Arti Salam!

Hasil gambar untuk salam

Setiap kalian pasti pernah melihat dua orang yang sedang berjalan berpapasan. Bahkan  bukan pernah lagi tapi sering tapi yang saya maksud itu. jalan berpaspasan sambil salah salah satu orang mengucapkan salam kepada salah orang yang didepannya . Atau bahkan ketika kalian akan masuk kerumah orang pastilah mengucapkan salam . Selain itu juga ketika kalian berada dirumah sedang dari luar mendengar suara orang yang sedang mengucapkan salam! Ada juga ketika kalian menerima telfon atau menerima sms pasti yang didahulukan adalah salam . Iya ngga????

Sebenarnya kalian tahu atau tidak ketika kalian mengucapkan salam itu. Apa arti dari salam itu! kalian mengucapkan tapi ngga tahu artinya sama saja kalian mengucapkan tapi yang diucapkan itu tidak tahu maksudnya kalau anda ditanya kamu ngucap salam itu apa artinya ???? Apa jawabanmu?Atau hanya diam saja ataukah mendingan lari.

Jadi memang dilihat dari sebagian kebiasaan orang itu hanya mau diperintah tapi yang diperintahkan itu ngga mau tanya. Buat apa sih harus mengucapkan kata-kata itu atau mungkin kalian yang tidak mau bertanya sehingga hanya ngucapin saja! Hanya untuk menjalankan sunah rasul ….

Mengucapkan salam itu perintah dari allah . Mengapa allah itu menyuruh kita untuk mengucapkan salam? Salam itu dalam arti bahasa adalah keselamatan,ketenangan, dan keamanan. Semisal apabila kita sedang berjalan kemudian bertemu dengan teman yang akan berpergian hendaknya kita mengucapkan salam dengan tujuan apa ? kita kembali dalam arti salam menurut bahasa yang artinya “keselamatan” , Seseorang yang mengucapkan salam kepada temannya seolah-olah kita memberi jaminan keselamatan dalam perjalanan teman kita . Karena kita tidak tahu apakah dalam perjalanan dia terkena copet atau dia akan tertabrak mebil. Lah itulah yang namanya salam itu jadi kita tidak usah takut . SElain itu juga yang duiberi salam juga meberi jawaban salam agar dia juga selamat sampai rumahnya.

Kalau kita mengucapakan salam kepada rumah teman juga dengan tujuan rumah ini diberi ketenangan dan keamanan agar terhindar dari bahaya baik itu langsung maupun tidak.

Oleh karenannya Nabi Muhammad SAW pernah ditanya oleh seorang sahabat. “Hai nabi, Amal apa yang paling baik ? Jawab nabi, pertama orangyang memeberi makan orang fakir miskin dan kedua menyebarkan salam. “. Jadi jelas mengucapkan salam itu juga termasuk amal yang bai sehingga salam ini dijadikan sunah nabi.

Dalam hidupnya nabi Muhammad SAW ketika bertemu dengan para sahabatntya tidak pernah yang namanya tidak mengucapkan salam! Itu perlu ditiru karena kita umatnya. Ada satu kisah tentang fadhilahnya salam. Dulu ketika sayiddina umar dan Ali pernah duduk disamping Nabi. Dan beliau bersabda,” Barang siapa yang mengucapkan salam kepada saudaranya , maka akan dibangunkan istana disurga . Jadi ada pembalasan atau hadiah bagi siapa saja yang menyampaikan penghormayan salam yaitu nanti dihari akhir akan dibangunkan istana disurga .

Facebook Comments