Kegiatan Berkuda, Memanah dan Berenang dalam Satu Hari

Mulai tahun ajaran baru, tiap-tiap sekolah biasanya mengadakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Kegiatan MPLS ini merupakan kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, pembinaan awal kutur sekolah, dan lain sebagainya. Pastinya, setiap sekolah juga punya pengemasan tersendiri dalam hal membuat program MPLS ini.

Tepatnya pada hari senin kemarin (11/07), STP Khoiru Ummah telah melaksanakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) pada hari pertama dari mulai Pukul 07.00 WIB hingga Pukul 14.00 WIB. Adapun pelaksanaan kegiatan MPLS hari pertama diantaranya adalah : Apel pagi, pengenalan pembelajaran Tahfidz dan Tahsin, Pengenalan Eskul Berkuda, Pengenalan Eksul Memanah dan Pengenalan Eskul Berenang. Namun, disini saya akan menceritakan kegiatan MPLS yang berkaitan dengan olahraga sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Olahraga sunah yang dicontohkan dan diajarkan Nabi Muhammad SAW ada tiga jenis, yaitu berenang, memanah, dan berkuda. Sebagai seorang muslim, alangkah lebih baiknya kita dapat mengamalkan kegiatan olahraga yang satu ini. Dalam Agama Islam, Rasulullah SAW bersabda : “Ajarilah anak-anakmu berenang, memanah dan menunggang kuda” . (H.R Bukhari Muslim).

Dari ketiga olahraga itu, berenang merupakan salah satu aktivitas yang paling disukai oleh anak-anak. Namun begitu, berkuda dan memanah juga pada zaman sekarang sudah mulai digemari oleh kebanyakan orang. Terlebih lagi, ketiga aktivitas ini juga sudah aktif dilakukannya dalam berbagai perlombaan.

Pengenalan Eskul Berkuda dan Memanah lokasinya dilaksanakan di Katel Klawu Mrebet. Selanjutnya, Untuk lokasi. Sedangkan, Pengenalan Eskul Berenang di Kolam Renang Dita Pelangi Mrebet.

Berlatih Mengenderai Kuda

Untuk olahraga pertama, anak-anak diajarkan bagaimana menaiki kuda dan bagaimana caranya mengendarai kuda. Mengingat pada saat pengenalan kemarin, kuda yang disediakan lebih tinggi dari pada kuda yang biasnya dilakukan anak-anak pada saat latihan. Sehingga, untuk menaiki kudanya ini perlu adanya bantuan kursi. Namun begitu, pada saat prosesi latihan itu semua berjalan dengan lancar dan anak-anak juga sangat antusias dalam menaki kudanya,

Berlatih Memanah

Usai dari mengendarari kuda, anak-anak diajak untuk melaksanakan kegiatan memanah. Kegiatan memanah ini, anak-anak diajarkan dari mulai cara memasang anak panah, cara memegang, sikap memanah, cara memana, menghitung nilai memanah dan sekaligus mencabut anak panah.

Berenang yang menyenangkan

Untuk kegiatan terakhir, anak-anak diajak untuk melakukan aktivitas renang. Mula-mula sebelum kami menuju ke kolam renang anak, tak lupa kami melakukan pemanasan terlebih dahulu. Barulah setelah itu kami langsung menuju ke dalam kolam renang dan melakukan aktivitas berenang. Dalam kegiatannya. Anak-anak diajarkan bagaimana cara mengambang didalam air, latihan kali dengan dengan berpegangan ditepi kolam renang, menyelam dalam air, mengapungkan badan, meluncur, dan melakukan aktivitas ambil nafas dan buang nafas didalam air

Bersyukur sekali, kegiatan MPLS dihari pertama telah terlaksana dengan lancar dan baik. Semoga untuk kegiatan MPLS hari selanjutnya juga dapat dilancarkan kembali. Amin

Facebook Comments