Wisata Kabupaten Purbalingga Yang Pernah Saya kunjungi

Setelah kemarin saya memposting terkait wisata jogja yang sudah pernah saya kunjungi. Rasanya-rasanya kurang pas apabila saya belum menceritakan wisata di kabupaten kelahiran saya sendiri yaitu Kabupaten Purbalingga.

Kalau dibandingkan dengan jumlah wisata yang sudah pernah saya kunjungi di jogja, pastilah jumlah wisatanya jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di Kabupaten Purbalingga. Hal ini dikarenakan di Jogja secara jumlah wisatanya lebih banyak dan pada saat itu saya mempunyai waktu luang banyak untuk liburan dijogja.

Tapi kalau dapat disimpulkan, rasa-rasanya saya jarang sekali melakukan perjalanan ketempat wisata kalau sedang berada di Kota kelahiran. Hal ini didasarkan pada jumlah wisata Purbalingga yang berjumlah lebih dari 40 tempat wisata, namun saya belum penuh mengunjungi setengah wisata yang ada di purbalingga.

Oke, langsung saja ya saya ceritakan dimana saja tempat wisata purbalingga yang sudah pernah saya kunjungi.

  1.  Owabong Water Park Purbalingga

Objek Wisata Air Bojongsari ini bisa dikatakan wisata purbalingga yang paling ramai pengunjungnya. Bagaimana tidak, owabong merupakan objek wisata air terbesar di Jawa tengah dan bahkan sudah bertaraf Nasional. Selain didalamnya ada kolam renang, di Owabong juga terdapat waterboom, arena gokart, zipline coaster, coralia 3, dan wahana lainnya.

Bersama teman PKL (Praktek Kerja Lapangan) di BBPTU-HPT Baturraden

2. Gua Lawa

Gua lawa juga termasuk wisata yang ramai akan pengunjung. Terlebih kita dapat menikmati suasana yang sejuk dan pemandangan alam yang bagus. Didalam goa pastinya kita akan menemukan beberapa ruangan gua yang apabila kita telusuri nantinya akan dituntun hingga pinta keluar.

Bersama rekan kerja
Bersama organisasi HISBAN (Himpunan Santri Banyumas) Al Hikmah 2 Benda

3. Jembatan Cinta Rembang

Kalau kalian akan  ke jembatan cinta, saran saya jangan sendirian ya. Minimal ajaklah satu teman kalian untuk berkunjung kesini, biar bisa minta bantuan temanmu untuk mengambil fotomu. Karena ditempat ini ada spot yang menarik, yaitu jembatan bentuk love.

Bersama Satu angkatan 2012 organisasi HISBAN (Himpunan Santri Banyumas) Al Hikmah 2 Benda

4. Pinesan Serang Purbalingga

Beberapa tahun terakhir, kalau saya diajak ketempat wisata purbalingga. Pasti kebanyakan mengajak saya ketempat wisata yang berlokasi di rest area serang karangreja ini. Diwisata ini, kita dapat menikmati pemandangan sejuk yang dikelilingi oleh hutan pinus. Selain itu, disekitar tempat ini juga terdapat warung yang menjual berbagai makan. Sehingga sangat cocok sekali, ketika kita makan sambil menikmati suasana yang indah dan sejuk.

Bersama Pemuda Desa Purbalingga
Bersama rekan kerja

5. Taman Reptil Sanggaluri Park

Taman reptil ini terlihat bagus, karena lokasinya berlatar belakang pemandangan Gunung Slamet dengan konsep edukasi sekaligus rekreasi alam. Didalamnya terdapat beberapa ruangan, diantaranya adalah ruangan koleksi serangga, reptil, kupu-kupu. Kumbang, ular, biawak, cicak dan hewan lainya. Namun didalam Taman reptil ini tidak hanya terdapat museum reptil. Tetapi ada museum wayang, tempat peraga dan museum uang.  Terlebih lagi yang membuat pengunjung suka juga adalah adanya wahana permainan yang bisa kita pilih.

Bersama teman pemuda Desa Bungkanel

6. Alun-alun Purbalingga

Kalau ke Kota Purbalingga, pastinya berusaha menyempatkan untuk berkunjung ke Alun-alun ini walaupun dengan waktu yang sebentar saja. Terlebih pada masa kini, disekitar alun-alun sudah terdapat taman dan tempat duduk untuk pengunjung bisa menikmati spot foto disini. Lain halnya itu, kalau disekitar alun-alun juga terdapat masjid agung, pendopo purbalingga dan tempat toko-toko pengjualan.

Bersama Bu Tiwi Selaku Bupati Purbalingga

7. Agrowisata Taman Strawberry  Gunung Lompong Karangreja

Satu wisata alternatif wisata di di Purbalingga yang tidak boleh anda lewatkan adalah sajian Agrowisata kebun Strawberry. Terletak di kaki gunung slamet tepatnya di Karangreja. Kebun strawberry yang ada dikelola langsung oleh masyarakat. Di sana pengunjung dapat masuk ke kebun-kebun yang ada sembari melihat pemandangan sekitar.

Daya tarik terbesar dari lokasi wisata ini adalah adanya fasilitas petik sendiri. Sebenarnya pengunjung dapat memetik buah strawberry sendiri. Namun, pengunjung tidak disarankan untuk memakan langsung dari buah yang baru dipetik. Tapi, Alangkah lebihnya buah yang baru dipetik terlebih dahulu dicuci. Jadi nanti pengunjung dapat membawa kantong sendiri untuk menampung buah yang ada. Selanjutnya kantong isi buah di timbang dan dicuci untuk bisa kita beli.

8. Bukit Blawong Ponjen Karanganyar

Wisata yang satu ini merupakan wisata terdekat dari tempat tinggal saya. Karena, dari jarak yang hanya disamping desa dan berada pada satu kecamatan. Untuk sampai ditempat bukit, kebanyakan orang biasanya lebih memilih untuk berjalan kaki dari tempat motor yang sudah diparkir. Hal ini, karena amat disayangkan kalau memakai motor dengan jalan yang masih bebatuan. Tapi walaupun begitu, masih banyak pengunjung juga yang menyempatkan untuk menaiki motor.

9. Lembah Asri Serang

Tidak jauh dari Wisata Hutan Pinesan Serang. Kita bisa berksempatan untuk mengunjungi lembah asri, yang didalamnya kita bisa melihat embung atau danau buatan, tempat spot duduk, homestay dan ada kolam renangnya.

10. Curug Silintang Karangreja

Salah satu destina wisata alam tersembunyi ini saya kunjungi pada saat saya sedang ada kegiatan Bakti Sosial Keagamaan di Karangreja. Kebetulan pada saat saya sedang tidak ada kegiatan, anak-anak didesa ini mengajak saya untuk menikmati air terjun dengan pesona alam yang indah dan sejuk.

11. Pancuran Ciblon Bobotsari

Kolam renang Pancuran Ciblon yang berada di bobotsari itu lokasinya cukup strategis, karena berada di pusat kecamatan bobotsari. Selain kolam renang, pancuran ciblon ini juga menyediakan tempat terapi ikan dan spot foto yang bagus.

Selain kolam renang, di dalam lokasi juga ada kolam yang digunakan untuk terapi ikan. disini mantap

Terapi Ikan

12. Kolam Renang Walik Purbalingga

Walaupun wisata kolam renang ini tidak sebesar di Owabong. Namun, tetap saja banyak pengunjung yang menjadikan tempat pemandian tertua di Purbalingga ini menjadi favorit.

13. Bendungan Slinga Kaligondang

Berkunjung ke bendungan ini sebenarnya baru akhir -akhir tahun 2021 kemarin. Bagi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak sambil rongkrongan dan menikmati pemandangan, pastinya akan cocok bagi kalian.

14. Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

Wisata ini sudah lama sekali tidak saya kunjungi. Terakhir kali saya berkunjung ketika saya masih duduk dibangku SD. Jadi udah pasti lama dan pada saat itu handphone pun masih belum ada yang megang. Otomatis tidak ada dokumentasi foto yang tersimpan.

Wisata ini sangat cocok sekali untuk anak-anak, karena didalamnya ada wahana aquarium raksasa, waterboom, wahana river world, wahana bird park, dan wahana diorama satwa.

Facebook Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *