My Story

BERBAGI PENGALAMAN LOLOS PIMNAS PKM-M

Perkenalkan saya ridwan FAPET UGM 2012 dan sempat mendapatkan kesempatan untuk bergabung PIMNAS diPKM M. Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada anda semua yang lolos PKM Didanai. Anda perlu bersyukur dengan hasil yang anda peroleh. Notabenennya anda sudah berhasil menyisihkan berpuluh ribu proposal dari penjuru universitas di Indonesia. Walapun kadang kita merasakan proposal kita masih belum maksimal. Dan kita tidak menyangka bahwa proposal kita akan masuk. Yakinlah bahwa ini adalah awal dari keberuntungan anda, tinggal anda percaya untuk mengatakan bahwasanya proposal saya memang layak untuk menjadi juara. Ok, saat ini saya akan berbagi pengalaman bagi anda yang LOLOS PKM M Didanai.
Pastikan setelah lolos pengumuman PKM. Maka cobalah untuk menyampaikan kabar berita baik ini kepada anggota dan dosen pembimbing anda serta Desa Mitra yang nantinya dijadikan sebagai tempat untuk program kalian.

Saat Pelaksanaan
1. Cobalah untuk membuka dan membaca kembali proposal yang anda buat dengan TIM Anda. Agar nantinya satu sama lain dapat mengetahui langkah atau project yang akan dilakukan kedepannya
2. Lakukan rapat/kumpul kecil bersama tim anda untuk saling memberikan masukkan atau berdiskusi mengenai proposal yang kalian sudah buat. Dari sinilah pasti akan muncul ide sebagai langkah awal pembentukan program.
3. Setelah selesai melakukan diskusi. Cobalah untuk membuat timeline kinerja kalian kedepannya. Agar nantinya bisa terstruktur dari awal program hingga akhir program.
4. Buatlah Jobdesk masing – masing individu. Disinilah setiap anggota bisa mendapatkan kerjanya masing – masing. Sehingga tidak hanya ketua atau anggota satu saja yang bekerja, tetapi semua anggota bisa merasakan pahit manisnya mengerjakan PKM. Perlu diingat kita itu tidak sendiri, jadi jangan sampai pekerjaan itu menyusahkan anda sendiri atau bahkan pekerjaan itu tidak jalan. Karena masing –masing dari anggotanya bermasalah.
5. Sampaikan atau curhatlah keluh kesah anda ke Dosen Pembimbing anda apabila terdapat hal-hal yang memang membingungkan / menurut tim anda ada kesulitan dalam pengerjaannya.
6. jangan lupa juga bahwa kita punya teman atau kakak angkatan yang mereka suah pernah merasakan manis pahitnya saat melaksanakan program. cobalah anda meminta mereka untuk berbagi pengalamannya, biar nantinya anda mempunyai gambaran dan mendapatkan ilmu baru.
7. Tetap terus jaga komunikasi baik dengan TIM anda ya. Karena disetiap perjalanan yang akan kalian tempuh banyak hal rintangan yang kalian hadapi. Baik itu karena munculnya sifat egois diri, susah dihubungi, malas untuk bekerja, saling menyalahkan satu sama lain ataupun lainnya.
8. Perlu diingat PKM – M itu lebih condong ke pemberdayaan masyarakat. sehingga yang perlu dilihat adalah bagaimana keberlanjutan program masyrakat nantinya setelah selesai.
9. Jalani semua kegiatan yang anda buat dengan semangat dan tidak putus asa, Pastikan semua kegiatan yang anda rencanakan diawal dapat tercapai semua. Disinilah menjadi titik poin untuk lolos PIMNAS ketika proghram yang kamu rencanakan itu dapat terselesaikan semua. Amin
10. Apabila anda ingin mengadakan pertemuan dengan Pihak masyarakat. maka cobalah dikordinasikan dengan Pihak warga desa seperti halnya kepala desa. Sehingga akan memudahkan anda untuk melakukan pertemuan baik itu penyuluhan atau ketika sedang proses pengerjaan program. Nantinya dari kepala desa itu akan memberikan info terhadap warga-warganya. Jadi kita tak perlu membuang- buang kertas undangan dan tidak terlalu cape untuk membaginya. Cukup dengan memberikan satu orang (orang yang mempunyai jabatan tinggi didesa atau yang biasanya memberikan info terhadap warganya), maka pertemuan –pertemuan kedepannya bisa terlaksana.
11. Setiap kegiatan yang berhubungan dengan PKM baik itu ketika rapat maupun sedang melaksanakan program sebaiknya didokumentasikan. Mengapa demikian? Foto ini akan menjadi bukti akan kegiatan kita. Dengan foto ini juga bisa dimanfaatkan untuk ditempelkan dilogbook kita, di presentasi kita serta di publikasi media yang akan kita publish. So, jangan sampai lupa satu hal yang penting ini ya.
12. Buatlah sebuah medsos(media sosial) baik itu di facebook, website, instagram, atau apapun lah yang bisa menjadi salah satu informasi mengenai program anda. Apalagi ketika program pengabdian masyarakat anda mempunyai sebuah produk. Maka akan menjadi nilai plus tersendiri dengan anda memasarkan produk anda di medsos anda. Mantap lah pokoknya, sekali gayung dapat banyak.
13. Buatlah Pressrelease kegiatan. Dalam melakukan kegiatan pastilah ada cerita. Sayang sekali bila anda selesai dari kegiatan tetapi tidak dibuat dalam sebuah cerita. Karena bisa jadi ketika anda membuat pressrelease dan anda coba kirimkan ke salah satu web, contoh saja web UGM, siapa tahu berita anda akan terpampang di webnya. Dengan seperti ini kan bisa jadi salah satu bahan untuk kita presentasi juga, karena program kita bisa diterbitkan disalah satu web.
14. Trus kadang-kadang sebagai pemula masih bingung atau kesusahan bagaimana sih agar program kita dapat dipublish dalam sebuah media? Dulu waktu diawal pun saya cukup kesusahan ketika harus memikirkan agar berita saya dipublish. Tapi setelah dapat info dari teman- teman yang pernah berpengalaman dalam hal mem-publish berita, kemudian berusaha untuk mencari alamat-alamat berita yang dipublish. Nantinya kita akan terlatih sendiri untuk melakukan itu.
15. Lagi-lagi ketika masalahnya adalah belum bisa menulis berita seperti halnya berita-berita yang ditampilkan di web. Sebenarnya cukup mudah kalau kita tahu. Kita bisa melakukannya dengan cara kita sering baca – baca berita atau melihat contoh – contoh program berita di website yang sekiranya mirip dengan program kita.
16. Didalam setiap program pasti ada awal dan akhir program. Lah kalau di PKM ini pastilah diakhir program harus ada perubahan diakhir programnya. Jadi sebisa mungkin dari awal kita melakukan program haru singat perubahan – perubahan apa saja yang nanti akan kita lakukan.
17. Terakhir untuk terkait pelaksanaan PKM –M. Cobalah untuk membaca contoh-contoh PPT yang pernah lolos PIMNAS yang pernah dibuat kakak anda. Perhatikan bagaimana poin-poin yang kakak anda cantumkan. Itu bisa menjadi bahan anda juga nantinya ketika mengerjkan program dan untuk pembuatan PPT pada presentasi Monev Internal maupun Monev Eksternal.

MONEV (INTERNAL DAN EKSTERNAL)
MONEV atau biasa disebut Monitoring Evaluasi adalah satu kegiatan dimana hasil program yang kita kerjakan akan dipresentasikan dihadapan para juri untuk dilihat kemajuan atau hasil yang dikerjakan sudah sampai manakah. MONEV ini terdapat dua kali pelaksanaan yaitu ada MONEV Internal dan Eksternal. Hanya saja ada perbedaan yang nanti akan menilai anda. Monev Internal diadakan dimasing –masing kampus sendiri, sedangkan Monev Eksternal skalanya sudah nasional sehingga yang menilai tidak hanya dari dosen UGM tetapi dari lain universitas. Ketika di MONEV Internal untuk yang menilai adalah dari Dosen UGM semua,. Sehingga anda bisa menyampaikan semua hal-hal kelah-kesuh anda apabila ada kekurangan atau masalah dalam PKM kalian. Berbeda lagi ketika Monev Eksternal, alangkah baiknya sampaikan lah yang terbaik dan memang program anda memang benar-benar baik. So, harus tetap jujur ya.

Ok. Ada sedikit yang mungkin saya bisa saya sampaikan terkait persiapan apa saja sih yang kita bisa persipkan kita MONEV.
1. Pastikan semua anggota PKM anda dapat hadir semua ketika monev. Atau setidaknya minimal 2 atau 3 orang lah untuk sebagai perwakilan. Dibilang berpengaruh penilaian sebenarnya tidak juga. Tidak mungkin juga memaksa kalau ada kewajiban lain yang tidak boleh ditinggalkan yang justru akan menjadikan tidak baik pada kegiatan kita. Karena lagi – lagi penilaian terbaik adalah bagaiman kita presentasi yang menarik dan bagus serta program yang kita laksanakan memang baik, pasti juri akan merasa terpesona dengan hasil presentasi kita. So, tetap harus diusahkan kalau semua tidak ada halangan tetap hadir semua ya. Jangan malas. Dari sini pun anggota kan tahu apa saja permesalahan dan kekurangan di PKM nya.
2. Pilihlah presenter yang terbaik dari tim anda. Anda bisa melakukannya dengan cara melakukan pelatihan secara bergantian,. Disinilah satu sama lain akan melihat dan mengoreksi kira-kira siapa yang memang layak untuk dijadikan sebagai presenter.
3. Tidak hanya presenter yang baik. PPT kalian juga kalau bisa sudah sekelas PPT PIMNAS. Maka dari itu cobalah anda belajar dari pengalaman atau contoh – contoh PPT PIMNAS Kakak-kaka anda. Dijamin bisa mencerahkan otak anda untuk membuat PPT yang bagus dan menarik.
4. Bawalah produk atau perlengkapan yang mendukung ketika anda presentasi. Karena walaupun di PKM M yang notabenenya adalah pengabdian masyarakat. tetapi biasanya ada hal produk yang bisa menajdi pengeluarannya. Disini Pemonev atau juri pun pastinya kan memberikan nilai plus kembali kepada anda, karena anda sudah membuktikan bahwa anda benar-benar bisa menampilkan produk atau perlengkapan yang dibuat.
5. Pelajari dan pahami atau cobalah mencari info terkait Pemonev atau juri anda. Kira-kira juri anda itu ahli dalam bidang apa? dari situlah kalian akan mengetahui bagiamana anda akan menonjolkan sisi program yang mana juri itu paham dan tidak banyak pertanyaan atau komentar. Alias akan lebih bagus ketika juri itu menyampaikan pujian dan nasehat.
6. Tetap pasarahkan diri kepada tuhan anda. Walaupun kita menganggap bahwa kita sudah berusaha yang terbaik dan mengerjakan program dengan selesai. Kemudian Juri memberikan komentar yang baik. Tapi semua itu tidak menutup kemungkinan kabar baik juga akan datang pada kita. Karena juri itu tidak hanya satu, mereka punya penilaian tersendiri. Begitu juga yang lolos didanai PKM itu juga banyak. Jadi terimalah apa hasil yang akan keluarkan. Baik itu hasilnya buruk atau baik. GOOD LUCK kawan. Semoga beruntung
7. Terakhir tetap berdoa ya. Semoga setelah presentasi MONEV ini dapat memeberikan hasil yang terbaik dan bisa membawa Tim anda lolos PIMNAS. Amin

PIMNAS
Tidak heran pastinya bagi semua tim PKM Lolos didanai pasti mengidamkan salah satu pekan ini. Iya lah, siapa yang tidak mau masuk PIMNAS atau bisa disebut Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. Disnilah akan menjadi ajang pertempuran dsri masing-masing universitas yang lolso PIMNAS. Lagi –lagi tidak semua orang bisa mendapatkan semua posisi di PIMNAS ini. Hanya orang –orang beruntung saja yang bisa meraih posisi ini. Bagi yang belum beruntung tetap semangat dan berusaha untuk mencoba lagi ditahun depan. Bagi yang bisa lolos PIMNAS ucapkanlah syukur kembali kepada tuhan anda. Karena anda bisa merebut posisi dimana anda harus bertarung dengan ribuan PKM lainnya. GOOD JOB.

Menurut saya, Ada beberapa hal titik poin persiapan PIMNAS untuk PKM M yang mungkin bisa anda lakukan, antara lain ;
1. Jujur saja, memang dari sebagian teman – teman yang lolos PKM diantaranya merasa kaget dan merasa aneh bahwa PKM yang dilakukan bisa lolos PIMNAS. Dan merasa bahwa ada PKM-PKM lain ada yang lebih baik. Inilah teman –teman yang dinamakan keajaiban atau keberuntungan. So, tetap ucapkan syukur ya. karena bisa saja PKM lainnya memang benar tidak baik dari anda. Dan juri pun percaya bahwa PKM anda memang layak lolos untuk masuk PIMNAS. Ingat optimis itu penting ada dalam diri kita, sehingga nantinya akan ada semangat yang tumbuh didalam diri kita.
2. Sampaikanlah ke seluruh khalayak yang ada disamping anda. Bahwa anda mempunyai kabar baik dengan kebahagiaan bisa lolos PIMNAS. Bisa dimedsos anda dengan postikan yang menginformasikan bahwa anda lolos PIMNAS dan berharap semoga bisa menjadi juara. Harapannya juga ketika memberikan selamat, mereka juga akan mendoakan semoga ada hasil yang terbaik untuk nantinya ketika anda bertanding.
3. Kemudian rapatkan barisan kembali ke TIM anda untuk menyusun strategi dalam menghadapi PIMNAS nantinya ketika akan dimulai. Biasanya akan ada jangka waktu minimal dua minggu persipan untuk menuju PIMNAS. So, manfaatkanlah sebaik-baiknya kesempatan luang ini agar nantinya kalian bisa memberikan presentasi terbaik dan menampilkan yang terbaik.
4. Mintalah konsultasi kepada dosen pembimbing anda untuk menghadapi PIMNAS nantinya.
5. Belajar pengalaman kembali kepada kawan dan kakak-kakak anda yang sudah pernah pengalaman di PIMNAS. Anda bisa belajar dari presentasi kakak anda ataupun dari PPT yang mereka buat. Mintalah saran dan masukkan terkait PPT atau program yang kita kerjakan.
6. Jangan usah ragu dan pusing. Karena UGM pasti akan memberikan terbaik untuk mahasiswanya. Nsntinya kalian akan dibimbing oleh dosen-dosen luar biasa yang siap menemani anda selama anda menuju PIMNAS. Dari mulai teknik presentasi, pembuatan PPT, cara berpresentasi dan menjawab, pakaian dan persiapan –persiapan lainnya yang dibutuhkan.
7. Tidak hanya itu saja nantinya kalian akan dibeikan semacam kegiatan diluar kampus yang mana lebih banyak mendorong kita untuk lebih semangat lagi. Disini kita akan diberikan motivasi, kiat-kiat menjadi juara, diberikan pengajaran terkait pembuatan poster yang baik dan tidak lupa lagi briefing menuju PIMNAS
8. Seperti halnya MONEV INTERNAL dan EKSTERNAL. Cobalah memilih presenter terbaik dan membuat PPT yang bagus dan menarik
9. Penampilan juga harus dijaga ya. Berpenampilan sebaik mungkin agar nantinya juri ketika melihat presentasi kita juga akan merasa enak.
10. Manfaatkan waktu sebaik mungkin ketika anda berada di PIMNAS. Karena nantinya anda tidak hanya presentasi PKM anda. Tetapi anda juga akan mempresentasikan poster dan memamerkan produk anda. Serta cobalah saling berbagi sharing pengalaman dengan teman universitas lain bagimana keadaan PKM diuniversitas mereka. Siapa tahu bisa menjadi bahan ilmu kita nantinya juga.
11. Tinggal nunggu pengumuman ya. Semoga berhasil membawa piala dan membawa nama almamater kita yang terbaik.

Diakhir berbagi pengalaman ini, saya hanya bisa menyampikan pastilah semua keberuntungan ada ketika kita selalu berusaha dan semangat. Karena semua itu tidak bisa didapatkan secara instant. Semua itu butuh perjuangan dan kesabaran untuk meraih kesuksesan yang akan kita dapatkan. Kita hanya bisa berpasrah dan berdoa dengan semua yang kita lakukan ini adalah bisa bermanfaat baik bagi diri kita, masyarakat maupun orang disekeliling kita. Dan hasil baik ataupun tidak tetap disyukuri.

Semangat kawan
KITA BISA
Menjadi Juara
Menjadi yang terbaik

#SALAMSEMANGAT

Tagged , , , , , ,