelompok inilah akan diberlakukan dalam hal tempat duduk ketika ada materi diruangan dan ruangan tidur sesuai kelompok. Tugas pertama yang dilakukan masing-masing kelompok adalah membuat nama kelompok dan yel-yel.

Acara berikutnya ada materi dari Ustadz Toto dengan tema “Aku Muslim Hebat”. Setelah materi, anak-anak diarahakan untuk shalat Dhuha dan ada game pertama yaitu “Mengurutkan Surat.

Materi kedua disampaikan oleh Ustadzah Kiki yang menyampaikan Story Telling “Abdullah bin Mas’ud”. Dimateri ini, anak-anak antusias mendengarkan cerita yang disampaikan. Pemberian materi kedua ini selesai Pukul 11.00 WIB.

Pukul 11.00 Wib, para peserta diarahkan untuk Qoilulah atau bisa dikatakan tidur pada pertengahan siang. Tidur pasa pertengahan siang ini merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW.

Barulah sekitar Pukul 11,45 WIB, para peserta dibangunkan untuk melaksanakan shalat dhuhur dan kemudian dilanjutkan dengan Murojaah hingga Pukul 13.30 WIB.

Usai Murojaah, ada permainan kedua yaitu Mengurutkan Ayat hingga Pukul 14,00 WIB. Setelah itu, para peserta diarahakan untuk bersih diri dan persiapan ashar.

Pukul 15.00 WIB, dilanjutkan dengan materi ke 3 Oleh Ustadzah Iin dengan tema “Al-qur’an Cahaya KU”. Usai dari materi, peserta dibolehkan untuk istirahat kembali dan dapat menikmati udara diluar ruangan dengan berjalan-jalan dilingkungan sekitar hingga waktu menjelang Buka Puasa.

Hingga pada saatnya tiba waktu berbuka puasa, masing-masing dari akhwat dan ikhwan berkumpul sendiri untuk bersiap menyiapkan hidangan makanan buka puasa. Untuk berbuka puasa sendiri, kami baru makan takjil dan makanan ringan terlebih dahulu. Untuk makan besar dilakukan usai dari shalat maghrib.

Usai shalat maghrib dan makan besar, kemudian kami melanjutkan shalat isya dan tarawih, serta ada tadarus Alqur’an hingga Pukul 21.30 Wib. Usai dari Tadarus, barulah kami persiapan tidur untuk istirahat.

Hari Rabu, 27 April 2022

Hari kedua dimulai Pukul 02.30, dimana kami akan melakukan Qiyamul Lail hingga menjelang waktu sahur bersama. Usai Sahur, kami lanjutkan dengan shalat subuh dan tadarus Alquran bersama.

Pukul 05.30 WIB, kami langsung persiapan untuk bersih diri hingga Pukul 07.00 WIB. Usai semua sudah bersih diri, kemudian ada kegiatan senam terlebih dahulu sebelum materi. Untuk materi kali ini akan diisi oleh Ustadzah Rima dengan tema “Menggapai Lailatul Qodar”.

Usai dari materi, dilanjutkan dengan shalat Dhuha dan ada game “Temukan Aku”. Kemudian acara dilanjutkan kembali dengan menyaksikan video Bersama tentang “Lailalatul Qodar”.

Usai dari nonton bersama, seperti biasa dilanjutkan dengan Qolilulah, shalat Dhuhur dan Murojaah Bersama.

Puul 13.30 WIB, dilanjutkan dengan permainan yaitu Game Banjir dan Hola Hoop hingga waktu menunjukan shalat Ashar.

Usai shalat Ashar, ada materi kembali terkait “Tata Cara i’tikaf” oleh Ustadzah Lia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan istirahat hingga menjelang buka puasa.

Acara dilanjutkan Shalat maghrib, makan besar, shalat isya dan tarawih, serta tadarus alquran. Terakhir persiapan tidur.

Hari Kamis, 28 April 2022

Tidak terasa, hari ini merupakan hari terakhir Sanlat. Dimana nantinya akan ada perpisahan dengan masing-masing orang. Namun bagi saya, hari terkahir sanlat ini juga bisa dikatakan kegiatan ini paling padat dibandingkan dengan kegiatan sebelumnya. Karena biasanya, kita melakukan i’tikaf di aula sekolah. Untuk hari terkakhir ini kami melakukan i’tikaf dimasjid dan lokasinya beradi diluar lingkungan sekolah. Sehingga, pastinya kita harus persiapan untuk berjalan dulu untuk sampai di masjid.

Usai dari I’tikaf dimasjid. Kami melakukan sahur, shalat Subuh, Tadarus Alqur’an, dan bersih diri hingga Pukul 07.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan murojaah Alquran dan shalat Dhuha. Berikutnya ada materi terakhir dari Ustadzah Nana dengan tema “Gembira Sambut Kemenangan” .

Kegiatan dilanjutkan Qolilulah dan Shalat Dhuhur. Usai Shalat Dhuhur, ada kegiatan penutupan dan pembagian hadiah.

Setelah itu anak-anak diarahkan untuk bersih dir dan shalat ashar. Karena setelah shalat ashar, akan ada acara penyerahan rapot dan kegiatan KU Berbagi. Sebelum kegiatan dilanjutkan, terlebih dahulu ada foto keluarga KU Purbalingga

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa dan shalat maghrib berjamaah. Usai shalat maghrib, beberapa diantaranya kembali ke rumah ada yang masih stay di sekolah untuk shalat isya dan tarawih bersama.

Alhamdulillah selama tiga hari kegiatan berlangsung banyak pengalaman dan pelajaran yang didapatkan. Dan pastinya banyak peserta sanlat yang merasa antusias dan senang dengan mengikuti kegiatan ini.

Facebook Comments

1 Comment


  1. kegiatan yang anda bagikan ini sangat bermakna pastinya, saya berharap dapat mendapat kegiatan seperti anda.

Comments are closed.