Satu-satunya Kesempatan di Bulan Ramadhan

Tinggal beberapa hari lagi Bulan Ramadhan akan usai.  Pastilah setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk memanfaatkan kesempatan pada akhir menjelang Bulan Ramadhan. Mengingat, dengan perbedaan umur pun juga mempengaruhi kesadaran seseorang akan Bulan Ramadhan.

Anda dapat memikirkan sendiri, dengan umur anda yang setiap tahun hilang. Apakah anda mempunyai kesempatan untuk mengejar sesuatu kesempatan didalamnya? Dari mulai waktu, apakah anda sempat memikirkan bahwasanya dengan memanfaatkan kesempatan itu, maka amal anda akan dilipatgandakan dengan ribuan dan ratusan kali. Dimana pada waktu petang, para malaikat termasuk para pemimpinnya pun turut mengucapkan salam, berdoda dan mengamini doa anda.

Malam kemuliaan itu merupakan malam yang dimana Allah SWT melimpahkan rahmat, berkah dan kemuliaannya kepada anda. Apabila anda sukses dalam memanfaatkan kesempatan itu, maka berarti anda benar-benar sukses memanfaatkaannya. Tapi, jika anda benar-benar terhalang darinya, maka anda benar-benar orang yang telah terhalang dari kebajikan.

Quran surat Al-qadr  ayat 3-5 mengatakan, bahwa “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turun Malaikat-Malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” Sungguh dimalam itu juga merupakan malam penuh berkah. Karena Alquran diturunkan pada malam itu sekaligus. Yakni dari Lauh Mahfuzh menuju Baitul Izzah dilangit dunia. Kemudian setelah itu, Alquran diturunkan secara berangsur-angsur.

Malam itu setara dengan dengan seseorang yang berumur delapan puluh tiga tahun empat bulan , yang dipenuhi dengan ketaatan terus-menerus. Lailatul Qadr itu lebih baik dari seribu bulan. Seperti terjemahan quran surat Al-Qadr ayat 1-3, yaitu : “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan”.

Malam ini pun berbeda dengan malam-malam lain yang didalamnya ditetapkan bencana-bencana dan malapetaka. Disamping itu, pada malam Lailatul Qadr setan sama sekali tidak bisa mempengaruhi setiap mukmin, baik laki-laki maupun perempuan. Masih banyak keberkahan-keberkahan lain yang sesungguhnya mempunyai kesempatan baik untuk kita semua. Maka dari itu. Sebagai seorang islam yang masih mempunyai kesempatan untuk mengejar apa-apa saja yang tertinggal sebelum-sebelumnya. Sekarang lah waktunya anda untuk mengejar kesempatan itu.