My Story

Menjadi Panitia HUT RI KE-78 Desa Bungkanel yang Mengesankan

Pernahkan kalian menjadi Panitia HUT RI di tempat tinggal anda?

Bagaimanakah pengalaman yang kalian rasakan ketika menjadi Panitia HUT RI di Desa?

Apa hal positif yang kalian dapatkan selama menjadi Panitia HUT RI di Desa?

                Terkadang memang tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk mencicipi rasanya menjadi panitia HUT RI di Desa. Hanya orang tertentulah yang mau dan mampu untuk menikmati rasanya berada di kepanitiaan. Tahun 2023 itu menjadi tahun berbeda bagi saya pribadi dalam memeriahkan ulang tahun kemerdekaan indonesia. Tahun-tahun sebelumnya, biasanya saya hanya berkesempatan untuk mengadakan kepanitian HUT RI tingkat RT. Beberapa kondisi yang memang dari Desa sendiri beberapa tahun terakhir tidak mengadakan perlombaan tingkat Desa yang dapat mengkoordinir lomba semua umur dan sebelum pandemi tahun 2019 saya memang menghabiskan waktu untuk merantau.

                Dapat dikatakan, pada tahun 2023 ini saya merasa bersyukur dan senang sekali dapat berkesempatan menjadi panitia HUT RI tingkat Desa yang bagi saya mengesankan. Hal ini dikarenakan, jumlah panitia yang cukup banyak yaitu berjumlah 50 orang lebih dari berbagai RT dan jenis perlombaannya pun beragam yang dapat mengakomodir semua umur.

                Maka dari itu, momen inilah akan sangat disayangkan ketika tidak saya catat dan bagikan ke semua orang. Berharap adanya tulisan ini dapat menjadi kenangan dan manfaat bagi siapa pun yang ingin membacanya. setelah ini saya akan ceritakan beberapa perjalanan yang telah dilakukan oleh panitia selama menyusun kegiatan.

Pembentukan Panitia

                Tepat pada hari Sabtu, 24 Juni 2023 di Pendopo Balai Desa Bungkanel diadakan pembentukan panitia HUT RI ke-78 yang dihadiri kurang lebih 50 orang dan didampingi oleh perangkat Desa Bungkanel. Dalam pembentukannya, diputuskan Mukti Nurochman menjadi ketua panitia HUT RI. Setelah itu juga dibentuk panitia lainnya serta dibahas juga beberapa usulan-usulan perlombaan yang nantinya akan dijalankan. Untuk keputusan perlombaan, dibahas lain waktu mengingat rapat sudah larut malam.

                Tepat pada hari jumat, 7 juli 2023 panitia pun mulai berkumpul lagi di rumah ketua panitia untuk membahas jenis perlombaan apa saja yang nantinya akan difiksasi. Mengingat waktu perlombaan sudah kurang dari 2 bulan. Setelah rapat dilaksanakan, diputuskan beberapa kegiatan yang telah disepakati bersama. Selanjutnya, masing-masing koordinator menyusun anggaran dan peraturan masing-masing kegiatan.

Pembukaan Perlombaan

                Pembukaan perlombaan HUT RI ke-78 Desa Bungkanel dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Juli 2023 di Lapangan Voli Dusun Sembungrugul dengan hadiri oleh Pemerintah Desa dan masyarakat. Alhamdulillah pada saat pembukaan dapat berjalan dengan lancar, walaupun waktu pembukaannya tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Usai acara dibuka oleh Kepala Desa Bungkanel, hal ini menandakan perlombaan sudah siap untuk dilaksanakan.

Perlombaan Voli Putra

Perlombaan pertama dimulai dari perlombaan Voli putra yang dilaksanakn pada hari Sabtu hingga hari Minggu, 29-30 Juli 2023 di Lapangan Voli Dusun Sembungrugul. Sistem pertandingannya itu setiap permainan langsung gugur. Mengingat jumlah RT di Desa Bungkanel berjumlah 16 RT, sehingga memudahkan untuk membuat bagan perlombaan.

Selama pertandingan berlangsung, masyarakat sangat antusias sekali melihat pertandingan yang ada. Pasalnya masing-masing RT berusaha maksimal menampilkan terbaik dalam pertandingan bola voli dan masyarakat juga tidak menyangka akan luar biasanya para pemain dalam memainkan voli ini.

Alhamdulillahnya, perlombaan selama dua hari dapat berjalan dengan lancar dan didapatkan pemenang perlombaan. Juara 1 dari RT 07 RW 02, Juara 2 dari RT 08 RW 02, dan Juara 3 RT 05 RW 02

Perlombaan Sepak Bola Umur 14 Tahun

                Perlombaan berikutnya adalah Sepak Bola umur 14 Tahun yang dilaksanakan mulai hari Senin, 31 Juli 2023 hingga hari Minggu, 6 Agustus 2023 di Lapangan Desa Bungkanel. Tujuan diadakannya lomba sepak bola ini diharapkan dapat menghasilkan bibit-bibit pemain sepak bola dari desa. Pada awalnya, perlombaan ini cukup mendapat kendala terkait pemain. Mencari pemain dengan masing-maisng RT tidak memungkinkan karena jumlah anaknya tidak memenuhi. Sehingga pada saat itu diputuskan untuk membentuk pemain dari masing-masing kadus dan didapatkan 6 Tim perlombaan dengan sistem grup berjumlah dua. Dua grup ini nantinya akan diambil satu juara grup dan satu runnerup untuk lanjut dibabak pertandingan semifinal.

                Pertandingan dimulai sore hari pada pukul 15.30 dan terdapat dua pertandingan yang dilangsungkan. Selama pertandingan berlansung, pastinya masyarakat juga sangat antusias sekali untuk melihat pertandingan ini. Masing-masing kadus berusaha untuk mendukung para pemainnya agar semangat dalam memainkan pertandingnnya. Terlebih memang, sudah jarang ada perlombaan sepak bola di Desa.

                Dari pertandingan yang ada, didapatkan juara 1 dari Bodem FC, Juara 2 dari Galaxy Kidul dan Juara 3 dari Dulteng FC. Selain itu juga, terdapat penghargaan pemain lainnya yaitu Top Skor (Rizky, Pupun, Gani, dan Zulfi), Best Goal Kiper (Izza), dan Best Player (Paksi).    

Perlombaan Tarik Tambang

                Perlombaan selanjutnya adalah perlombaan tarik tambang yang dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Agustus 2023 di Lapangan Desa Bungkanel. Pertandingan ini dilakukan oleh putra dan putri sendiri-sendiri, sehingga masing-masing RT harus dapat menyiapkan masing-masing tim terbaiknya agar dapat menjadi yang terbaik.

                Pertandingan dimulai pada pagi hari sekitar pukul 9 pagi dan dimulai dari lomba tarik tambang putri dan setelah itu dilanjutkan pertandingan putra. Selama pertandingan cukup seru, mengingat masing-masing peserta tidak mau kalah dan mengeluarkan segenap tenaganya agar lawan dapat tertarik dan menuju area pemenang.

                Alhamdulillah pertandingan berlansung dengan baik, didapatkan hasil untuk juara putri yaitu juara 1 RT 01 RW 01, Juara 2 RT 10 RW 02, dan Juara 3 RT 09 RW 02. Selanjutnya, untuk juara putra yaitu Juara 1 dari RT 08 RW 02, Juara 2 RT 04 RW 01, dan Juara 3 RT 07 RW 02.

Perlombaan Anak-Anak

                Berikutnya ada perlombaan anak-anak dengan maksimal umur 12 Tahun. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Agustus 2023 di Pendopo Balai Desa Bungkanel dari mulai pukul 8 pagi hingga siang. Ada 4 jenis lomba untuk kategori anak-anak, diantarannya adalah Lomba Praktek Sholat (Maksimal umut 12 tahun), Lomba Hafalan Surat Pendek (Maksimal Umur 12 Tahun), Lomba Membaca Teks Proklamasi dan Pancasila (Maksimal umur 10 Tahun), dan Lomba Mewarnai (Maksimal umur 7 Tahun).

                Perlombaan ini dilaksanakan dalam satu waktu dan dilaksanakan di satu tempat dengan ruangan yang berbeda-beda. Selama perlombaan dapat  terlaksana dengan baik. Dibawah ini merupakan hasil para pemenang juaranya.

Perlombaan Kebersihan Lingkungan dan Gapura

                Perlombaan berikutnya adalah Perlombaan Kebersihan Lingkungan dan Gapura yang dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 15 Agustus 2023 di masing-masing lingkungan RT. Mengingat perlombaanya terkait lingkungan dan pembuatan gapura, sudah pasti masing-masing RT berbondong-bondong untuk menyiapkan segalanya sebelum penilaian dilaksanakan. Begitupun di RT saya RT 04 RW 01 sudah kami mulai sebelum bulan Agustus dari mulai mencari bambu bersama-sama di Hutan dan mempersiapkan untuk mendesain gapuranya.

                Untuk perlombaan ini pelaksanannya pengumumannya pada saat karnaval. Untuk pemenangnya, juara 1 diraih oleh RT 05 RW 02, Juara 2 RT 06 RW 02, dan Juara 3 RT 09 RW 02.

Untuk selengkapnya, saya lampirkan detail hasil penilaian masing-masing RT

Perlombaan Tumpeng

                Perlombaan selanjutnya adalah Perlombaan Tumpeng masing-masing RT yang dilaksanakn pada hari Rabu, 16 Agustus 2023 di Lapangan Desa Bungkanel. Pelombaan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Istighozah dan Doa Bersama yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa. Sehingga, nantinya masing-maisng RT harus menyiapkan hasil tumpeng yang dibuat dan dibawa sebelum acara istighozah dimulai.

                Pada saat istighozah dimulai, juri lomba tumpeng sambil menilai hasil tumpeng yang telah dibuat oleh masing-masing RT. Terlihat dari jauh memang kreativitas masing-masing RT dalam membuat tumpengnya sungguh luar biasa.

                Perlombaan ini didapatkan hasil juara 1 RT 08 RW 02, Juara 2 RT 10 RW 02, dan Juara 3 RT 07 RW 02.

Untuk selengkapnya, saya lampirkan detail hasil penilaian masing-masing RT

Istighozah dan Doa Bersama

                Kegiatan selanjutnya adalah Istighozah dan Doa Bersama yang dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Agustus 2023 di Lapangan Desa Bungkanel. Kegiatan ini dihadiri oleh semua masyarakat Desa Bungkanel.

Upacara HUT RI Ke-78

                Berikutnya ada kegiatan Upacara HUT RI Ke-78 yang dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 di Lapangan Desa Bungkanel. Rasanya senang sekali, semenjak pandemi covod-19 belum sempat terselenggara kembali kegiatah upacara HUT RI bersama satu desa. Namun, tahun 2023 ini alhamdulilahnya dapat terselenggara dengan baik. bahkan desa sendiri sampai bekerja keras dalam menyiapkan paskibra terbaiknya dalam upacara.

               

Terlebih lagi masyarakat desa juga sangat antusias dalam mengikuti upacara in. Alhasil upacara dapat terselenggara dengan  baik.

Ruwat Bumi dan Wayang Kulit

                Berikutnya ada kegiatan Ruwat Bumi dan Wayang Kulit yang dilaksnakan pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 di Lapangan Desa Bungkanel. Kegiatan ini dimulai dari Ruwat Bumi yang dilaksanakan dari siang hari hingga sore hari. Masyarakat dipersilahkan untuk melihat pertunjukan wayang sambil menunggu hasil bumi diambil. Hingga pada waktunya hasil bumi boleh diambil, masing-masing masyarakat berusaha berebut akan hasil bumi yang ada.

                Pada malam harinya terdapat kegiatan wayang kuli. Namun sebelum itu, Pemerintah Desa Bungkanel menjadwalkan acara peresmian pendopo kartawikrama terlebih dahulu. Peresmian ini kebetulan langsung dari Bu Tiwi selaku Bupati Purbalingga.

                Usai dari Peresmian pendopo, Bu Tiwi juga sempat menghadiri pembukaan wayang dan luar biasanya Bu Tiwi menyapa masyarakat dengan luar biasa. Masyarakat pun sangat antusias akan kehadirannya Bu Tiwi. Terlebih lagi, Bu Tiwi juga membagikan hadiah kepada masyarakat yang berani untuk menjawab pertanyaan dari beliau.

               

Usai dari pembukaan, kegiatan yang ditunggu pun dimulai. Wayang kulit ini dilakukan oleh Dalang Ki Yakut Jedher dari Banyumas. Selama pertunjukan, masyarakat antusias untuk melihatnya hingga pagi dini hari.

Karnaval

Acara Puncak dimulai yaitu kegiatan karnaval Desa Bungkanel dilaksankan pada hari Minggu, 27 Agustus 2023. Kegiatan Karnaval ini diikuti oleh ribuan peserta dari masing-masing RT di Desa Bungkanel yang berjumlah 16 RT. Berntung juga, karnaval ini dihadiri oleh Ibu Sri Puji Artati selaku Camat Karanganyar yang sekaligus membuka acara karnaval ini. Dalam sambutannya, Camat Karanganyar sangat mengapresiasi kegiatan karnaval dalam rangka peringatan HUT RI ke 78 di desa Bungkanel dan semoga ini menjadi semangat warga masyarakat untuk mewujudkan Bungkanel Prima (profesional inovatif maju aman).

Untuk rute Karnaval ini dimulai dari Lapangan Desa Bungkanel menuju ke arah Barat Panggungsari, dilanjutkan melewati Desa Kabunderan, Desa Karanggadeng dan terakhir kembai lagi ke Lapangan Desa Bungkanel. Sepanjang perjalanan, masyarakat sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan ini. Masing-masing RT berusaha tampil maksimal dari mulai beragam atribut pakaian/kostum yang dikenakan, properti-properti yang unik dan pastinya menyanyikan yel-yel dengan semangat.

Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan kegiatan ditutup dengan pengumuman perlombaan dan pembagian doorprize. Berikut ini hasil pemenang lomba karnaval HUT RI 78 Desa Bungkanel.

Tasyakuran dan Pembubaran Panitia HUT RI

                Tak terasa satu bulan penuh kegiatan dalam memeriahkan HUT RI sudah dilewati masing-maisng panitia. Tibalah hari dimana kegiatan tasyakuran dan pembubaran panitia pun dilaksanakan. Tepat pada hari Senin, 4 Agustus 2023 di Pendopo Balai Desa Bungkanel masing-masing panitia telah berkumpul untuk menghadiri acara ini. Pastinya banyak pengalaman dan kenangan yang telah dirasakan masing-masing panitia dalam melaksanakan kegiatan.

Pemerintah Desa Bungkanel yang diwakilkan oleh Kepala Desa Bungkanel merasa senang sekali atas kerasama masing-masing panitia. Beliau merasa panitia sukses dalam melaksanakan kegiatan ini. Berharap dengan adanya kegiatan ini menjadi motivasi bagi generasi pemuda desa untuk tetap melanjutkan kedepannya.    Terlebih lagi pada saat sambutan oleh H. Mukti Fatoni Selaku Kepala Desa Bungkanel itu pula banyak pesan yang disampaikan terkait bagaimana generasi muda jangan takut untuk bermimpi. Bermimpi itu sesuatu yang mudah dan gratis. Berusalah untuk bermimpi sebanyak-banyaknya hingga kamu benar-benar dapat mencapainya.

           

Kegiatan Tasyakuran dan Pembubaran Panitia

   Terakhir dari kegiatan ini, dari semua panita memohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan selama penyelanggara. Kami tahu selama penyelanggara ada kendala, namun begitu ini menjadi pelajaran bagi kami untuk lebih baik kedepannya.

                Semoga dari sini dapat menjadi langkah perubahan kaum pemuda desa untuk mewujudkan DESA BUNGKANEL PRIMA. AMINNNNNNN

Tagged , ,