Mengapa ORDA(Organisasi Daerah) Harus Ada?

Hasil gambar untuk himpunan santri banyumas alhikmah 2

Tahukah anda, bahwa setiap pondok pesantren kebanyakan ada organisasi yang namanya ORDA(Organisasi Daerah) iya kan ! dan kamu-kamu khususnya santri  Tau ngga kenapa ORDA itu harus ada! Dari pengalaman Abah Yai saat mondok di Jombang Jawa Timur pada tahun 60-an . Dan pada saat itu di Jombang yang mondok dari bumiayu terdapat 73 orang .  Karena tidak ada Organisasi Daerah di pondok ini Abah yai itu sangat kesulitan Untuk bertemu dengan teman-teman dari bumiayu Sehingga antara Abah Yai dengan teman se-daerah tidak bisa berbagi-bagi pekerjaan , ” kata Abah Yai”. Sehingga Abah yai punya solusi untuk mencapai tujuan itu maka diadakannya ORDA.

Dulu pada waktu Abah yai di Jombang untuk kamar itu disatukan dengan asal daerahnya seperti bumiayu maka semua yang ada didalam kamar hanya santri dari bumiayu. Tapi yang jadi masalah itu belum ada inventaris sama sekali dikamar Abah yai. Catering pada waktu Abah yai memang ada .Tapi mereka lebih makan memasak sendiri .Karena alatnya belum ada .Sehngga Abah Yai mengumpulkan anak yang sudah besar khususnya yang sudah lama untuk berbagi pekerjaan , Ada yang sedia membeli karpet, kasur,alat-alat dapur yang lainnya. Selain itu juga dengan dikumpulkannya seperti ini Abah yai mempunyai solusi untuk membuat organisasi,dimana organisasi ini didalamnya hanya terdapat santri bumiayu.

Selain itu juga ORDA(Organisasi Daerah) itu disamping tujuannya  membantu-bantu pengurus semisal Ada wali santri yang ingin beremu dengan anaknya yang berasal dari daerah ini .Sehingga ORDA akan datang kesitu untk membantu wali santri yang ingin bertemu anaknya.

Biasanya santri baru itu kalau membawa uang darui rumah itu sangat banyak kira-kira lebh dari 400 ribu lebih . Untuk mencegah agar santri baru itu tidak membuang uang itu. Sehingga uang itu dititipkan pada pengurus ORDA untuk urusan bayaran diserahkan pada pengurus ORDAnya masing-masing.

Facebook Comments