(PART 2) Persiapan Kegiatan Sebelum Berangkat KKN – Kegiatan KKN di Papua

Alhamdulillah, setelah  terpilihnya 25 anggota yang tergabung dalam KKN Kabupten Puncak, Ilaga, Papua. Pastinya ada proses perjalanan yang perlu kita jalani untuk mempersiapkan beberapa hal hingga sampailah pada saatnya penerjunan KKN. Beberapa persiapan yang kami lakukan, diantaranya adalah mulai dari Rapat KKN, Koordinasi Pemerintah Daerah (PEMDA) dan Pihak Kampus UGM, Pencairan dalan Tambahan (Charity, Jualan, Sponsorship), Pelatihan Kompetensi, dan mempersiapkan barang-barang yang harus kita bawa pada saat pelaksanaan KKN. Kurang lebih, ada empat bulan kami mempersiapkan semuanya itu dan pastinya dari sinilah juga dapat membangun kekeluargaan kita. Terlebih bagi beberapa yang anak awalnya kurang begitu akrab, kemudian pelan-pelan menjadi akrab.

Pada tulisan ini, saya akan mencoba berbagi terkait persiapan apa saja yang sudah pernah saya dan teman saya lalui. Semoga hal ini bisa menjadi gambaran kalian ketika akan melaksanakan kegiatan KKN.

  • Rapat KKN

Membahas bagian ini sepertinya tidak akan ada habisnya. Mengingat dalam rapat itu akan ada banyak hal yang dibahas, dari mulai bahasan yang bisa dibilang biasa sampai yang bahasan paling terpenting. Pastinya dengan adanya rapat ini, hal-hal yang akan dilaksanakan atau yang kita ingikan itu akan diobrolkan dan dibicarakan dengan baik. Minimal dua kali dalam satu bulan rapat akan dilaksanakan, karena sekali lagi banyak bahasan yang perlu kita selesaikan bersama-sama. Lain halnya itu, rapat juga pernah dilakukan setiap minggu dalam satu bulan.

Rapat KKN di IMB Resto Perikanan UGM

Rapat ini tidak hanya dilakukan hanya berlaku untuk rapat keseluruhan tim, namun ada yang berlaku untuk rapat tiap kluster, rapat anggota inti, rapat masing-masing kormater, dan rapat masing-masing kegiatan yang dibentuk. Kondisi persiapan KKN memang butuh proses, terlebih lokasi KKN yang jaraknya jauh itu memang butuh ekstra persiapan yang matang dan dipersiapan dalam waktu jauh-jauh hari. Berbeda, dengan lokasi KKN yang dekat dari kampus di Yogyakarta. Pastilah lokasi KKN terdekat akan lebih mudah untuk akses komunikasi dengan pihak PEMDA. Berbeda bagi KKN yang lokasinya jauh, dimana beberapa dari anggotanya sampai ada yang merelakan dirinya untuk berangkat ke lokasi KKN diluar kota.

Rapat Kluster Agro

Hal yang paling tidak menyenangkan dalam rapat biasanya itu ada anak yang terlambat dan ada anak yang tidak hadir rapat. Kalau anak yang tidak hadir rapat, biasanya sudah diinformasikan untuk izin-izin sebelumnya. Perihal dalam perjalanan beberapa kali rapat sudah disepakati adanya denda bagi yang melanggar SOP rapat. Tetapi bagi yang datangnya terlambat, alhasil membuat suasana rapat jadi kurang begitu lancar sesuai waktu. Kadang harus menunggu-menunggu anak kumpul semua dan bahkan ketika rapat sudah dimulai perlu ada pengulangan hasil rapat kembali. Akan tetapi selang beberapa kali pertemuan dan kedekatan kami  menjadi semakin akrab, sehingga dalam hal rapat sudah mulai terbiasa adanya perubahan baik.

            Mengenai isi pembahasan rapat sudah pasti banyak sekali, tergantung dari hal-hal apa yang ingin disampaikan. Sumber pembahasan isu rapat itu biasanya berasal dari mana saja, contoh : pembahasan program kluster, Agenda jualan, Agenda pelatihan-pelatihan, masalah pendanaan, masalah sponsorship, pembuatan kaos, pembahasan keberangkatan, info dari UGM, dan bahasan-bahasan lainnya.

            Dalam hal memutuskan hasil rapat pun kadang terjadi perbedaan pendapat antara satu dengan yang lain. Perbedaan pendapat memang sudah menjadi hal lumrah seseorang ketika sedang memutuskan sesuatu. Hal yang terpenting, dimana kita bisa mengkomunikasikan secara baik-baik dan benar-benar dipertimbangkan apa-apa yang sedang diputuskan. Beruntungnya selama rapat selalu diberi kelancaran dan hasilnya juga selalu baik, sehingga apapun yang dilakukan kedepannya dapat terlaksana dengan baik.

            Satu hal yang terpenting lagi adalah dimana kita selalu membuat report hasil rapat. Beruntung di KKN kami ini, setiap hasil rapat selalu di share di grup line kami. Sehingga, bagi anak-anak yang lupa akan hasil rapat atau tidak hadir pada saat rapat itu dapat membuka kembali hasil yang dishare.

  • Koordinasi Pemerintah Daerah (PEMDA) dan Pihak Kampus UGM

            Fungsi koordinasi sangat begitu penting bagi sebuah komunitas/perkumpulan suatu kegiatan. Sehingga dalam melakukan kegiatan, sepatutnya kita perlu memperhatikan koordinasi-koordinasi apa saja dan dengan siapa saja yang akan kita lakukan. Bagi tim KKN, koordinasi paling utama pastilah terletak pada info Kampus UGM dan info dari PEMDA. Pasalnya, kita tidak akan tahu KKN kapan dilaksanakan atau kegiatan KKN akan seperti apa itu pastinya tidak lain hanyalah berasal dari informasi UGM. Kemudian dari pihak Pemda sendiri, otomatis koordinasi terkait tempat lokasi KKN yang akan kita tuju. Dimana mereka lah yang akan menyetujui KKN kami dan hal-hal informasi kegiatan KKN yang akan kami lakukan.

            Selama berlangsungnya koordinasi dengan beberapa pihak, pastilah banyak berbagai macam kondisi. Dimana pernah sesekali diinformasikan ada kendala perizinan, ada konfilik lokasi KKN, permasalahan dana, dan lain sebagianya. Intinya masing-masing tim KKN pasti punya cerita tersendiri dalam menyikapi hal koordinasi ini. Terpenting dari kesemuanya adalah jangan bosan-bosannya kita untuk selalu mem-followup. Karena setiap hal dari koordinasi itu apabila kita lengah dalam hal mengkomunikasikan kembali atau followup. Maka, hal yang terjadi akan menimbulkan mis komunikasi dan kebingungan untuk apa-apa yang akan dilakukan kedepannya.

Surat dari Pemerintah Kab.Puncak Terkait Penerjunan Mahasiswa KKN UGM

            Terkait koordinasi sebelum keberangkatan, kita tidak hanya melulu koordinasi dengan pihak UGM dan pihak PEMDA. Melainkan, koordinasi kami juga dengan kakak angkatan KKN tahun lalu, koordinasi dengan sponsorship, dan berbagai orang-orang lain yang telah membantu kami dalam hal informasi.

  • Pencarian Dana Tambahan

       Sedikit gambaran untuk hal pendanaan KKN itu sumbernya berbeda-beda, ada dari pihak UGM, PEMDA, Sponosrship dan lain sebagainya. Akan tetapi, pendanaan tersebut itu tidak serta merta kita dapatkan diawal-awal pembentukan KKN. Ada kalanya, pendanaan itu akan diberikan pada saat keberangkatan maupun saat kegiatan berlangsung. Sehingga, pada awal-awal pembentukan pastilah kita belum mempunyai uang sedikit pun. Padahal saat kita akan nge-print proposal, fotokopi surat dan kebutuhan lainnya itu juga membutuhkan uang. Sehingga, pada awal-awal sempat terpikirkan untuk diadakannya pencarian dana tambahan.

       Ada beberapa hal pencarian dana tambahan yang kami lakukan selama proses sebelum keberangkatan. diantaranya : penjulan postcard, penjualan di pameran-pemeran, jualan di sanmor, Charity concert, jualan kaos dan jualan buku. Dari kesemuanya alhamdulillah dalam hal kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Walaupun secara hasil tidak begitu banyak, akan tetapi dari semua perjuangan ini menjadikan teman-teman jadi kompak dan memahami satu sama lain. Berikut ini saya share beberapa pencarian dana tambahan yang kami lakukan, diantaranya :

  1. Penjualan Postcard Tentang Papua      
Poster Surat untuk papua
Partipasi pembeli postcard
  • Membuka Stand Acara Tryout  di selasar Fisipol  UGM (24 April 2016)

       Untuk kegiatan stand pertama kita pada acara tryout yang diadakan oleh Departemen Politik Pemerintahan FISIPOL UGM. Acara cukup berjalan lancar, terutama banyak anak yang antusias untuk tanya-tanya tentang papua dan membeli postcard kami.

Jaga Stand
Foto bersama
  • Membuka Stand Acara Tryout di Fisipol (08 mei 2016)

       Setelah kegiatan stand pertamanya pada tanggal 24 April 2016. Kali ini kami kembali hadir lagi di FISIPOL UGM untuk memeriahkan “Jump Out”, Try out yang diadakan oleh Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik FISIPOL UGM.

Jaga Stand
  • Jualan Baju di Sanmor (08 mei 2016)
Saat Jualan di Sanmor
  • Charity Concert : Surat Untuk Papua #1 Djendelo (9 mei 2016)

       Pada charity concert pertama ini kami menghadirkan pembicara dari PPKK Fisipol UGM, yaitu Mas Asep. Dimana beliau lebih banyak menyampaikan berbagai cerita tentang papua. Lain halnya itu, pada charity contert pertama ini juga dihadiri oleh Band “Tanah Datar”.

Poster Charity Concert #1
Pembicara Mas Isep dari PPPK FISIPOL UGM
Foto bersama usai acara
  • Charity Concert : Surat Untuk Papua #2 Djendelo (14 mei 2016)

       Untuk charity kedua ini bertemakan “Mutiara Muda Papua, bersuara Lewat Kata dan Nada” di Djendelo Koffie, Lantai 2 Togamas Jalan Gejayan. Kebetulan kami mengundang 2 orang narasumber yaitu Kak meto seorang mahasiswa S2 Hukum di Universitas Atmajaya Yogyakarta dan seorang pesepakbola Profesional Divisi Utama Nasional yaitu PSS Sleman pada tahun 2008. Pembicara kedua yang tidak kalah luar biasa yaitu Kak Suzan, seorang mahasiswa S1 Kimia UGM dengan segudang prestasi baik level nasional maupun internasional. Lain halnya itu, acara ini juga ada penampilan dari kawan-kawan “Goodbye My Last Name”.

Poster Charity Concert #2
Saat berbincang dengan Kak meto dan Kak Suzan
Berfoto usai acara
  • Charity Concert : Surat Untuk Papua #3 Djendelo (23 mei 2016)

       Untuk Charity concert ketiga ini ada perform dari Tanah Datar. Alhamdulillah dari tiga kali diadakannya acara ini dapat berjalan lancar dan baik.

Poster Charity Concert #3
Foto Bersama Usai Acara
  • Stand Acara Kegiatan Papuan Day  (2-3 juni 2016)

       Tiap tim stand pameran akan diberikan tempat satu stand dan dijaga oleh 5 orang. Sehingga, anggota yang tidak menjaga stand dapat mengikuti acara kegiatan didalam ruangan PPKH nya. Dimana pada tanggal 2 juli ada kegiatan seminar dan  tanggal 3 juni ada perform dari pihak panitia. Fasilitas yang diberikan oleh pihak panitia diantaranya adalah Sepetak meja biasa, Meja, dan tenda.

Berfoto Saat Kegaiatan
Berfoto bersama saat jaga stand
  • Jualan Kaos

Jualan kaos ini kebetulan berasal dari kak fajar yang menawarkan untuk menjulnya dari tempat produksinya. Intinya dari kak fajar menyerahkan kita menjual dengan harga berapa pun, sedangkan kak fajar tidak mengambil untung hanya meminta bayaran sejumlah harga 1 kaos yang diberikan.

Poster Kaos yang dijual
  1. Jualan Buku

            Lain halnya itu, kak fajar juga menawarkan Buku ini untuk dijual. Sama seperti harga penjualan kaos, intinya harga yang dijual terserah kami.

Buku yang dijual
Ucapan Terimakasih
  • Sponsorship

Sponsor merupakan salah satu kegiatan yang penting bagi Tim KKN demi keberlangsungan acara. Mengingat kegiatan kami cukup banyak dan beberapa diantaranya butuh dukungan dari beberpa pihak, maka dari itu dari mulai awal pembentukan kami sudah mendata sponsor-sponsor mana yang sekiranya dapat memberikan dukungan kepada kami. Dukungan itu biasanya berupa uang maupun barang, tergantung dari pihak yang mau memberi.

            Menurut saya, berada dilingkungan kampus UGM memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mencari berbagai pendanaan. Terlebih, sudah banyak perusahaan besar di Kota Yogyakarta yang membangun untuk menanam modal disini. Hal itu menjadikan kami untuk mempunyai opsi banyak channel sponsor. Walaupun pada dasarnya setiap proposal kerjasama yang kami tawarkan tidak sepenuhnya dapat diterima oleh pihak sponsor, yang terpenting adalah bagaimana kami bisa melakukan usaha itu dan menjadikannya sebuah pengalaman.

            Alhamdulillahnya dari berbagai macam sponsor yang kami dapatkan, ada beberapa yang diterima dan dicairkan. Seperti halnya, dari kluster pendidikan mendapatkan bantuan buku, dari Kluster Medika dapat peralatan kesehatan mandi dari Unilever, dan Kluster Agro mendapatkan bantuan obat-obatan ternak dari Indmira. Masih banyak lagi bantuan-bantuan yang diberikan oleh pihak lain.

  • Pelatihan-Pelatihan

            Untuk tujuan menambah ilmu dan pengetahuan, maka dari itu setiap masing-masing kluster perlu mempersiapkan pelatihan-pelatihan untuk mendukung kondisi nantinya pada saat kegiatan KKN. Ada beberapa macam pelatihan yang dilakukan oleh beberapa kluster, diantaranya :

  1. Pelatihan dan Sosialisasi Program Pendidikan

Pada sabtu (2/4/2016), tim KKN-PPM UGM Unit Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua mengadakan kegiatan pelatihan dan sosialisasi program bidang pendidikan. Berlokasi di fakultas Psikologi UGM, kegiatan ini dilangsungkan sejak pukul 13.00-17.30 WIB. Acara ini bertujuan agar seluruh anggota dapat memahami setiap program yang akan kami bawa nantinya. Dengan demikian, upaya pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan yang kami canangkan diharapkan dapat terealisasi secara optimal.

Pada kesempatan ini, kami menghadirkan pengajar muda Indonesia Mengajar, Nanda Yunika Wulandari, yang akrab disapa mbak Nanda. Beliau merupakan angkatan pertama yang ditempatkan di Bengkalis, Riau. Mbak Nanda dengan antusias berbagi pengalamannya mengajar di SD N 8 Bantan Tengah. Kami, tidak kalah antusias, juga belajar mengenai ragam pembelajaran kreatif yang menyenangkan bagi anak-anak. Selain itu, tips beradaptasi dengan para guru dan masyarakat setempat juga disampaikan oleh pembicara kita ini. Selanjutnya, pada akhir sesi, beliau memberikan contoh-contoh kasus unik yang harus kami pecahkan. Kasus-kasus tersebut bisa jadi kita temui ketika mengajar atau ketika berinteraksi dengan masyarakat.

Saat Pelatihan

Link Youtobe : Pelatihan Program Bidang Pendidikan KKN-PPM Kabupaten Puncak, Papua 2016

  • Pelatihan Peternakan Kunjungan ke tempat babi

Sebanyak 11 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengikuti pelatihan ternak babi di peternakan babi di Jalan Water KM 3,5, Desa Somodaran, Sabtu, (21/05/2016). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) UGM yang akan digelar di Kabupaten Puncak, Ilaga, Papua pada 20 Juni – 7 Agustus 2016. Mengingat kondisi tempat KKN kami yang kebanyakan hewan ternaknya babi, sehingga setidaknya kita perlu sedikit memahami bagaimana kehidupan babi sebenarnya.

Saat Diskusi dengan Pengelola Peternakan

Kegiatan ini dilaksanakan guna mempersiapkan kemampuan mahasiswa dalam segi penanganan babi maupun pemeliharaanya. Kegiatan ini menarik bagi sebagian mahasiswa, karena beberapa dari mereka jarang melihat langsung babi dan tidak pernah belajar soal babi. Banyak ilmu yang kami dapatkan ketika berbincang-bincang dengan pemilik Peternakan Babi ini. Seperti yang diberikan oleh seorang pemilik peternakan yang sudah hampir 10 tahun lebih mengelola peternakan. Ia memberikan pengarahan kepada mahasiswa bagaimana menangani penganan ternak babi, baik babi yang masih muda maupun yang sudah besar. Kemudian kami juga belajar terkait pemberian pakan babi, pemeliharaan, pemberian vaksin, kesehatan babi, serta perdagangan daging babi.

Foto bersama usai kunjungan
  • Pelatihan Pertanian dan Teknologi Hasil Pertanian

Untuk pelatihan kali ini ada dua Pelatihan, yaitu  Pelatihan Pembuatam pestisida nabati, dan Pelatihan pengolahan hasil pertanian. Lokasi tempat di Aasrama Agus (Jln. Andung no.1 Baciro, Yogyakarta. Dharma putera residence UGM), tepat pada tanggal 21 mei usai dari Kunjungan ke Peternakan Babi.

Pelatihan Pembuatam pestisida nabati
Pelatihan pengolahan hasil pertanian
  • Kegiatan Pelatihan di Indmira

       Tepat tanggal 28 Mei 2016 kumpul  jam 8 pagi di bunderan UGM dan jam 8.30 berangkat, karena jam 9 udah di Indmira, Jakal KM 16. Di Indmira akan ada pelatihan teknis budidaya, pestisida, pupuk organik, pelatihan vertikultur dan teknisnya kita hanya mengikuti instrukturnya dalam menyampaikan. Lain halnya itu, Kita tidak perlu menyiapkan apa-apa. Pelatihan kali ini juga dibarengi dengan teman-teman dari KKN lainnya.

  • Refreshing

Demi memberikan suasana kecerian, maka dari itu perlu diadakannya jalan-jalan. Pada saat itu, tim kami berkesempatan untuk refreshing di Pantai Goa Cemara.

  • Surprise Birthday

Demi menjalin kekompakkan satu sama lain, perlu adanya surprise setiap masing-masing dari kita yang sedang ualng tahun. Rasa-rasanya memang perlu untuk menjalin persahabatan setiap orang, namun karena kesibukan dan beberapa kendala yang membuat pertemuan tidak selamanya bersama. Sehingga selepas KKN sudah sibuk dengan tugasnya masing-masing, pasalnya kami semua sudah menginjak semester akhir dan kesibukan sudah mulai padat. Tapi walaupun begitu, sesekali grup media sosial tetap lancar komunikasinya.

Ulang Tahun Beberapa Anak KKN
  • Persiapan Barang Bawaan

            Melakukan perjalanan kegiatan dimanapun, pastilah harus mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa nantinya. Terlebih lagi ketika kegiatan itu secara berkelompok, maka persiapannya akan lebih banyak lagi dibandingkan dengan perjalanan kegiatan sendiri. Beruntung pada beberapa kali rapat terakhir sebelum keberangkatan, kami sempat diskusi terkait barang-barang apa saja yang akan dibawa. Pasalnya, kalau tidak disiapkan dari jauh-jauh hari akan menimbulkan kegugupan dan kelupaan.

Barang bawaan kami selama kegiatan dibagi beberapa bagian, yaitu Barang Pribadi, Barang Unit, Barang-Barang Kluster, Barang-barang ATK, Barang-barang alat dapur dan sebagainya. Untuk list selengkapnya yang kami buat, saya juga share disini. Diharapakan semoga membantu kalian untuk mempersiapakan apa saja perlengkapan yang harus dibawa pada saat KKN.

Barang Bawaan

List barang bawaan dibawah ini sifatnya tidak wajib, tergantung pada kemampuan, kebiasaan dan kebutuhan diri, kondisi lokasi KKN/medan pertempuran, dan kebaikan tetangga. Bisa juga lingkup individu maupun subunit. Let’s checklist!

  • Barang-Barang UNIT
  • Printer
  • Kertas hvs A4.
  • Tinta printer
  • Kamera / handycam t
  • Kabel roll dan colokan T
  • Emergency lamp (3)
  • Laptop kurang lebih 10
  • Hard disk 500gb
  • Staples + isi t
  • Setrika
  • Map 10
  • Berkas2 LPPM (harus cetak dulu)
  • Amplop besar 1pack
  • Pulpen
  • Block note
  • Tas
  • Ransel ukuran medium, untuk tempat alat tulis, laptop, berkas penting, dll.
  • Koper besar, bisa jadi lemari-lemarian jika tidak tersedia lemari asli dan lebih rapi dibading kerir.
  • Tas kecil tahan air, untuk tempat peralatan mandi (masuk koper).
  • Tas slempang kecil, bisa dibawa kemana saja saat kegiatan KKN, cukup utk Al Quran, bolpoint, notebook, handphone, dompet, dsb.
  • Pakaian
  • Seperangkat alat sholat (Mukena, sajadah, Al Quran, Al Ma’tsurat, tasbih)
  • Jas almamater
  • Kaos lengan panjang (6)
  • Kaos lengan pendek (3), khusus di dalam pondokan/tidur
  • Kemeja (1), untuk acara resmi di KKN
  • Batik (2), untuk acara bersama warga (walimahan, lahiran, sunatan, dll)
  • Sweater/jaket (2)
  • Rok jeans/celana rok (3-5)
  • Celana panjang/training (3-5), untuk dobelan, tidur, dalam rumah.
  • Rok span/rok resmi (2)
  • Baju kebesaran tim KKN
  • Pakaian dalam (10 pasang)
  • Selimut (1)
  • Kerudung langsung (5)
  • Kerudung segiempat (5)
  • Ciput/dalaman kerudung (3)
  • Topi (1)
  • Deker tangan (5)
  • Slayer/masker (1-3)
  • Alas Kaki
  • Kaos kaki (10 pasang atau bisa lebih), khususnya lokasi yang sedikit air, dingin menusuk tulang, tanah lempung. Karena kondisi tertentu menuntut sehari ganti 2x.
  • Sepatu keds (1)
  • Sepatu resmi/sepatu karet (1)
  • Sandal jepit (1)
  • Perlengkapan Mandi dan Make-up
  • Sabun mandi, bisa cair, jika batangan bawa sewadahnya/plastik khusus.
  • Sikat gigi (1)
  • Pasta gigi (1)
  • Shampoo (1)
  • Conditioner (1), bila perlu
  • Deodorant (1)
  • Handuk (1-2), besar dan kecil
  • Sabun cuci muka (1)
  • Spons mandi/batu mandi (1)
  • Parfum pakaian, hanya utk kondisi urgent, keharuman soft, dan tidak menimbulkan syahwat ikhwan.
  • Body lotion (1)
  • Pelembab ber-SPF (1)
  • Bedak (1)
  • Sun block (1), bila perlu
  • Sisir (1)
  • Ikat rambut (2-3)
  • Jarum dan peniti (1 pack kecil)
  • Kapas (1)
  • Tisu kering (1)
  • Tisu basah (1)
  • Hand sanitizer (1)
  • Cotton buds (1)
  • Pembalut dan pantyliner (1)
  • Potong kuku (1)
  • Obat-obatan
  • Obat pribadi, sesuai resep dokter, riwayat penyakit.
  • Vitamin C dan vitamin B12 atau multivitamin
  • Habatussauda
  • Obat penurun panas
  • Obat anti alergi
  • Obat maag (promagh)
  • Obat anti diare
  • Oralit, bisa buat sendiri air, gula, garam.
  • Tetes mata
  • Obat sariawan
  • Obat batuk dan flu
  • Minyak kayu putih/balsem/aromaterapi/freshcare/minyak telon
  • Salep
  • Betadine
  • Plester/handsaplast
  • Kapas/kassa steril
  • Alkohol
  • Bedak anti gatal
  • Masker
  • CTM, yang alergi dingin
  • Asam mefenamat
  • Tolak angin
  • Salonplas
  • Sangobion, tambah darah
  • 1Salbutamol atau inhaler, ASMA
  • Perban elastic dan perban putih
  • Alat Tulis Kantor
  • Notebook/Binder besar/kecil
  • Alat tulis: pensil, pulpen, penggaris, penghapus, tipe-x, stabillo, spidol, tempat pensil, staples+isinya, dll.
  • Buku diary, jika ada dari univ atau buat sendiri kegiatan harian
  • Laptop, charger, mouse
  • Printer, penting utk lokasi terpencil
  • Kertas isi binder/HVS A4.
  • Map, usahakan dari plastik supaya awet dan lebih terlindung berkasnya.
  • Alat Masak
  • Tempat makan dan minum, seperti : piring, mangkuk, sendok, gelas.
  • Kompor dan gas
  • Panci dan wajan
  • Spatula, centong, sendok sayur, dsb.
  • Pisau
  • Ulekan
  • Talenan
  • Tempat saji, seperti : mangkuk besar, piring saji, tea pot, dsb.
  • Tempat bumbu
  • Magic jar
  • Toples
  • Blender
  • Saringan/kalo
  • Termos
  • Timbangan
  • Parutan
  • Nampan
  • Hiburan
  • MP3 Player, dengar murrotal, sholawatan, lagu Islami, radio, dsb.
  • Modem
  • Buku wajib, bisa saling bertukar buku selama KKN dg sesama anggota. Ex: buku berpengaruh dalam kehidupan.
  • Uang
  • Sim card cadangan interlokal, kuat sinyal di lokasi KKN
  • Foto keluarga/benda kenangan
  • Headset
  • Peralatan jahit/menyulam, sketchbook
  • Makanan dan Minuman
  • Bekal sehari pertama KKN
  • Roti (kering, brownies, dll)
  • Keripik/kue kering
  • Teh, kopi, gula
  • Susu
  • Alat bersih2
  • Sikat cuci baju
  • Sunlight : Fika (tapi yg kecil2 harga 1000an doang 5 biji)
  • Spon cuci piring : Fika
  • lap (3)
  • Dapur
  • Kertas minyak (5pack)
  • Sendok & garpu (masing2 bawa ya)
  • Lauk (abon, ikan asin, serundeng, kering, indomie, dll)
  • Bumbu Dapur (saus, kecap, royco, lada, saori, bumbu2 instan, rempah2, kopi, teh, sambal, dll)
  • Keranjang Belanja (soalnya disana kalo belanja ga dikasih kresek)
  • Rumah Tangga
  • Tali jemuran
  • Rafia
  • Paku
  • Palu
  • Obeng set
  • Barang2 hiburan (uno, papan catur, gitar, stok film, dll)
  • Penambal Panci
  • Cutter
  • Gunting
  • Double tip
  • Spidol
  • Alat tulis (bawa masing2 ya)
  • White board tim (2)
  • Lakban, dll
  • Lain-lain
  • Detergent (1)
  • Senter+batu baterai (1)
  • Payung (1)
  • Kresek/trashbag (10)
  • Pembersih alat masak, seperti : sabun colek, spons
  • Hanger/gantungan baju (5)
  • Jepit jemuran (10)
  • Setrika (1)
  • Charger/powerbank (1)
  • Flash disk/memory card (1)
  • Kipas (1)
  • Dompet beserta uangnya
  • Selotip/lakban (1)
  • Karet gelang (banyak)
  • Ember+gayung (1)
  • Tali tambang 👉 untuk buat jemuran
  • Kasur lipat/sleeping bag (1)
  • Bantal (1)
  • Galon air+pompanya (1)
  • Lilin (1 pack)
  • Terminal listrik (1)
  • Alat bersih-bersih (2)
  • Pengharum ruang/kamper (1)
  • Schedule board (baik untuk harian, pekanan, bulana)
  • Tata tertib khusus anggota akhwat
  • Kluster Pemerintahan
  • Papan Whiteboard 40×60 = 10 buah
  • Spidol permanen 5 + Marker 5
  • Tinta Spidol
  • Penggaris kayu (1 meter) = 2 buah
  • Penghapus papan tulis = 2 buah
  • Kluster Pendidikan
  • Buku tulis : 500pcs
  • Alat tulis :

     – Pensil (400pcs)

     – Penghapus (200pcs)

     – Pengaris (200pcs)

     – Bolpen (200pcs)

     – Rautan (200pcs)

     – Spidol (1 pak)

     – Tinta Spidol (3 kotak)

     – Spidol Warna hang kecil-kecil utk sesi melukis

        impian

     – Gunting ( 5 pcs)

     – Lem (5 pcs)

  • Buku latian membaca dan menulis (30pcs)
  • Poster (@ 4 ) terdiri dari :

     – Presiden dan wapres

     – Huruf

     – Angka

     – Profesi

     – Hewan

     – Anggota Tubuh

  • Mainan Anak-Anak (@ 15) terdiri dari :

     – Puzzle

     – Sempoa

     – Ular Tangga

     – Origami

  • HVS : 2 rim
  • Kertas bergambar berjumlah 6 macem (untuk kegiatan mewarnai)
  • Crayon yang isi 12 warna
  • White board : 2 pcs
  • Peta : Papua, Indonesua, dan Dunia
  • Bendera Indonesia : 2 pcs
  • Bendera Indonesia yg kecil kecil (flag)
  • Mempersiapkan print2an lagu Nasional dan Daerah seperti:

       – Indonesia Raya

       – Garuda Pancasila

       – Satu Nusa Satu Bangsa

       – Dari Sabang Sampai Merauke

       – Apuse

       – Yamko Rambe Yamko

       – Tanah Air

       – Papua Tanah Airku

  • Mempersiapkan Video yang isinya:

       – sepak bola papua

       – Nat Geo utk memperkenalkan hewan-hewan

       – tentang anak daerah, khususnya anak papua yang meraih impian

  • Jas Praktikum (2 pcs) utk kostum cita-cita
  • Rafia
  • Kertas Manila
  • Karton
  • Asturo
  • Kertas Lipat
  • Kardus utk keperluan outbond
  • Banner bekas besar
  • Botol (utk prototype alat permainan)
  • HVS berwarna
  • Kluster Medika
  • sabun cair : 10 botol + 10 Isi ulang
  • sikat Gigi anak2 : 200 buah
  • sikat gigi dewasa : 100 buah
  • pasta Gigi : 20 buah
  • rinso atau sabun cuci : 10 buah
  • alkohol atau hand sanitizer : 10 buah
  • glove : 5 pax
  • masker : 3 pax
  • vitamin B12
  • Obat-obatan untuk Tim (menyusul)
  • Kluster Agro
  • 3 jenis Bibit : Sawi, kubis, wortel
  • Trayer (10 tmpt)
  • Tali tampar dan rafia 50m
  • Slicer (2)
  • Pupuk
  • Laptop
  • Starter (Em4)
  • Poster  8 Lembar
  • Sticker
  • Nutrisi ternak
  • Vaksin ( Babi & anjing)
  • Suntik plastik dan besi
  • Pakan ternak
  • Kascing
  • Kluster Saintek
  • paralon PVC 4 inchi
  • spons penyaring akuarium
  • CAT
  • Papan kayu
  • Tong sampah/drum
  • Peta Distrik Ilaga dan Peta Pelayanan Publik
  • Kompas
  • Triplek
  • alat-alat pertukangan

Facebook Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.