My Story

Menikmati Pemandangan Pantai Menganti Kebumen di Tahun 2022

Liburan ke pantai merupakan salah satu wisata yang paling banyak diminati oleh orang-orang. Terlebih karena pemandangannya yang luar biasa indah dengan hamparan pasir putih berwarna kontras dengan air laut. Pantai juga menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan melepas penat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa liburan ke pantai diyakini dapat mengurangi  depresi, meningkatkan kreativitas, dan mengembalikan kesehatan mentai. Pantai kerap dikenal sebagai salah satu ciptaan tuhan paling indah yang menjadi pembatas antara darat dan laut.

Biasanya, bagi orang purbalingga sendiri untuk bisa menikmati pesona indahnya pemandangan pantai harus berpergian jauh Ke daerah Kebumen atau Cilacap. Karena, untuk mendapatkan pantai yang indah dan jarak pantai yang tidak jauh itu hanya berada disekitar kedua kabupaten itu. Sehingga, walaupun jarak yang jauh bukan menjadi penghalang kami untuk tetap bisa mengunjungi destinasi wisata pantai itu.

Tepat pada hari minggu(20/02) kemarin, saya berkesempatan untuk bisa mengunjungi salah satu wisata pantai di Kebumen yaitu Pantai Menganti. Kebetulan wisata pantai yang berada di Kecamatan Ayah ini menjadi pilihan favorit pilihan pengunjung. Kalau pantai di Kebumen yang pernah saya kunjungi itu diantaranya Pantai Ayah, pantai lumut dan pantai jetis.

Untuk sampai ke tempat ini rasa-rasanya butuh perjuangan sekali bagi kami pada saat itu. Karena sebelumnya, beberapa dari kami ketika ke pantai kebumen biasanya ikut rombongan bus, sehingga tidak begitu terasa lelahnya dibandingkan ketika kemarin kami ke tempat pantai ini dengan menggunakan motor. Terlebih bagi saya yang baru pertama kalinya ke pantai menganti ini, perlu memahami kondisi jalan untuk sampai kepantainya. Intinya hati-hati saja ya buat pengunjung ketika menggunakan motor kalau kesini.

Untuk menikmati pemandangan yang indah, kadang memang butuh perjalanan jauh. Padahal sebelum kita sampai pantai menganti ini, banyak lokasi pantai dan wisata lain yang tersedia di kebumen. Namun, orang-orang tetap suka untuk tetap memilih pantai ini menjadi tempat kunjungannya. Dan memang benar adanya, ketika kita sudah sampai di pantai menganti sungguh luar biasa pemandangannya.

Tapi sebelum sampai dipantai, jangan lupa kita harus bayar tiket masuk terlebih dahulu. Kemarin karena kami boncengan motor, sehingga kami kena tarif 35 ribu untuk dua orang dan 1 motor. Berikutnya, kami langsung menuju ketempat parkir dan bersiap-siap untuk jalan menuju pantainya. Usai ditempat parkir, disekitarnya ada tempat informasi-informasi mengenai pantai menganti ini.

Tibalah sampai ditempat pantainya, kami benar-benar takjub dengan pemandangan disekeliling pantai ini. Pemandangan yang indah membuat kami langsung mengambil gambar sebagai kenang-kenangan. Spot pertama kami berada diatas pantai dan sempat beristirahat terlebih dahulu di gazebo atau gubuk yang tersedia.

Usai istirahat, kami melanjutkan foto kembali dengan menuruni tangga dan pastinya akan mengambil spot foto yang berbeda lagi.

Terakhir, kami ingin sekali mengambil spot foto yang lebih dekat lagi dengan pantai ini.

Bagi saya sangat bersyukur sekali dapat berkunjung kepantai ini. Walaupun jarah yang jauh, tetapi semua terbayar dengan keindahan yang ada.