Pengalaman Berharga Berada Di Perpustakaan Al Hikmah Tercinta

Jatuh cinta kepada perpustakaan sudah ada sejak saya berada di bangku Sekolah Dasar. Semakin tinggi jenjang pendidikanku, cinta akan membaca buku diperpustakaan lebih besar. Itu bisa dilihat dari kemanfaatan dari kita membaca buku yang bagus untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan lebih luas. Sehingga sepatutnya kita perlu lebih banyak berkunjung ketempat gudangnya ilmu ini.

Apalagi kalau bicara masalah menunjang untuk kegiatan belajar mengajar pun dari sejak awal masuk sekolah dari guru kita selalu menasehati untuk rajin –rajinlah membaca buku agar kelak menjadi orang yang hebat. Kenyataan ini pun memang benar adanya, banyak orang pandai dan sukses diluar sana juga salah satunya karena rajin membaca.

Dan luar biasanya di Pondok pesantren Alhikmah 02 Benda ini untuk fasilitas Perpustakaannya sudah terlihat baik melihat dari kondisi tempat, penempatan buku dan proses peminjamannya. Dengan seperti inilah banyak santri disela waktu kosong saat sekolah atau hari libur lebih memilih untuk mengunjungi perpustakaan. Hampir setiap harinya perpustakaan pondok Alhikmah yang berlokasi di Lantai 2 GOR Al Hikmah 02 ini tidak pernah sepi akan orang. Ditambah lagi di lantai 1 terdapat fasilitas untuk internat dan ruang serbaguna yang bisa dipakai untuk kegiatan, acara – acara ataupun berolahraga.

Di dalam perpustakaan ini pun ada ruangan diskusi yang bisa menunjang kita disaat ingin ada topik tertentu yang akan dibahas ataupun sebagai tempat belajar. Begitulah suasana yang nyaman menambah para pengunjung kadang merasa kurang puas dengan waktu yang disediakan hanya sampai jam 3 sore ruangan sudah tutup. Dan kegiatan membaca bisa dilanjutkan kembali di lain hari.

Dengan jadwal sekolah yang padat, tugas yang diberikan guru dan beberapa kegiatan tambahan ketrampilan kadang saya pun harus pandai –pandai mencari waktu untuk bisa berkunjung ke perpustakaan walaupun itu hanya beberapa menit untuk meminjam buku kemudian untuk dibaca di asrama.

Waktu istrahat dan jadwal kosong guru serta hari libur kadang saya manfaatkan untuk berkunjung ke perpustakaan. Baik itu untuk membaca buku yang belum saya ketahui, berdiskusi atau bahkan untuk mengerjakan tugas sekolah yang memang perlu ada referensi dari beberapa buku. Melihat buku diperpustakaan ini juga cukup banyak dan bermacam – macam jadi dari buku pelajaran, novel, dan buku – buku yang lain juga tersedia. Tinggal dipiih saja sesuka hati untuk membaca sesuai dengan keinginan.

Pengalaman berharga dan tidak terlupakaan saat mendapat penghargaan sebagai pengunjung terbaik pada bulan mei 2012. Tepatnya saat satu bulan sebelum pengumuman ujian Nasional. Sungguh senang sekali rasanya bisa memperoleh penghargaan itu. Soalnya melihat banyak santri juga yang aktif datang ke perpustakaan untuk membaca. Ssepertinya semua itu adalah berkah dari akhir bulan itu saya sering berada di perpustakaan.

Lain halnya diperpustakaan umum yang terdapat di GOR Al Hikmah 02 Benda, tetapi di perpustakaan sekolah pun kadang hampir setiap hari saya sempatkan untuk bisa berkunjung. Melihat jarak yang dekat dari kelasku ke perpustakaan sekolah dan buku –buku yang disediakan juga khusus sesuai dengan yang dipelajari sehingga lebih dekat sekali dengan perpustakaan sekolah milik Malhikdua (baca : MA Alhikmah 02) ini. Untuk jumlah pengunjung diperpustakaan ini cukup lumayan banyak karena lingkupnya memang hanya untuk siswa- siswi MA Alhikmah 2 Benda. Berbeda dengan perpustakaan Alhikmah yang belokasi Di GOR itu karena dibuka untuk umum. Sehingga sangat banyak pengunjung yang datang.

Biasanya aku menyempatkan waktu bersama teman ke perpustakaan untuk bisa menemani belajar dan membaca. Apalagi pada waktu jam kosong, hampir kita memanfaatkan waktu kosong untuk berada di perpustakaan.

Sama halnya ketika berada di perpustakaan sekolah, apabila waktu untuk membacanya kurang. Saya mencoba untuk meminjamnya dan dibawa pulang ke asrama untuk dibaca kembali. Mengenai keterlambatan pengembalian pernah saya alami juga, karena memang pada saat itu lupa atau bukunya tertinggal di asarama. Sehingga malas untuk bolak – balik lagi ke sekolah.

Keseringan berada di perpustakaan, membuat penjaga perpustakaan lebih kenal dengan saya. Mungkin karena memang terbiasa meminjam dan mengunjungi tempat perpustakaan ini. Dengan suasana dekat itu tapi kadang ketika buku yang kita pinjam hilang atau belum dikembalikan, akan terus menanyakan kepada kita terus. Tak hanya itu juga, kepada teman – teman lain pun yang awalnya belum kenal karena berbeda kelas dan jurusan. Tetapi dengan sering bertemunya di perpustakaan, menjadi bahan pertanyaan ingin tahu siapa dia.

Sempat mendapat julukan kutu buku juga dari beberapa teman, karena seringnya ke perpustakaan dan membaca buku. Pribadi sendiri sebenarnya kadang malahan dalam sekali pinjam belum tentu dibaca semua. Harus berkali – kali membaca dengan dicicil dengan tipeku yang memang kurang begitu cepat mengkhatamkan satu buku. Lebih parahnya lagi sampai – sampai buku yang telah dipinjam tidak sampai dibaca, hanya karena kesibukkan mengurus kegiatan baik dalam organisasi maupun tugas kuliah.

Facebook Comments