Kumpul Emercy Sebagai Inisiasi Memperkuat Tali Persaudaraan Tiap Angkatan

poster - CopyMenginisiasi sebuah agenda atau acara memang tidak mudah. Kita harus tahu mengenai konsep acara apa yang akan kita rumuskan dan ditawarkan kepada orang nantinya dapat menerima apa yang menjadi agendanya. Kemudian masalah tim itu pun dibutuhkan sekalai dalam hal mengadakan acara, bila dilakukan sendiri maka akan kesusahan. Karena seorang pembuat acara tidak hanya menyususn acara, tetapi perlu ada yang mengatur berkas-berkas, izin tempat, mengundang tamu undangan, konsumsi, perlengkapan yang dibutuhkan, publikasi, dan masih banyak lagi. Sekali lagi kepanitiaan itu sangat dibutuhkan sekali dalam hal membuat acara.
Mendengar beberapa angkatan Emercy yang ingin sekali menginisiasi membuat acara kumpul atau kata yang tidak asing lagi yaitu reunian. Dan untuk kumpul atau reunian biasanya diperuntukkan sekali bagi orang yang sejak lama tidak bertemu, maka akan sangat terkesan atau senang ketika diadakan suatu pertemuan untuk mengenang masa lalu dan memberikan kabar saat sekarang. Pertemuan itu sebenarnya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun serta dalam keadaan susah maupun senang. Tetapi bila suatu agenda disusun lebih baik dan jelas maka akan bernilai baik atau dapat memberikan sebuah moment yang tidak terlupakan.
Yah..Acara reunian emercy di alhikmah sungguh dinantikan beberapa anak emercy yang sudah lama lulus. Dari mulai menulis kata, “ayo reunian…” lewat media online atau lewat sms. Hingga ingin membentuk orang-orangnya yang akan mengurus acara. Eittss,,,dari situ saya berinisiatif untuk membuat acara kumpul emrcy tanpa ada kata “reunian”. Maknanya akan berbeda bila acara kumpul disebut dengan reunian, Bisa dilihat dari acara yang dilaksanakan pada reunian itu biasanya lebih besar dan persipannya jauh-jauh hari, dapat dikatakan untuk segala persiapan sudah sangat matang. Untuk kali ini dengan persiapan yang dibilang mendadak, tidak banyak kordinasi hanya secara orang perorang, dan tidak ada suatu hal acara yang besar. Sehingga kata “KUMPUL” menjadi kata yang tepat untk mengadakan acara ini.
Bermula dari iseng-iseng ngobrol lewat adik-adik emrcy angkatan 5 salah satunya ada Elbana fadin, alya dan syarif yaitu dengan facebook yang inti dari perbincanganya adalah “Bagimana apabila mengadakan acara kumpul emercy sekaligus buka bersama dari angkatan satu hingga yang baru rasanya sangat bagus sekali dan nantinya untuk kepanitian dipegang kalian bebrapa alumni akan siap membantu apabila dibutuhkan sekali”. Alya dan syarif sekaligus sebagai pengurus FED (Federation Of Emercy Developer) sangat merespon dengan usul yang saya ajukan. Sehingga dari sini ide-ide untuk mengadakan suatu acara mulai dipikirkan. Dari alya yang mengusulkan untuk acara ini bisa didiskusikan ketika mereka ada kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) bahasa di jogja. Sangat disayangkan berhubung pada waktu itu adalah acara dikampus dari mulai perkuliahan hingga organisasi agak padat, sehingga tidak sempat untuk mengunjngi mereka. Akhirnya hari dimana mendekati bulan suci ramadhan baru terpikirkan untuk ide-idenya. Kemudian dari situ dari keputusan pengurus FED yang merapatkan bahwasanya mereka setuju diadakannya acara ini dan meminta saya untuk dapat memberikan hal-hal yang berkaitan dengan acaranya.
Langkah demi langkah ku lakukan dengan mulai mencari data anak emrcy angkatan 1 hingga 6 yang itu sudah ada di grup emercy , kemudian untuk data anak baru emercy angkatan 7 didapat dari website sekolah. Mendapatkan ini pun agak kesusahan, yang mulanya data postingan di grup tidak ada atau kelihatan. Entah sudah terpendam dibawah atau dihapus, akhirnya dengan bantuan admin data yang ada bisa ditampilkan kembali. Data itu kemudian diatur sedemikian rupa menurut angkatan dan disusun secara rapi seperti halnya data yang akan dibuat format kehadiran. Setelah itu mulai mendata dari angkatan emercy 2 yaitu angkatan saya. Dengan di beritahukan lewat grup dan chat FB. Responnya cukup baik dengan bantuan online satu ini. Hari berikutnya mulai memberikan info ke grup FED yang dapat memberikan info untu seluruh angkatan emercy. Di lain itu salah satu angkatan emercy 3 yaitu finita memberikan sebuah pertanyaan lewat FB untuk siapa saja yang bisa datang diacara kumpul emercy. Aku pun iseng-iseng untuk ikut forum mereka (angkatan 3 emercy) dengan menjadi kesempatan dapat berbincang mengenai acara nantinya. Sehingga mereka tahu akan acara yang ada dengan perbincangan demi perbincangan. Sehingga nantinya tidak akan ada terjadi misscom untuk agenda kedepannya.
Satu persatu dari mereka angkatan 3 emercy mulai memberikan jawaban akan lontaran pertanyaan finita. Dan didapatkan dari mulai mereka menanyakan kepastian acara yang benar-benar akan dilaksanakan dan mengenai teknis acara. Menambah jaringanlah dari angkatan 3 emercy ini. Berikutnya saya mencoba untuk jalan-jalan ke grup angkatan 1 emercy, dari situ nama FB mereka lengkap dengan semua anggota. Sehingga jalan yang bisa dilakukan adalah pertemanan dan memberikan info lewat message FB. Satu persatu dari mereka mulai menjawab akan kehadiran atau tidaknya dalam acara kumpul emercy ini sekaligus meminta salah satu dari mereka untuk dapat mengkordinir angkatan mereka. Tapi sayang jawaban mereka kebanyakan tidak bisa Karena terbentur acara mereka dan beberapa KKN (Kuliah Kerja Nyata). Setelah di cari-cari akhirnya bertemu mba aulia yang kebetulan juga orang asli benda daerah dekat pondok pesantren al hikmah 02, sehingga untuk komunikasi ke adik-adik FED-nya pun akan terasa enak. Tapi untuk memegang konfirmasi mereka, sepertinya saya berusah untuk dapat mengaturnya. Dan mba aulia sendiri menawarkan untuk mengatur konsmsi yang ada, berhubung ibunya juga biasanya buat.
Dengan segala kenyataan diatas, maka Finita pun akhirnya saya jadikan untuk dapat mengkordinir angkatan 3 emercy. Dan sebenarnya diangkatan 3 emercy ini termasuknya angkatan yang agak santai dalam artian belum banyak tugas atau hal-hal tanggung jawab lain, memang karena mereka baru awal masuk kuliah kemarin. Sedang angkatan satu yang bsudah mulai mengurus wisuda, KKN, dan tugas pekerjaan yang harus menuntut mereka, Angkatan 2 emercy lebih banyak berbenturan acara yang bersifat penting. Angkatan 4 emercy berhubung mereka baru lulus, sehingga untuk mulai mendaftar disana kemari untuk bisa mendapatkan nama sebagai mahasiswa. Di lain waktu seketika ngobrol lewat FB dengan si aufy angakatan 4 emercy sekaligus menetap di dekat pondok berharap dapat ikut membantu saya untuk dapat mengkordinir angkatan 4. Keadaan ini tidak hanya dirasakan oleh alumni saja, begitu juga kepada adik-adik emercy angkatan 6 dan 7 atau sekarang menduduki kelas 1 dan 2 emercy, mereka sudah ingin pulang kembali kerumah karena tidak diberi beban seperti angkatan 5 atau kelas 3 emercy yang ada agenda iktikaf di pondok, dan itu memang wajib. Maka dari itu angkatan 5 dengan keadaan iktikaf dipondok agak lama, dan tidak memikirkan untuk pulang terlebih dahulu. Maka saya jadikan sebagai panitia acara di pondok untuk mengurus acara kumpul emercy,
Tanggal 19 Juli 2014 pkl. 15.30 – selesai, di tanggal inilah insya allah dengan mantap acara kumpul emrcy akan dilaksanakan. Dengan berbagai pertimbangan dari alumni dengan kesibukan agenda lain menjadikan sangat sulit menentukan waktu yang pas untuk dapat berkumpul bersama. Sebenarnya survey waktu sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum ramadhan lewat grup FB. Dari mulai menanyakan libur kulaih dan kerja masing-masing. Dan hasilnya memang berbeda-beda satu sama lain. Menentukan sebuah waktu acara juga salah satu menghambat acara yang nanti kita lakukan. Rasa tidak enak yang nantinya untuk pesertanya sedikit atau bahkan menjadi tidak nyaman.
Mengapa tanggal 19 Juli? ya hari dimana kebanyakan dari alumni bisa menyisihkan waktu acaranya dan liburnya H-10 lebaran. Dan diacara ini tidak hanya kumpul alumni tapi disisi lain kita mempertimbangkan untuk adik-adik emercy di alhikmah khususnya kelas 1 dan 2 emercy yang notabenenya sudah ingin pulang sekali. Melihat pondok baru bisa pulang tanggal 18 Juli 2014. Kemudian apabila acara ini dilakukan sehabis lebaran itu pun akan sulit untuk memastikan kedatangan semuanya. Dari mulai agenda lebaran dengan keluarga, saudara, teman, atau bahkan mengurus persiapan pekerjaan baru serta persiapan untuk kuliah. Begitulah memang tidak mudah untuk dapat mengatur waktu satu sama lain.
Berikutnya setelah posisi untuk penanggung jawab acara sudah terbentuk yaitu dengan pengurus FED menentukan dan memutuskan sendiri dari mulai ketua, sekretaris, bendahara, sie acara, konsumsi, perlengkapan, humas, dan konsumsi. Kemudian PJ kordinasi angkatan 1 dan 2 itu saya sendiri, angkatan 3 adalah finita, angkatan 4 yaitu aufy, serta untuk adek-2 emercy angkatan 5 sampai 7 yaitu pengurus FED. Dan alhamdulilah setelah berusaha satu persatu menghubungi anak-anak baik itu lewat message FB yang sebagian juga jarang menggunakan. Sehingga jalan terakhir menghubungi lewat handpone dan mencari informasi tentang teman dekatnya.
Dan hingga satu minggu sebelum acara sudah didapatkan kurang lebih 25 orang lebih alumni emercy yang memtuskan untuk dapat hadir di acara emercy. Tapi hal ini belum bisa dikatakan aman dengan lumayan anak yang datang, selama perjalanan menuju acara. Kadang banyak hal yang berbeda mengenai alumni yang nantina meng-cancel untuk memutuskan tidak ikut karena suatu alasan yang tidak dapat diganggu, masalah tempat yang tidak sesuai, ada agenda dipondok yang tidak membolehkan melakukan acara dan masih banyak lagi masalah yang menanti untuk menjadi penghalang acara, untungnya dari Pembina emercy yaitu pak wahid sekaigus guru fisika ini sudah membrikan persetujuan untuk emercy mengadakan acara ini. Beliau hanya ingin acara yang dilakukan jelas dan berkaitan juga untuk mewajibkan kelas 1 dan 2 emercy untuk mewajibkan mereka dapat ikut yaitu dengan acara yang menarik agar mereka tidak sia-sia mengikutinya. Bila acara itu sekedar sharing-sharing kampus, mendingan acaranya khusus kelas 3 emercy.
Mendengar apa kata Pembina emercy yang saya dapatlkan informasi dari finita. Kembali lagi untuk berpikir acara apa yang memang harus di-fixan, dan siapa saja yang nantinya akan terlibat. Guru emercy pun nanti akan diundang juga dalam acara ini, sehingga perlu adanya acara yang menarik dan tidak mengecewakan guru maupun semua anak emercy.
Ide acara pun terus dipikirkan, seperti meminta pendapat teman dan juga semua anak-anak emercy tertentu. Dan untuk saat ini ide yang muncul adalah perkenalan semua angkatan emercy dan guru-guru, Sharing-sharing, diskusi dan Tanya jawab, buka bersama, sowan, ziarah, foto bersama. Perkenalan semua angkatan emercy dan guru dilakukan agar satu sama lain tahu akan masing-masing, ada pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang” dan pastinya juga agar dapat mengakrab kan kita semua. Sharing-sharing atau dengan kata lain ngobrol itu sebagai suatu acara yang begitu amat pentig sepertinya. Didalamnya seperti halnya sharing-sharing tentang kampus, pengalaman kesuksesan, dan lain sebagainya. Kemudian dibarengi dengan diskusi dan Tanya jawab bagi adik-adik emercy mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sekolah ataupun yang lain, berharap juga guru emercy dilibatkan. Dan tidak lupa buka bersama menjadi suatu hal pertanda bahwasanya acara kumpul sudah mau selesasi. Eitss…. Masih ada sowan dan ziarah ke kubur. Kadang kritikan dari beberapa Pembina dan guru di pondok pesantren AL HIKMAH 02 BENDA yang mana santri ketika datang ke pondok biasanya hanya sekedar bertemu teman-temannya atau hanya melihat disekeliling perubahan pondok. Padahal akan lebih baik lagi kita dapat berkunjung ke pembina atau pengasuh pondok untuk bersilaturahmi sekaligus minta ridhonya dalam hal ilmu yang didapat selama dipondok agar bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.
Hari berikutnya menjelang acara H-8 disiang hari bulan puasa sedang bersama teman dikontrakan memikirkan untuk membuat sebuah publikasi poster mengenai acara kumpul emercy ini. Sebelumnya sempat ingin meminta anak pengurus FED untuk dapat membuatnya dan juga sedikit Tanya beberapa dari adik emercy yang dapat membuat poster. Tapi hal ini terasa cukup menunggu dan memang butuh waktu mereka harus meluangkan waktunya. Sehubungan dengan ditanggungjawabinya ku menjadi kordinator kepanitian PDD di suatu acara UGM. Sangat lucu sekali apabila sebagai kordinator PDD tidak dapat membuat desain, akhirnya aku berusaha untuk mencoba-coba tapi hasilnya sama saja tidak bisa. Beruntung teman satu kontrakaanku ada yang sudah ahli dalam membuat desain apapun. Pelan-pelan saya belajar dengan beliau dan memperhatikan sekali hal-hal yang benar penting saat membuat desain. Sedikit demi sedikit akhirnya aku punmencoba. Dan hasilnya memang cukup bagus. Akhirnya dengan membuat desain poster yang tidak membutuhkan waktu lama ini dapat di post di grup FB FED sebagai suatu cara yang dapat memberikan informasi mengenai acara ini.
Perajalanan demi perjalana menuju acara sudah semakin dekat. Banyak hal rintangan yang menghadang setiap seiring waktu berputar. Dimulai dari beberapa anak yang memutuska untuk tidak ikut karena suatu hal. Sehingga jumlah beberapa yang daftar berkurang. Kemudian acara yang nantinya akan dijadikan kumpul emercy masih terasa biasa. Mengisi sebuah acara juga perlu diperhatikan agar nantinya tidak membuat mereka bosan, sehingga hingga hari mulai mendekati acara belum ada kepastian siapa yang akan mengisi. Berharap nantinya ada orang yang mampu untuk memberanikan diri untuk berdiri didepan saat acara. Tidak memungkinkan juga seandainya saya yang tidak bisa hadir karena suatu hal semisal ada agenda di jogja yang memutuskan bahwasanya aku dibutuhkan dan tidak boleh pulang dulu. Bagaimanapun saya tetap berusaha untuk berpihak pada acara yang satu ini. Apa kata mereka bila orang yang menginisisasi acara, kemudian dirinya tidak hadir?
Terakhir harapannya untuk acara tanggal 19 juli nanti dapat memperkuat tali persaudaraan dan lebih dekat lagi untuk saling komunikasi. Apapun hasil acaranya nanti dengan keyakinan dan niat yang selalu membawa rasa semangat semuanya akan membawa hasil yang baik.

EMERCY,,,,,YESS…
EMERCY,,EMERCY..YES..YESSS
EMERCY………….YESSS…………
382269_218456878221686_1417515233_n

hshauhus

Facebook Comments