Mendampingi Anak-anak Belajar Berenang di Kolam Renang Dita Pelangi

Mengajarkan kegiatan berenang pada usia dini merupakan salah satu aktifitas olahraga yang dianjurkan oleh nabi muhammad SAW. Pasalnya, kegiatan berenang ini dapat dikatakan sangat menyenangkan dan baik untuk melatih dan memperkuat jasmani seorang muslim. Sebagaimana dalam sebuah hadits disebutkan :

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ، وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ ، اِحْـرِصْ عَـلَـى مَا يَـنْـفَـعُـكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَـعْجَـزْ ، وَإِنْ أَصَابَكَ شَـيْءٌ فَـلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِـّيْ فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَـذَا ، وَلَـكِنْ قُلْ: قَـدَرُ اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ، فَإِنَّ لَوْ تَـفْـتَـحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allâh (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu, tetapi katakanlah, Ini telah ditakdirkan Allâh, dan Allâh berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan.

Pada minggu ke-3 bulan januari ini, tepatnya pada hari kamis (20/01), saya berkesempatan mendampingi siswa laki-laki dalam kegiatan berenang di Kolam Renang Dita Pelangi, Desa binangun, Mrebet, Purbalingga.

Tepat Pukul 12.30 WIB, kami langsung bergegas menuju tempat lokasi yang tidak jauh dari sekolah kami. Kolam Renang Dita Pelangi ini cocok dikunjungi pada hari aktif  sekolah. Karena, kalau pada hari weekend kolam ini terlihat cukup banyak pengunjung. Beruntung, pada saat itu kami datang usai dari sepulang sekolah. Sehingga, pada saat sampai dilokasi berasa sepi dan tidak banyak pengunjung. Jadilah tempat kolam renangnya berasa milik pribadi. Hehe…

Kolam Renang ini memiliki beberapa bagian kolam, baik itu untuk kolam anak-anak maupun kolam untuk dewasa. Lain halnya itu, Kolam renang ini juga menyediakan kantin yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Mula-mula sebelum kami menuju ke kolam renang anak, tak lupa kami melakukan pemanasan terlebih dahulu. Barulah setelah itu kami langsung menuju ke dalam kolam renang dan melakukan aktivitas berenang.

Dalam kegiatannya. Anak-anak diajarkan bagaimana cara mengambang didalam air, latihan kali dengan dengan berpegangan ditepi kolam renang, menyelam dalam air, mengapungkan badan, meluncur, dan melakukan aktivitas ambil nafas dan buang nafas didalam air.

Pada awalnya, beberapa anak ada yang masih cukup takut akan melakukan aktivitas ini. Hal ini dikarenakan, ada yang tinggi tubuhnya tidak cukup dengan kedalaman air, merasa kedinginan dan sebagainya. Namun, setelah beberapa kali diberi penjelasan dan mencoba bersama-sama. Akhirnya semua anak sangat senang dan berusaha untuk terus belajar berenang.

Alhamdulillah, selama berkegiatan berenang ini dapat berjalan dengan lancar dan anak-anak juga sangat antusias dalam melakukan kegiatan ini.

Facebook Comments