Kali Ketiga, Reuni HISBAN Angkatan 2012 Terlaksana Kembali

Sudah menjadi hal biasa setiap lulusan sekolah mempunyai angkatan tersendiri. Dengan rasa rindu lama tak bertemu, dan ingin melihat secara langsung satu sama lain. Sehingga beberapa orang ingin berkesempata untuk membuat semacam kumpul bersama salam satu waktu atau biasa yang kita sebut dengan nama “REUNI”,

Tidak berbeda dengan saya, yang sekarang berada ditingkat perguruan tinggi. Pastilah, mempunyai banyak berbagai lulusan dari mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Kalau kali ini saya akan sedikit menceritakan terkait reunion angkatan Himpunan Santri Banyumas(HISBAN) angkatan 2012. Kalau dihitung pada tahun 2017 sekarang, berarti kami sudah menginjak Tahun ke 5. Bisa dikatakan sudah cukup lama juga, dimana beberapa kami sudah mempunyai jalur hidup masing-masing. Ada dimana anak yang sudah mempunyai kerjaan tetap, masih mencari kerjaan, atau melanjutkan studi.

Dulu kami sekolah di Al Hikmah 02 Benda Bumiayu dengan berbeda jurusan, dari mulai MAK(Keagamaan), EMERCY(Ipa Unggulan), MAU(IPA dan IPS). Walaupun berbeda jurusan, namun karena adanya himpunan santri daerah lah yang membuat keakraban kami semakin erat. Daerah Kerasidenan Banyumas terdiri dari : Banyumas, Purwokerto, Purbalingga, Cilacap, Kebumen dan Wonosobo. Cukup banyak juga memang daerah yang tergabung.

Selama 5 tahun ini, tidak setiap tahun kami mengadakan reunion. 2 tahun pertama, dengan kesibukkan setiap masing-masing orang menjadikan beberapa enggan untuk berinisiatif mengadakan kumpul bersama. Pada akhirnya di tahun ketiga dari kelulusan, kami sempat berinisiatif mengadakan reunian bersama. Reunian kami biasanya diadakan pada awal-awal minggu hari lebaran, diantara 1 syawal sampai 7 syawal, dimana setiap orang tidak terganggu untuk nantinya apabila ada anak yang sudah mulai sibuk dengan  kerjaan masing-masing.

Reunion pertama, sempat berpikir juga pada saat itu untuk semacam acaranya. Mengingat dalam perkumpulan itu yang terpenting adalah kami dapat bersilaturrahim dan berbincang bersama terkait keadaan masing-masing orang maupun lainnya.

Seperti yang kalian tahu, dimasing-masing daerah mempunyai jarak yang berbeda-beda dari mulai yang berada di tengah maupun yang diujung. Dan memperhatikan teman-teman apabila jaraknya jauh dari tempat reunian cukup menyulitkan, sehingga kami menentukan daerah purwokerto dengan akses yang cukup mudah. Akses mudah itu dapat dilihat dari jarak dekat masing-masing daerah, tempat wisata, dan tempat makan.

Kebetulan juga, hampir sebagian dari kami lokasinya dekat dari Purwokerto. Baik itu asli orang dari daerah itu sendiri maupun yang berkuliah disekitar itu. Tempat yang akhirnya kami pilih pada waktu itu sebagai titik kumpul yaitu Alun-alun Purwokerto. Dimana sebelum kami menentukan tempat selanjutnya menjadi tempat saling berbincang satu sama lain dan tempat yang akan dijadikan untuk beristirahat. Pagi hari diusahakan semua anak sudah pada berada di titik kumpul, dengan selanjutnya ditentukan tempat kumpul yaitu di Tempat Kontrakan Umam salah satu mahasiswa Purwokerto yang dekat dari Alun-alun Purwokerto. Kebetulan teman-teman yang ada dikontrakan ini kondisinya sedang pada mudik ke kampung halaman masing-masing.

Ditempat yang cukup dengan kami yang pada saat itu berjumlah kurang lebih ada 17 orang dengan  kedatangan yang berbeda-beda. Jumlah 17 orang belum termasuk total dari jumlah kami anggota HISBAN alumni angkatan 2012. Jumlah pastinya saya belum pasti, akan tetapi sementara yang sudah terdata sudah ada 30 orang lebih. Walaupun bisa dikatakan tidak banyak, akan tetapi bisa menjadi salah satu kawan yang nantinya dapat menjadi ruang kami untuk bisa saling membantu dan saling berbagi informasi.

Makanan yang dihidangkan pada saat itu bermacam-macam, dari mulai membeli sendiri dekat tempat loaksi maupun ada beberapa teman kami berinisiatif untuk membawa makanan dari rumah sendiri. Acara cukup dengan berkenakan satu sama lain untuk lebih paham akan masing-masing pribadi, sharing satu sama lain, makan bersama dan shalat dhuhur bersama. Tak lupa, sebelum kami melanjutkan perjalanan ke tempat Rumah Annisa sekalian silaturrahhim. Kami menyempatkan untuk foto bersama-sama terlebih dahulu sebagai kenangan.

Mengingat acara kami tidak ada alur yang jelas pada saat itu, sehingga kami memilih berdiskusi untuk melanjutkan perjalanan.Akhirnya kami memilih untuk makan diluar terlebih dahulu.

Usai kami makan, kunjungan berikutnya kami ke tempat rumah asli anak dari Purwokerto. Rumah Annisa lah yang akhirnya menjadi tempat pilihan sebagai tempat kumpul selanjutnya. Saat di Rumah Anisa, kami pun sempat bertemu orangtua dan adik-adiknya yang kebetulan sedang ada dirumah semua. Sempat kami menikmati suguhan makanan ringan maupun berat oleh keluarganya. Sungguh kami sangat berterima kasih pada saat itu, dimana kami diberi kesempatan untuk dapat bersilaturrahmi bersama. Usai dari rumah annisa kami pun berfoto bersama kembali dan pulang kembali ke tempat masing-masing rumah.

Pada reunian kedua pada tahun 2016 atau tepatnya tahun ke-4 lulusan. Namun ditahun ini saya berhalamgan untuk hadir dalam reunian karena ada kegiatan pengabdian di Papua selama 1,5 bulan. Walaupun saya berhalangan hadir, acara reunian pun tetap dilaksanakan di tempat kumpul yang sama dengan tempat reunian pertama. Hanya saja berbeda pada tempat silaturrahmi ke tempat tinggal salah satu orang yang kami kunjungi. Pada saat itu tempat Icha-lah yang akhirnya menjadi tempat salah satu kunjungan kami berikutnya.

Di Tahun ini, tepatnya pada reunian ketiga dengan lulusan tahun kelima Alhamdulillah kami berhasil melaksanakan kembali. Walaupun keadaannya tidak begitu bersemangat dengan acara reunian sebelumnya. Di reunian kali ini, jumlah peserta yang hadir berkurang dari tahun sebelumnya. Bisa jadi, mengingat beberapa kami juga ada yang sudah menikah maupun tingkat kesibukkan tempat meningkat. Tetapi, setiap reunian ada saja hal baru yang dapat kita temui. Salah satunya adalah suasana acara dan tempat yang kami kunjungi.

Acara kali ini tidak hanya kumpul semata untuk saling mencurahkan rasa rindu selama 1 tahun tidak berkumpul. Namun direunian kali ini, kami sempat ada diskusi langsung dengan masalah yang ada dalam disekitar kita dan ditambah dengan acara tahlil. Kemudian di tempat yang kami kunjungi pun kami sempat memilih fi Taman Balai Kemamban Purwokerto.

Jam ngaret atau kondisi anak-anak telat datang pun terjadi lagi pada tiap tahunnya, sehingga memberikan suasana acara harus diundur dalam waktu yang sudah kami tentukan. Seharusnya dengan jam 8 kami dapat memulainya, namun pada saat itu baru sekitar jam setengah 10 lebih kami baru memulainya. Acara pun dibuka oleh Chamid dengan diskusi masalah yang ada disekitar kami,  yang kemudian dilanjutkan dengan Tahlil bersama. Tahlil selesai tepat pada waaktu adzan dhuhur berkumandang, sehingga kami pun langsung melaksanakan shlat dhuhur bersama dengan dilanjutkan foto bersama.

Sempat bingung juga pada akhirnya, kami selalu memilih untuk setiap agenda acara mengkondisikan pada saat waktu reunian itu juga. Ada yang menentukan untuk makan, sowan, renang, karaoke, foto studio  maupun ke tempat salah satu orang. Dari beberapa menit kami berdiskusi, akhirnya kami memutuskan untuk ke tempat makan warung Bakso. Sempat pada saat itu beberapa tempat ada yang masih tutup maupun tempatnya ramai akan pengunjung. Akhirnya kami menemukan warung Bakso Daging Sapi Sensasi Pak Minto. Kami pun langsung menuju ke tempat duduk yang pada saat itu sedang tidak ramai pengunjung. Tempat inilah akhirnya kita dapat mengisi perut dengan lahapnya.

Selang kami makan dan berdiskusi untuk menentukan perjalan selanjutnya, akhirnya kami memilih ke tempat wisata dekat dari sini yaitu Taman Balai Kemambang. Di taman ini kami cukup membayar parkir 2 ribu dan biaya masuk tempat wisata 2.500.

Pintu Masuk Taman Balai Kemambang Purwokerto

Taman Balai kembambang diresmikan oleh bupati Banyumas A. Husein pada tanggal 24 Februari 2014. Dengan tujuan menata kota dan ikut serta dalam program pemerintah Indonesia untuk melindungi, melestarikan, dan melakukan penghijauan di pusat-pusat kota. Taman ini terdapat pohon-pohon yang rindang, rerumputan yang membentang, serta beberapa tempat duduk, dan tempat berteduh, ditambah lagi dengan adanya kolam yang luas, serta beberapa arena bermain, sudah bisa menghilangkan penat.

Puas kami berkeliling dan berfoto-foto, datanglah hujan tiba-tiba bertepatan shalat ashar. Beruntung pada saat itu kami sudah di tempat mushala. Sehingga kami dapat langsung shalat dan istirahat sambil menunggu hujan reda.

Hujan pada saat itu bisa dikatakan cukup lama. Sehingga saya pun memutuskan untuk pulang terlebih dahulu, untuk mengantisipasi saya pulang malam sampai rumah. Dan beberapa diantaranya tetap berada ditempat dan sempat berkumpul bersama di salah satu tempat seseorang.

Lagi-lagi kami sangat bersyujur pada tahun ini reunian tetap berajalan seperti biasanya. Dan tahun depan pun akan tetap berjalan seperti sekarang ini. Walaupun, beberapa diantaranya ada yang sudah mempunyai pasangan jodoh maupun kerjaan yang menjadi kesibukan.