My Story

Berkesempatan Ikut Quran Camp di Wisma Griyaku Purbalingga

Alhamdulillah tepat pada hari Kamis – Jumat, 29-30 Desember 2022 Sekolah Tahfizh Plus (STP) khoiru Ummah Purbalingga telah melaksanakan salah satu program kegiatan yang bernama Quran Camp. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Griyaku, Serang Purbalingga dan diikuti oleh beberapa siswa dari kelas 2 sampai kelas 6 dan didampingi oleh lima guru.

Adanya kegiatan Quran Camp ini bertujuan untuk mengajak  siswa-siswi STP Khoiru Ummah Purbalingga untuk selalu bersemangat dalam menghafal Al-Quran, memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang bermanfaat, bertambahnya wawasan tentang keutamaan-keutamaan menghafal Al Qur’an, mendapatkan motivasi untuk selalu dekat dengan Al Quran, serta anak-anak dituntut untuk belajar mandiri dan bertanggung jawab.

Untuk kegiatan Quran Camp ini terdiri dari : Kelas Quran, Setoran Hafalan, Tadarrus Alquran, Tracking “Eksplorasi alam”, Fun Game, Nobar Film Motivasi penghafal Alquran, Leadership Game, materi terkait Alquran Bacaan dan AmalanKU, dan Shalat Berjamaah.

“Adanya quran camp ini, sebagai penghafal Alquran seharusnya dapat melakukan perbuatan sesuai dengan isi Alquran. Kemudian, selama berkegiatan ini anak-anak dilatih bagaimana menjadi pemimpin ditengah-tengah teman-temannya. Baik itu bagaimana anak dapat mengarahkan, saling bekerjasama maupun dapat saling tolong menolong. Semoga dengan adanya kegiatan ini juga, setelah anak pulang dan kembali ke tumah masing-masing dapat melakukan kebaikan-kebaikan yang sudah dilakukan selama quran camp. ”, Ucap Ustadzah Lia selaku Kepala Sekolah STP KU Purbalingga.

Alhamdulillahnya juga, selama dua hari kegiatan dapat dilancarkan dan anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan.

Kali ini, saya akan mencoba menceritakan detail kegiatan yang telah dilakukan selama dua hari kegiatan quran camp.

Sabtu, 29 Desember 2022

Kegiatan dimulai dari para peserta datang ke sekolah dan berangkat menuju ke lokasi tempat tujuan sekitar pukul 07.30. Sesampainya dilokasi, masing-masing peserta menikmati area lokasi terlebih dahulu.

Barulah, sekitar jam 8 lebih acara pun dimulai dari pembukaan yang dibuka oleh kepala sekolah STP KU Purbalinga dan selanjutnya ada kegiatan Eksplorasi alam. Namun, sebelum lanjut dikegiatan eksplorasi alam terlebih dahulu dibacakan tata tertib yang harus dipahami oleh masing-masing peserta. Selain itu juga, terdapat pembagian kelompok yang tiap-tiap masing kelompok beranggotakan 3 sampai 4 anak sekaligus pendamping kelompok.

Usai dibacakan tata tertib, kegiatan tracking pun dimulai dan masing-masing kelompok berjalan secara bergantian menuju tempat yang dituju.

Perjalanan Tracking

                Pada saat perjalanan, masing-masing kelompok berjalan sambil melihat alam disekitar. Tak lupa masing-masing kelompok menyempatkan untuk mengambil foto bersama

Usai sampai ditempat titik temu, kemudian semua kelompok berkumpul untuk melanjutkan materi selanjutnya. Dimana acara disampaikan oleh ustadzah mengenai eksplorasi alam disekitar, dimana anak-anak diajak untuk mengenal diri sendiri, mengenal tanaman sekitar, mengamati hewan sekitar dan bagaimana anak mengenal alam sebagai ciptaan Allah.

                Dimulai dari mereka mengenal sendiri, dimana mereka diajak untuk memahami bahwa kebesaran dan keagungan Allah SWT itu luar biasa. Dimana Allah sudah luar biasa menciptakan kita semua, salah satu yang luar biasa adalah kita dapat melakukan aktivitas bernafas. Bayangkan, jika kita kesusahan untuk bernafas. kita perlu berobat dan mengeluarkan banyak uang. Sedangkan kita yang sehat, dapat berkesempatan untuk menghirup udara segar dengan gratis.

                Selanjutnya setelah mereka mengenal diri mereka sendiri, kemudian mereka diajak untuk mengamati tananam disekitar dengan cara tiap kelompok menggambar bentuk daun sebanyak mungkin. Usai mereka selesai menyelesaikan tugas ini, mereka diajak untuk berpikir dalam waktu yang ditentukan untuk menggambar. Berapakah daun yang sudah berhasil digambar? Kira-kira masih banyak kah daun yang belum digambar? Apabila kalian disuruh menggambar semua daun dan kira-kira butuh waktu lama? Mungkin sebagai manusia, akan butuh waktu lama untuk menyelesaikan tugas ini. Namun, bayangkan kekuasaan Allah yang luar biasa dengan mudahnya menciptakan alam yaitu menciptakan tanaman disekitar kita.

                Usai mereka mengenal tanaman sekitar, mereka diajak untuk mengamati hewan sekitar. Ditentukanlah satu hewan yang cukup mudah ditemukan yaitu cacing. Setiap kelompok diberikan tugas untuk mencari cacing sampai dapat. Setelah cacing didapatkan, mereka disuruh untuk mengidentifikasi atau mengetahui sifat-sifat yang terdapat pada cacing. Sungguh luar biasanya, masing-masing kelompok dan mengetahui karekteristik cacing dari mulai bentuk, warna, bagaimana cacing hidup. dan hingga pada saatnya, anak-anak ditanya mengenai apa manfaatnya cacing. dimana cacing yang kadang kita anggap menggelikan dan jijik, namun cacing ada manfaat dalam menyuburkan tanah, sebagai umpan ikan, dan lain sebainya. Dari sini, anak dapat mengambil hikmahnya bahwa semua ciptaan Allah pasti ada manfaatnya. Kita sebagai manusia juga diharapkan jangan tidak melakukan yang sia-sia, berusalahalah untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan bisa memberikan manfaat.

                Usai dari kegiatan eksplorasi alam, selanjutnya anak-anak diajak melakukan kegiatan fun game terkait game kepemimpinan dengan setiap kelompok ditugasi untuk berjalan sesuai arahan dengan mata tertutup. Dimana anggota masing-masing kelompok ditutup matanya, dimana ketua kelompok yang tidak ditutup matanya akan mengarahkannya selama berjalan. Selesai kegiatan ini, semua anak kembali ke tempat penginapan.

Kurang lebih, kegiatan eksplorasi alam ini selesai kurang lebih sekitar jam 11 siang. Kemudian anak-anak makan siang

Usai makan siang bersama, selanjutnya melaksanakan shalat dhuhur. Shalat dhuhur kami laksanakan dengan berjamaah. Usai dari shalat berjamaah, kegiatan selanjutnya anak-anak menonton film yang berkaitan dengan motivasi penghafal alquran

Usai dari menonton, anak-anak sempatkan melakukan kegiatan Murojaah Al-quran terlebih dahulu

Usai dari Murojaah Alquran, anak-anak melaksanakan qoliluah.

Usai dari qolilulah, anak-anak bersih diri terlebih dahulu.

Sore harinya, melaksanakan shalat ashar berjamaah dilanjutkan murojaah hingga menjelang waktu maghrib.

Kemudian, kegiatan shalat maghrib berjamaah dan dilanjutkan makan malam.

Setelah makan malam, anak-anak juga diajarkan untuk mandiri untuk menyuci piring sendiri setelah makan.

Usai makan malam, masing-masing dari kita melakukan setoran hafalan hingga pukul setengah 9 malam.

Usai dari setoran hafalan, kami melakukan bakar-bakar jagung hingga pukul 10 malam.

Kemudian anak-anak kembali ke tempat tidur masing-masing untuk istirahat , agar esok paginya bisa melakukan qiyamul lail.

Minggu, 30 Desember 2022

                Pukul 02.30 masing-masing dari kami membangunkan anak-anak untuk persiapan shalat malam. Kondisi cuaca pada saat itu cukup dingin dengan suhu 17 derajat celcius, namun begitu kami tetap harus bisa melaksanakn qiyamul lail.

Usai semua bisa dibangunkan dan telah berwudhu. Barulah kami semua melaksanakan shalat sunnah tahajjud dan witir hingga menjelang shalat subuh. Ketika waktu subuh tiba, kami melaksanakan shalat subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan murojaah Alquran.

                Usai murojaah Alquran, masing-masing dari kami melakukan bersih diri secara bergantian. Selagi menunggu temannya selesai dari mandi, beberapa anak sempatkan bermain diarea lokasi wisma hingga waktunya makan pagi tiba

                Usai makan, acara selanjutnya adalah senam dan melakukan game. Ada 3 senam yang kami lakukan, yaitu : Senam Khoiru Ummah, Senam Kun Anta, Senam Intifada. Dibawah ini saya cantumkan lin video senamnya.

Video Senam Khoiru ummah : https://www.youtube.com/watch?v=fca5CCkXB7c

Video Senam Kun anta : https://youtu.be/-nC_zA4OIBk

Video Senam Intifada : https://youtu.be/vHHPsrEEqsw

Usai game, anak-anak kembali ketempat ruangan yang nantinya akan ada materi terkait Alquran Bacaan dan AmalanKU.

Usai dari materi, anak-anak dipersilahkan untuk istirahat terlebih dahulu dengan melakukan qolilulah hingga waktunya shalat berjamaah khususnya anak laki-laki.

Usai melaksanakan qolilulah, anak-anak melakukan persiapan ke masjid untuk shalat jumat berjamaah dimasjid. setelah semua siap, kami berangkat bersama kemasjid dengan kondisi cuaca yang cukup dingin.

Usai berjamaah, kita semua makan siang dan melakukan bersih diri. Tak lupa sebelum pulang, anak-anak sempat bermain terlebih dahulu diarea sekitar sambil menunggu semua barang-barang sudah selesai dirapikan

Barulah setelah semua dirapikan dan barang sudah dikemas, penutupan kegiatan pun dimulai dan dibuka oleh ustadzah lia.

Tagged , , , , , ,