TPQ Al-Mubarokah Bungkanel Adakan Perlombaan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H

Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan pada Tahun 2022 ini. TPQ Al-Mubarokah Desa Bungkanel mengadakan beberapa kegiatan perlombaan islami yang dilaksanakan pada hari minggu kemarin(20/03), dari mulai Pukul 08.00 hingga Pukul 14.00 WIB.  Kegiatan perlombaan ini merupakan kali pertama TPQ Al Mubarokah mengadakan. Biasanya di Bulan Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Purbalingga selalu mengadakan kegiatan Perlombaan Gema Ramadhan yang diiikuti oleh TPQ/Madin/MI Se-Kabupaten Purbalingga. Namun, semenjak adanya Covid-19 itu kegiatan Ramadhan sudah tidak diadakan kembali. Pada Bulan Ramadhan ini pun belum ada kejelasan mengenai info perlombaan Gema Ramadhan akan diadakan atau tidak. Sehingga selain adanya tujuan menyambut bulan suci ramadhan, diharapkan perlombaan ini  juga dapat mengobati rasa rindu anak-anak akan tidaknya kegiatan Gema Ramadhan.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah lebih dari 50 anak dari berbagai umur yaitu antara umur 3 tahun hingga 17 Tahun. Jenis yang diperlombakan sendiri yaitu ada 8 macam, diantaranya Lomba Mewarnai, Hafalan Ikrar Santri, Hafalan Doa-doa Harian, Nasyid, Kaligrafi, Adzan, Cerdas  Cermat, dan Pidato.

Sebelum kegiatan dimulai, semua peserta perlombaan diharapkan mengambil nomor undian atau nomor urutan mereka tampil. Setelah itu, peserta dipersilahkan untuk duduk rapi hingga menunggu acara mulai dibuka. Ketika semua peserta sudah berkumpul semua, barulah acara dibuka oleh MC hingga sampai pada saatnya info arahan mengenai alur setiap perlombaan. Usai disampaikan arahan mengenai pembagian tempat perlombaan, masing-masing peserta barulah menempati tempat yang sudah disediakan.

Lomba Mewarnai
Lomba Kaligrafi

Lomba Ikrar Santri

Lomba Nasyid
Lomba Pidato

Dari delapan macam perlombaan yang ditampilkan, tujuh perlombaan selesai sebelum waktu dhuhur. Kemudian untuk satu perlombaan yaitu Lomba Cerdas Cermat (LCC) dilaksanakan usai shalat dhuhur. Dari kesemua perlombaan, Lomba Cerdas Cermat merupakan lomba yang paling ramai dan paling seru. Pasalnya, lomba ini dilakukan oleh berugu dan dilakukan selama tiga babak, Babak pertama ada soal wajib, Babak kedua Soal Lemparan dan Babak Ketiga adalah soal Rebutan. Dalam Lomba Cerdas Cermat ini pun, peserta dapat mengetahui mana yang mendapatkan juara. Berbeda dengan perlombaan lainnya yang notabenenya belum diumumkan siapa yang menjadi juaranya.  

Lomba Cerdas Cermat (LCC)
Peserta Lomba Cerdas Cermat (LCC)

Bersyukur acara dari pagi hingga siang dapat berjalan dengan lancar. Bahkan antusias peserta pun luar biasa dalam mengikuti perlombaan ini. Semoga, kedepannya kegiatan ini dapat memberikan hal positif bagi anak-anak dan dapat mengembangkan skill juga.

Terlebih lagi, saya juga bersyukur bisa berkesempatan bisa menjadi salah satu juri di perlombaan kali ini.

Juri dan Panitia Perlombaan

Facebook Comments