My Story

Serunya Outing Class di Perpustakaan Umum Purbalingga dan Kolam Renang Dita Pelangi

Bahagia rasanya, kegiatan yang saya rancang bersama guru lain dan kerjasama walimurid SD N 1 Jambudesa. Alhamdulillah dapat terlaksana dengan baik dan berjalan dengan lancar. Hal ini terlihat dari muka anak-anak yang antusias dalam setiap berkegiatan dan respon baik anak ketika ditanya.

Harapannya dengan adanya kunjungan ke perpustakaan ini dapat meningkatkan minat anak untuk terus belajar melalui membaca, terlebih dalam hal meningkatkan literasi anak.  Lain halnya itu, biar anak-anak juga tahu kalau dipurbalingga punya perpustakaan yang besar dengan fasilitas yang memadai. Hari ini juga merupakan pertama kalinya saya datang keperpustakaan yang baru dibuka kurang lebih 1 tahun ini, karena sebelumnya saya berkunjung diperpustakaan yang lama. Sehingga pada saat kunjungan ini, saya menyempatkan untuk memperbaharui kartu anggota perpus lagi.

Kemudian, untuk tujuan berenang sendiri ini kebetulan berkaitan dengan materi pelajaran pada saat dikelas. Sehingga anak tidak hanya mendapatkan materi berenang pada saat pelajaran, namun anak juga dapat melakukan praktik langsung apa yang telah dipelajari selama pelajaran dikelas.

Kegiatan outing class ini berjumlah 61 anak yang terdiri dari kelas 3A, 3B, dan kelas 5. Kemudian ditambah 5 guru dan beberapa perwakilan wali murid. Alhamdulillah keberangkatan dari Sekolah tepat waktu, sehingga pada saat sampai ditempat kunjungan pertama pun sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Kegiatan dimulai dari Kunjungan ke Perpustakaan Purbalingga. Mula-mula kami disambut baik oleh pihak perpustakaan umum purbalingga. Selanjutnya, anak-anak dibawa ke ruang taman baca. Diruangan inilah, anak2 diberi kesempatan mendengar cerita yang dibawakan oleh pihak perpus dan dilanjutkan anak-anak bermain ditaman baca.

Selesai dari taman baca, anak-anak dibawa ke ruang komputer. Disini, anak-anak belajar bagaimana menyalakan komputer dan mengetik.

Kegiatan yang tidak kalah seru lagi itu adalah ketika berada diruang Audio Visual. Ruangan inilah anak-anak dapat menyaksikan beberapa film yang disajikan oleh pihak petugas perpus. Karena dari salah satu filmnya itu ada film kartun yang lucu, sehingga beberapa kali  terdengar anak-anak ketawa terbahak-bahak hingga berdiri.

Usai dari sini, kami berlanjut ketempat berenang. Kegiatan yang paling ditunggu anak-anak juga. Beruntung sekali, kami berkesempatan berenang dikolam renang dita pelangi di mrebet. Air kolam renangnya jernih, tempatnya nyaman, dan tidak rame juga. Terlebih harganya juga murah bagi rombongan anak SD.

Bagi saya, kegiatan ini luar biasa dan banyak hal yang dapat diambil manfaatnya. Terlebih kegiatan ini dapat memberikan hal positif kepada anak-anak. Semoga dilain kesempatan, dapat berkunjung kembali ketempat-tempat wisata pendidikan di Indonesia. Amin.

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *