Mahasiswa TUO, Tak Menghalangi Tuk Buka Puasa Bersama

Suasana Buka Bersama Angkatan

5  tahun sudah umur angkatan kami yaitu mahasiswa fakultas peternakan ugm 2012, yang mana kami namakan dengan nama silase. Sudah hampir setengah orang dari jumlah 200 orang yang sudah mempunyai gelar sarjana, dan setengahnya lagi berjuang untuk mendapatkannya. Walaupun dengan banyak kesibukan dan kegiatan masing-masing orang baik itu yang sudah mempunyai kerjaan atau masih mengerjakan tugas akhir, akan tetapi tidak lepas adanya rasa kumpul bersama untuk tetap menjalin rasa silaturrahim. Karena cukup susah untuk mencari yang momen yang pas untuk dapat mengadakan acara ini. Sehingga Buka bersama di Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mengadakannya.

Mengingat hampir setengah orang lebih dari kami yang belum menyandang sarjana, sehingga kemungkinan besar akan banyak yang mau berpartisipasi untuk mengikutinya. Dan nyatanya, hampir sebagian besar dari yang sudah wisuda juga masih ada yang dijogja. Baik itu yang memang asli jogja, melanjutkan kuliah dijogja, kerja dijogja atau sedang mencari kerjaan di jogja. Apalagi notabenenya buka bersama bagi setiap orang adalah suatu hal yang bisa memberikan manfaat, baik itu menjalin persaudaraan  dan bisa sharing-sharing baik itu kerjaan atau tentang kiat sukses cepat wisuda bagi yang belum selesai.

Mengajak dan mengumpulkan orang untuk kumpul orang memang tidak cukup mudah, bagaimana kita harus memastikan setiap waktu teman-teman untuk menyamakan jadwal kosongnya. Beruntungnya kita ada grup yang mewadahi teman-teman angkatan, sehingga lebih memudah untuk kami dapat menentukan waktunya. Awalnya ada 3 pilihan waktu acaranya, yaitu pada tanggal 2, 3 atau 4 juni yang notabenenya anak-anak masih ada kemungkinan dijogja. Mengingat kampus juga masih belum libur, sehingga anak-anak juga pasti akan meluangkan waktunya dijogja. Ditambah lagi dimana jogja banyak disetiap masjid menyediakan takjil bulan puasa gratis. Kurang lebih seperti itulah alasan memilih tanggal itu.

Kegiatan bukber selalu kami laksanakan setiap tahun, dari mulai kami saat masih tahap kenalan hingga samapi sudah bisa bercanda. Berarti kurang lebih 4 kali kegiatan bukber ini dilaksanakan, dari momen dimana yang rame hingga cukup rame, dari mulai tempat yang berada difakultas hingga dari tempat salah satu teman, dari mulai bukber yang diiringi musik maupun hanya sekesar kumpul, hingga menu makanan yang mewah hingga yang sederhana. Tapi dari kesemua itu, pastilah mempunyai momen tersendir dan tergantung bagaimana setiap orang bisa merasakan untuk mengambil hikmah sendiri.

Buka Bersama Tahun 2015
Suasana Buka Bersama

Dan selang beberapa hari dimana info buber diinfokan di grup, respon anak-anak cukup baik. Ada yang sebagian besar bisa ikut ditanggal semua yang ditentukan, ada yang tidak bisa karena ada alasan lain. Dari beberapa catatan masing-masing anak, ditentukanlah 1 hari yaitu pada tanggal 2 juni untuk mengadakan bukbernya. Dengan kata lain, setiap masing orang harus merelakan waktu yang ditentukan. Ada sekitar 50 orang yang konfirm bisa mengikuti bubernya. Untuk tempat bukber yang ditentukan adalah salah satu teman angkatan yang berada dijogja yaitu Irsya, yang sebelumnya kami pun pernah mengadakan acara angkatan dirumah irsya juga. Mengingat tempat yang cukup luas dan kondisi yang mendukung juga untuk berkumpul orang-orang.

Hari jumat, dimana buber dilaksanakan itu memberikan teman-teman juga waktu yang pas. Pasalnya, besok sabtu dan minggu merupakan hari libur. Sehingga teman-teman juga nyaman untuk esok harinya bisa beristirahat. Sore hari dimana saatnya anak-anak untuk siap-siap berangkat ke  tempat irsya, dengan jadwal yang ditentukan pukul 16.30 acara sudah mulai. Sehingga beberapa dari kami berencana untuk berangkat bersama dari kampus ke tempat irsya dengan jadwal kumpul pukul 16.00 wib. Sesuai jadwal yang direncanakan, sebagian dari kami tepat waktu untuk berkumpul. Sambil menunggu teman-temna lainnya yang belum datang, kami pun menyempatkan untuk berbincang-bincang terlebih dahulu.

Setelah waktu menunjukan jam 4 lebih, kami pun bergegas untuk langsung berangkat, dengan bincengan masing-masing. Lokasi yang berada di jalan kaliurang cukup dekat dari kampus dengan membutuhkan waktu yang tidak lebih dari setengah jam. Sehingga waktu kita pun pas untuk dapat berkumpul dengan teman-teman lainnya. Walaupun, kenyataannya selama berada dijalan banyak kemacetan yang ada.

Sesampainya di tempat irsya, ternyata masih belum banyak yang datang, sehingga teman-teman lebih memlilih untuk berada diluar dahulu sambil berbincang-bincang kembali dengan orang yang berbeda. Tidak lupa, jabat tangan adalah suatu hal penting ketika berpas-pasan dengan seseorang. Rasa rindu yang mungkin teman rasakan ketika dahulu pernah bekerja sama, sehingga memberikan suasana semakin ramai. Semakin waktu menunjukan jam 17.30, yang artinya waktu menunjukan menjelang buka bersama.

Satu –persatu tiap masing-masing orang berbondong masuk ke dalam ruangan untuk bersiap berkumpul buka bersama, dengan posisi melingkar akan menambah suasana menjadi lebih hangat. Sedang minuman es buah telah ada dihadapan kita, dimana saatnya adzan maghrib berkumandang. Saatnya kami semua membatalakan puasa terlebih dahulu untuk menikmati es buah yang manis dengan aneka buah yang ada. Aku pun menikmati dengan enaknya, bahkan melihat teman-teman mengambil kembali minuman es buanya. Aku pun turut mengambil kembali, mumpung minuman yang disediakan juga cukup banyak. Teramat sekali apabila tidak kita habiskan. Hehe.

Setelah itu, snack ringan disodorkan untuk mengganjal perut sebelum makan besar dihidangkan. Karena makan besar akan dilakukan usai shalat maghrib, agar selanjutnya dapat terasa nyaman. Sambil masing anak-anak menikmati hidanga yang ada, tidak lupa obrolan pun tidak henti-hentinya mereka lakukan dengan bentuk lingkaran sendiri-sendiri. Dari bahasan membicarkan teman seangkatan mapun dosen sendiri, keadaan dikampus, kehidupan setelah wisuda, maupun perkerjaan mendatang. Maklumlah, mengingat suasana ini tidak setiap waktu dapat kita lakukan.

Shalat maghrib pun kita tunaikan bersama-sama, dengan masing-masing orang mengambil air wudhu terlebih dahulu. Dengan jumlah yang cukup banyak, shalat maghrib pun dibuat beberapa kloter. Sungguh indah dilihat, mengingat shalat bersama-sama dengan satu angkatan dapat dilakukan bersama-sama. Usai shalat maghrib, santap hidangan makanan besar kami lakukan. Tempat kotak yang disediakan dengan isi nasi sayur, gorengan dan ditambah ayam goreng menambah perut semakin kenyang untuk melahapnya. Lain halnya itu, ada stiker yang bagi kita merasa tersindir. Pasalnya, distiker tertuliskan “Silase Bukber Angkatan TUO”. Beberapa beranggapan, bahwa kita tidak begitu tua. Walaupun memang sih angkatan kita sudah cukup lama di kampus. Hehe

Tak lupa suasana makan dan usai makan, tidak ada habisnya berbincang-bincang terus tidak ada hentinya. Tapi karena waktu menunjukan waktu isya, sehingga kami shalat isya dan tarawih terlebih dahulu berjamaah dirumah isya. Usai itu kami langsung foto bersama-sama. Dari mulai foto formal hingga alay, boomerang video, dan membuat video untuk hari raya idul fitri. Setelah itu, barulah setiap masing-masing orang kembali ke rumah masing-masing. Dengan berjabat tangan satu sama lain, agar kedepan tetap bisa bertemu kembali dan sehat selalu. Amin.

Berfoto Bersama

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1438 H.