Festival Internasional Di Tainan, Taiwan

Saat Keberangkatan di depan FIB UGM

Hari Selasa, 04 Oktober 2016

Dimana hari ini, saatnya kami bersiap-siap untuk keberangkatan dari Jogja-Jakarta. Pagi harinya kami mengeluarkan barang-barang yang ada didalam ruangan. Pasalnya, pada saat itu ruangan yang kami pinjam akan digunakan untuk kelas. Baru lah sekitar jam 11 siang kami semua diharapkan sudah bisa datang di tempat kumpul, karena akan diadakan briefing kembali sebelum kami naik bus. Tidak lupa, sebelum menunggu semua pada kumpul, kami pun bersama-sama untuk memasukkan barang-barang tim terlebih dahulu dan mencoba untuk mengecek ulang jumlah koper. Dan mengingatkan kembali untuk barang-barang yang harus dibawa.  Untuk berangkat pake baju bebas, ganti baju Polo pas di bandara CKG (sekalian shalat subuh). Di dalam Ransel harus terdapat baju Polo, jilbab hitam, snack+air minum, mukena, tissue, obat2an, makeup, alat mandi mini (<100 mL), botol minum pribadi (optional), alat tulis, charger. Kemudian, didalam Tas kecil harus terdapat paspor, boardingpass, uang NTD, uang Rupiah, tanda pengenal. Tambahan untuk ransel perkap: spanduk untuk foto, bendera.

Teman Praktek Kerja Lapngan(PKL) FAPET UGM

Setealah semua barang-barang masuk dalam bus, kemudian selanjutnya kami melakukan briefing terlebih dahulu. Tak lupa. Kami pun melakukan foto bersama dahulu sebelum berangkat. Tak lain, teman-teman yang datang pun memberikan selamat kepada kami, semoga sukses dalam perjalanan. Tak lupa, beberapa teman PKL(Praktek Kerja Lapangan) ku juga sempat datang. Setelah itu, barulah sekitar jam 2 siang kami naik bus satu persatu. Dan saatnya perjalanan untuk meninggalkan kota Jogja tercinta.

Mengingat perjalanan dari Jogja-Jakarta mnenggunakan bus cukup lama sekitar 12 jam dari jam 14.00 sampai 4 pagi. Sehingga, mau tidak mau sementara kami harus menikmati sambil beristirahat di bis. Dalam perjalanan menuju Jakarta, kami sempat berhenti di ruang makan juga, untuk makan bersama terlebih dahulu. Lumayan lah, itung-itung untuk mengisi perut dan sekalian menunaikan shalat maghrib dan isya terlebih dahulu. Selanjutnya, barulah perjalanan kita lanjutkan kembali.

Tempat duduk di Bus Selama Perjalanan Jogja-Jakarta

Rabu, 05 Oktober 2016

Saat Sampai di BANDARA

Akhirnya pukul 4 pagi kami sampai di Bandara Soekarno Hatta Jakarta juga. Satu persatu dari kami pun turun dan menurunkan barang-barang yang ada di bus. Sambil menurunkan barang-barang, beberapa kami pun mengambil ranjang yang ada dibandara untuk menaruh barang-barang kami agar nanti mudah dibawa saat masuk di bandara. Setelah itu, kami dari divisi transport pun langsung membagi passport dan boarding pass untuk perjalanan kami dari Jakarta menuju Taiwan dengan transit beberapa jam di Hongkong. Mengingat pukul 06.30 kita sudah mulai check in, maka dari itu kami pun langsung masuk ke dalam untuk siap-siap check in dan memasukkan bagasi. Setelah semua check in, barulah penerbangan Jakarta – Taiwan siap berangkat dengan menggunakan Chatay Pasific. Bersyukur sekali, kami dapat menaiki pesawat Chatay Pasific. Dimana salah satu pesawat terbaik dan tempatnya juga sangat luas dan bagus.

Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Pesawat JKT – Taiwan

Tiba di BANDARA Taiwan dan Berfoto dengan LO kami

Sekitar pukul 17.40 kami pun sampai di Bandara Taiwan, sungguh bahagia sekali kami dapat sampai dengan selamat. Ternyata, kami pun sudah dijemput oleh pihak LO kami sendiri yang nantinya akan menemani selama festival di Taiwan. Tak lupa, kami pun mengabadikan momen bersama berfoto dengan LO kami juga. Selanjutnya kami menaiki bus Taiwan untuk perjalanann menuju ketempat Tainan sekitar pukul 19.00 wib. Mengingat tempatnya cukup jauh sekitar 5 jam perjalanan. Sehingga, sekitar pukul 12 malam kami baru sampai ditempat lokasi.

Sampailah dimana kami di Hotel yang sudah disediakan oleh pihak panitia. Hotel ini merupakan salah satu fasilitas penginapan dari pihak panitia kepada masing-masing tim. Setelah kami masuk kedalam, tak lupa setiap masing-masing kamar hanya cukup 2 orang. Sehingga, perlu adanya pembagian kamar terlebih dahulu. Kebetulan, saya satu kamar dengan Tomo. Didalam kamar hotel kami sunggul luar biasa bagus, dimana didalamnya terdapat kamar sendiri, ada televisi, kulkas, kamar mandi yang lengkap, disediakan alat pemanas air, dan minumaan the dan kopi apabila haus. Pokoknya, mantap lah berada di hotel ini. Terlebih lagi, di hotel ini juga disediakan wifi gratis. Sebelum tidur, tidak lupa kami harus menata barang-barang terlebih dahulu. Agar besoknya, kita juga bisa pergi ke luar untuk menikmati udara di Tainan ini.

Kamis, 06 Oktober 2016

Santap Makanan

Dipagi harinya, setelah kami menikmati kenyamanan istirahat dalam Hotel. Tiba-tiba ada info bahwa ada makan di hotel di waktu pagi antara jam 7 sampai 9 pagi. Apabila kita makan melebihi jam itu, maka ruang tempat makan akan ditutup. Mengingat, setiap harinya dihotel hanya disediakan makan pada pagi saja.

Makan pagi

Tahukah kalian, bahwa makanan yang ada di Hotel ini sangat beraneka ragam. Dimana kami dapat memilih berbagai macam makanan, mulai dari nasi, ayam, es krim, susu, teh, jeruk, sayur, nugget, roti, dan makanan lainnya. Tapi ingat loh, di Taiwan merupakan Negara yang islamnya minoritas. Dan cenderung mereka lebih suka makan babi, sehingga kita perlu berhati-hati dalam hal makanan. Bersyukurnya, kami mempunyai LO yang baik hati, sehingga ditempat makan kami pun diberi keterangan bahwa makanan itu mengandung babi. Saat kita berada di tempat makan, ternyata ada tim dari Negara lain juga yang ternyata berada dalam satu hotel bersama kami.

Karena hari pertama kami sampai di Taiwan ini masih free. Sehingga kami pun kembali menuju kamar masing-masing. Dan tanpa malunya, beberapa dari kami pun membawa makanan dan minuman ke dalam kamar dengan tujuan untuk cemilan. Walaupun hari ini tidak ada penampilan, akan tetapi latihan pun akan tetap ada. Akan tetapi, untuk latihan kali ini masih dijadwalkan siang hari. Sehingga, beberapa dari kami menyempatkan waktu untuk berjalan-jalan keluar terlebih dahulu. Aku dan beberapa teman lain pun menyempatkan keluar dengan memakai sepeda. Selanjutnya, kami mencoba berkeliling dengan menyusuri jalan dengan tidak jauh dari hotel kami. Barulah setelah itu, kami pun kembali ke hotel untuk siap-siap latihan.

Berikutnya pada siang hari kami latihan nari hingga sore hari. Di informasikan oleh pihak panitia, bahwasanya kami di undang untuk menghadiri acara makan. Sehingga, kami pun langsung siap-siap untuk menuju tempat lokasi.

Foto Bersama Pertama di Hotel

Sesampainya ditempat lokasi, kami merasa takjub dengan tempat yang disediakan. Tempatnya berasa hanya untuk orang yang mempunyai uang banyak. Tapi karena kami undangan, sehingga kami pun dapat menikmati dengan lahapnya. Setelah itu barulah kami kembali ke hotel dan beristirahat.

Undangan Makan Bersama

Jumat, 07 Oktober 2016

Hidangan Makanan

Tak lupa dipagi harinya kami harus siap-siap menuju ruang makan untuk menikmati makan pagi, agar kita tidak ketinggalan. Mengingat hari ini ada kegiatan Press conference di Xingying Cultural Center sekitar pukul 10.30. Sehingga, pada pukul 9 pagi kami harus berkumpul di ruang utama untuk keberangkatan nantinya. Diruang utama dengan di temani LO, kami pun langsung melaksanakan untuk briefing dengan kegiatan yang nantinya akan kami lakukan.

Santap Makanan

Selanjutnya, bus pus pun sudah siap menunggu kami. Kami pun langsung menuju ke tempat lokasi. Didalam bus yang berisi sekitar 30 orang, sehingga sangat cukup untuk kami. Ditambah lagi dengan fasilitas televisi yang ada, menambah kami sangat semangat untuk menonton film selama perjalanan.

Setelah sampai di tempat, tak lupa kami berfoto di depan hall nya. Dan selanjutnya kami masuk kedalam untuk mengikuti jalnnya press conference. Acara kali ini, semacam pembukaan dari pihak panitia pelaksana dengan setiap masing-masing tim untuk menghasiri acarnya. Karena acara ini sangat besar, hingga media manapun meliput program ini. Acara ini pun disambut oleh presidennya Tainan, Taiwan. Kami cukup senang sekali, berasa kami orang penting yang diundang di Acara besar ini. Lain halnya itu, Mayor kota Tainan juga memberikan hadiah lokal (semacam souvenir lokal) kepada perwakilan setiap grup. Kurang lebih sekitar 2 jam acara selesai, dengan acara yang dibuka dengan penampilan dan diakhiri dengan foto masing-masing setiap Negara.

Berfoto masing-maisng Tim

Setelah acara selesai, kami ada meeting terlebih dahulu. Meeting ini akan membahas terkait jadwal tampil yang akan dilaksanakan pada hari selanjutnya. Di sore harinya, kami ada latihan flashmob. Usai latihan, kami pun istirahat dan bersiap-siap untuk melaksanakan acara welcome party.

Sekitar pukul 19.00 kami pun langsung berangkat dari hotel untuk menuju acara welcome party. Sempat tak terbayangkan oleh kami, bahwa acaranya sungguh meriah dengan dikelilingi beraneka macam makanan dan minuman. Ditambah lagi dengan diiringi musik yang membawa kami semangat untuk menikmati acara ini. Pengalaman yang menyenangkan bagi kami dapat merasakan acara yang luar biasa ini.

Video Welcome Party : Video 1, Video 2, Video 3Video 4, Video 5, Video 6

Sabtu, 08 Oktober 2016

Seperti biasanya di pagi harinya kami menyantap makanan yang sudah di sediakan oleh hotel.

Makan Pagi

Mengingat pagi ini kami akan mengadakan gladi buat acara opening ceremony, sehingga setelah makan kami langsung bersiap-siap untuk mandi dan langsung menuju ke bawah untuk melaksanakan briefing terlebih dahulu. Mengingat tidak hanya penampilan opening ceremony, namun di siang harinya akan diadakan parade juga. Usai briefing, kami pun langsung menuju ke tempat lokasi untuk gladi bersih.

Sesampainya ditempat, kami pun langsung melaksanakan gladi bersih. Dari mulai cek sound, atur barisan dan mengingat area mana kami akan bergerak. Berikutnya dilanjutkan makan siang bersama para peserta lainnnya. Berikutnya kami shalat dhuhur terlebih dahulu. Mengingat sebentar lagi kami akan melaksanakan parade, akhirnya kami pun bersiap-siap untuk dan memakai baju yang telah disiapkan. Namun pada saat itu, kondisinya sedang hujan, sehingga parade kali ini ditiadakan. Untuk pengganti acara parade akan diinfokan lebih lanjut. Sehingga, kami memilih tetap berada dirungan hingga saatnya malam nantinya kami menampilkan di acara opening ceremony.

Sebelum Penampilan Menuju Panggung

Pukul 19.30 dimana kami harus bersiap-siap menuju lokasi acara di The Nan Ying Center Hall. Penonton pun sudah sangat rame didepan lokasi, bahkan mereka bersorak-sorak rame dengan memberikan seamangat dan selamat kepada kami. Kami pun sempat gugup ketika acara sudah mulai, dengan masing-masing tim pun dipanggil satu persatu untuk maju ke atas panggung. Sekarang giliran kami untuk menuju panggung, di backstage kami diberi kesempatan untuk briefing kembali dan melakukan doa agar sukses selama di panggung nanti. Bismillah, semoga kali ini sukses penampilannya.

Akhirnya nama rampoe ugm pun dipanggil. Pemusik dan syehi pun langsung naik keatas panggung. Dengan suara penyanyi dimulai, satu persatu penari pun mulai maju ke depan dengan menarikan tarian Tari Tarek Pukat yang dimainkan oleh Kolaborasi Putra dan Putri. Dan pada saatnya acara ini selesai, tepuk tangan penonton sungguh luar biasa terdengar di telinga kami. Sungguh bahagia dengan penampilan pertama kami, pasalnya bisa dikatakan bahwa penonton pun  terhibur dengan apa yang kita tampilkan.

link Penampilan :

Rampoe UGM – Nan Ying International Folklore Festival 2016 (Ratoeh Pukat)

Penampilan Tarian Aceh di Taiwan

VID_20161008第5個節目是印尼的浪波UGM舞團的精彩表演_南瀛國際民俗藝術節開幕的精彩表演(在台南新營文化中心)_205908.3gp

Setelah itu, kami kembali ke Hotel untuk istirahat dan evaluasi dari penampilan pertama kami. Namun, kurang lebih sampai jam 10 malam kami latihan terlebih dahulu untuk penampilan besok hari. Tanpa lupa, kami selalu ditemani kopi dan teh untuk memeberikan nyaman saat latihan. Sedikit informasi saja, bahwa di Hotel ini, selalu disediakan minuman the dan kopi yang dapat kami ambil sendiri diruangan bawah maupun di dalam kamar hotel kita sendiri. Tak lupa sebelum tidur, kadang perut kami lapar kembali dan kami tidak sempat untuk keluar Hotel. Alhasil makan mie instan lah yang dapat kami makan di setiap malam harinya.

Minggu, 09 Oktober 2016

Santap roti

Dengan bahagia saat penampilan pertama kami sukses, kami pun sempat membicarakan lagi saat pada makan pagi seperti biasa. Intinya untuk penampilan selanjutnya juga harus bisa memberikan yang terbaik. Mengingat kegiatan hari ini ada Friendship Family sekitar pukul 11 siang. Sehingga, kami mempunyai kesempatan untuk kembali ke kamar. Berhubung di Hotel ini disediakan tempat mencuci pakaian dan Gym. Akhirnya, beberapa dari kami ada yang menyempatkan waktu untuk mencuci pakan dan ada juga melakukan olahraga pagi. Kalau bagi saya sendiri, lebih suka untuk menyempatkan waktu untuk nge-Gym terlebih dahulu.

Nge-Gym

Waktu menunjukan sekitar pukul 10 pagi, dimana kami harus siap-siap untuk mengikuti kegiatan local life di Jiali District/ Zhangzhou Community. Untuk Local life pertama ini, kami disuguhi beberapa penampilan-penampilan tari khas Taiwan. Kami pun juga sempat mencoba belajar tarian mereka. Di akhir sesi kami sempat makan bersama dan foto bersama. Kurang lebih dari pukul 11 siang sampai jam 3 sore selesai local life.

Link Video Saat Kunjungan : Video 1, Video 2, Video 3, Video 4, 

Video 5, Video 6, Video 7, Video 8, Video 9, Video 10

Selanjutnya, kami melanjutkan perjalanan ke tempat penampilan kedua dengan menampilkan Tari Rapai Geleng di Jiangjyun District dengan beberapa tim dari Slovakia, Russia, Japan. Sebenarnya, acara kami baru dimulai pada malam hari. Akan tetapi, kami harus mempersiapkan segala sesuatunya dulu dan sekaligus ada gladi bersih juga. Cukup gugup juga pada malam itu saat mau naik di panggung, pasalnya di hari itu merupakan pengalaman pertama saya menjadi syeh. Tapi saya optimis akan apapun yang terjadi, pasti saya dapat melakukannya. Rasanya sanagt lega ketika penampilan itu selesai. Dan penonton pun terhibur dengan penampilan kami kali ini.

Selanjunya kami kembali ketempat Hotel untuk evaluasi dan Istirahat.

Link Penampilan : Rampoe UGM – Nan Ying International Folklore Festival 2016 (Rapa’i Geleng)

Senin, 10 oktober 2016

Es Krim

pagi hari ini akan ada acara Flag raising ceremony (National Day) atau bisa dikatkan Hari Ulang Tahun Taiwan di Tainan City Government, sehingga kami sangat buru-buru untuk makan dengan cepat. Kali ini kami memakai pakaian batik semua, karena tidak ada peraturan pakaian yang akan kita pakai dan yang penting sopan. Seperti biasa, bus yang selalu mengantar kami sudah siap didepan Hotel. Kami pun lekas keluar Hotel dan menuju Lokasi yang di tuju.

Di perayaan HUT Taiwan kali ini, juga mengundang presidennya Taiwan Juga. Sehingga media TV pun tak lekang untuk meliput acara ini. Sempat kami pun masuk dalam salah satu media Televisi di taiwan. Lain halnya itu, pada saat upacara kami pun diberi bendera taiwan sebagai tanda hari kebangkitan mereka. Setelah itu, kami pun kembali ke Hotel untuk siap-siap kembali di acara Local Life.

Link Video Kunjungan : Video 1

Sekitar pukul 11 kami ditempat Local Life yang kedua dalam acara Friendhsip family di Gueiren District/ Datan District. Dimana local life yang kedua ini, kami berkesempatan untuk berkunjung di Sekolah Dasar yang ada di taiwan. Ketika kami sampai ditempat lokasi, kami pun di sambut dengan beberapa penampilan tarian yang di tampilkan. Selanjunya barulah kami masuk ke dalam ruangan kelas yang sudah disiapkan.

Dan di ruang kelas ini, kami diajarkan menulis kaligrafi china dengan beberapa pengajar yang mengajari kami. cukup senang pastinya, walaupun kami hanya belajar beberapa huruf. Tapi, justru kami diberi kenang-kenangan atas tulisan yang kami buat.

Usai menulis, kami dipersilahkan untuk makan bersama dengan makanan khas taiwan pastinya. Selanjutnya kami berfoto bersama dan kembali menuju ke Hotel. Malam ini, kami pun akan ada penampilan di MainStage dengan menampilkan tarian Ratoeh jaroe, sehingga semua anak putri harus bisa mempersiapkan diri. Untuk putra sendiri tetap harus mengikuti acara ini, dimana nantinya ada yang menjaga tempat pameran yang disediakan oleh panitia NYIFF dan ada juga yang menjadi pengiring dalam tour performance.

Saat Jaga Stand

Sekitar habis ashar kami berangkat dari Hotel, mengingat perjalanan untuk sampai ditempat cukup jauh. Sehingga, kami harus sampai ditempat lebih awal. Sesampainya ditempat, bagi yang putri ada gladi resik terlebih dahulu dan untuk putra ada yang menata barang-barang untuk dijual. Sekitar habis isya, kami pun langsung menuju ke tempat penampilan. Pasalnya acara akan dimulai sebentar lagi. Penampilan dari masing-masing tim memang sungguh luar biasa, tak jauh hebat juga dengan penampilan dar tim kami. Penampilan kami kali ini bersama dengan tim  Japan, Israel, dan Philippines

Setelah selesai penampilan di The Nan Ying Green Park/Main Stage, kami pun kembali ke Hotel untuk beristirahat. Dan sepertinya esok hari akan ada jalan-jalan, mengingat besok tidak ada agenda sekalipun. Sehingga, malam ini kami bisa beristirahat dengan nyaman.

Link Penampilan : Rampoe UGM – Nan Ying International Folklore Festival 2016 (Ratoeh Jaroe)

Selasa, 11 Oktober 2016

Pagi hari seperti biasa makan pagi sudah kita santap.

Makan Pagi

Berikutnya, kami hari ini akan ada jalan-jalan di beberapa tempat wisata yang ada di taiwan.

Dan pada malam harinya kami ada latihan kembali

Rabu, 12 Oktober 2016

Makan Pagi

Makan pagi sudah kami lahap, selanjutnya dilanjutkan perjalanan menuju Yongkang District untuk mengikuti acara Friendship School. Local Life kali ini, kami berkunjung ke salah satu universitas di taiwan yaitu Southern Taiwan Univeristy of Science and Technology.

Di kungjungan kali ini, setiap masing-masing kami diberi kesempatan untuk sharing bersama salah satu mahasiswa di taiwan ini. Selanjutnya, ada penampilan-penampilan yang ditampilkan  oleh akmi dan mereka juga. Karena, kebetulan pada malam ini kami akan menampilkan tarian Tari Rapai Geleng. Sehingga, kami pun menampilkan Tari rapai Geleng Kami. Selanjutnya kami makan bersama dan befoto bersama.

_

Link Penampilan : Performance Rapai Geleng Dance Rampoe UGM NYIFF 2016 (12/10)

Penampilan lainnya : Video 1, Video 2, Video 3, Video 4, Video 5

Usai dari sini, kami pun melanjutkan perjalanan ke tempat tour performance kami di East District bersama dari tim Japan, Slovakia, Israel. sesampainya di sore hari, kami pun berberes-beres barang yang sudah disediakan tempatnya dan berikutnya melakukan galdi bersih.

Ketika, waktu menjelang maghrib kami pun dipersilahkan untuk makan terlebih dahulu. Barulah selanjutnya, kami menampilkan tarian kami.

Saat Penampilan di Panggung

Kamis, 13 Oktober 2016

Makan pagi hari seperti biasa, dilanjutkan dengan Friendship School di Yongkang District/ Dawan Elementary School.

Makan Pagi

Local life kali ini kami ke tempat anak-anak TK dan SD yang ada di taiwan. Tempat ini berbeda dengan SD yang sebelumnya. Dimana kali ini, anak-anaknya lebih imut dan menggemaskan. Selain itu, kami juga berkesempatan untuk bertemu dengan guru yang berasal dari Indonesia. Selanjutnya kami makan dan foto bersama.

Link Video Saat Kunjungan : Video 1, Video 2,

Perjalanan selanjutnya kami ada penampilan kembali yaitu Ratoeh Pukat di Baihe District dengan bersama dari Negara Israel, Turkey, Russia.

Link Penampilan : Rampoe UGM – Nan Ying International Folklore Festival 2016 (Ratoeh Pukat)

Jumat, 14 Oktober 2016

Seperti biasa makan di pagi hari, kemudian dilanjutkan dengan Friendship School kembali di Xingying District.

Makan Pagi

Di local life kali ini kami diajak ketempat salah satu SD di Taiwan yang bernama Hsing-Tai Elementary School.

Link Video Saat Kunjungan : Performance, Video 1, Video 2, Video 3, Video 4, Video 5,

Kalau sebelumnya, kami diajarkan tulisan kaligrafi china bersama guru langsung. Akan tetapi, kali ini kami langsung didampingi oleh siswa-siswi kelas 5 dan 6 SD. Setelah itu, kami makan dan berfoto bersama.

Link Video saat Di Kelas : Video 1, Video 2, Video 3,

Sesampainya di tempat penampilan di Shanhua District bersama dari Negara Taiwan, Bulgaria, Italy, karena hari ini merupakan hari jumat dan di Taiwan kami tidak menemukan masjid. Sehingga kami mencoba cari tempat di sekeliling yang dapat kami laksanakan untuk shalat Jumat. Setelah kami menemukan tempatnya, ternyata tidak hanya kami yang menunaikan shalat jumat. Melainkan beberapa dari Negara lain yang muslim pun ikut, seperti dari Turki dan Ghana.

Usai shalat, kami pun siap-siap untuk makan sore terlebih dahulu. Baru lah kami menampilkan tarian. Dan pulang.

link Penampilan : Rampoe UGM – Nan Ying International Folklore Festival 2016 (Rapa’i Ratoeh Pukat)

Sabtu, 15 Oktober 2016

Seperti biasa makan di pagi hari, kemudian dilanjutkan dengan friendship family di Xigang District/ Gangdong Community.

Makan Pagi

Di local life kali ini kami diajak ketempat Ibadah yang ada Taiwan itu sendiri. dimana, ditempat ini kami diberi penjelasan terkait ornamen-ornamen yang ada disini dengan berbagai macam gambar yang ada. Selanjutnya kami makan bersama kembali dan berfoto besama. Dan berikutnya melanjutkan tempat penampilan.

Video saat Kunjungan : Video 1, Video 2,

Untuk penampilan kali ini, berbeda dengan penampilan sebelumnya. Dimana kali ini, kami dikejar-kejar waktu dengan 2 penampilan. Pada penampilan pertama kami di Beimen District dengan menampilkan tarian Tari Ratoeh Pukat dengan bersama dari Negara Taiwan, Mexico, Czech. Dan pada penampilan kedua kami ada 2 penampilan di The Nan Ying Green Park/Main Stage, dengan penampilan pertama Tarian Tari Rapai Geleng dan yang kedua Tari Ratoeh Pukat dengan bersama dari Negara Taiwan, Poland, Korea, Russia. Bersyukur, walaupun kami harus dikejar-kejar waktu. Tapi akhirnya kami dapat menampilkan yang terbaik.

Minggu, 16 Oktober 2016.

Hari ini hari cukup yang menyedihkan bagi sebenarnya. Hari ini merupakan hari terakhir kami di Tainan dan akan diadakan acara perpisahan pada malam ini. Hari ini dijadwal sebenarnya, akan diadakan local life, namun karena sebelumnya acara parade tidak jadi diadakan karena hujan. Sehingga, acara parade diganti pada siang damapi sore hari ini. Kami pun mulai bersiap-siap lagi menuju bus untuk siap ke lokasi tempat parade di Xinying District.

Pakaian kostum kami pun sudah dikenakan, ada yang memakai kostum daerah dan ada juga yang memakai pakaian penari. Untuk parade ini berlokasi di sepanjang jalan di Tainan. Bisa dikatakan, acara seperti ini kalau di Indonesia seperti halnya karnaval. Luar biasanya semua orang pun melihat kedatangan kami dengan memberikan tepuk tangan dan sorak semangat yang meriah.

Usai dari selesai parade, kami langsung ke tempat penampilan terakhir di Festival NYIFF ini. Tim kami kebetulan hanya sebagai penonton saja, sehingga kami cukup melihat penampilan-penampilan dari Negara lain.

Setelah selesai, masih ada acara terakhir yaitu farewell party. Di Farawel party membuat kami semangat kembali. Walaupun hari ini acaranya cukup padat, tapi di farawel ini kita banyak berpesta ria. Sedih pokonya pada malam ini, dimana esok hari kami sudah harus kembali ke Negara masing-masing.

Berfoto Bersama saat Farawell Party

Usai farewell party, kami pun langsung kembali ke Hotel untuk mengemasi barang-barang kami. Pasalnya, besok kami harus sudah pergi dari Hotel. Walaupun badan terasa lelah, mau tidak mau barang harus sudah selesai dikemas untuk esok hari. Dan esok hari kami tidak langsung kembali ke Indonesia, namun kami akan berekreasi menuju ke tempat Taipei. Dimana, di Taipei ini salah satu tempat yang mempunyai banyak wisata yang bagus dan tempat belanja yang murah.

Sampai jumpa di Taipei, Taiwan.

Link Liputan Dokumentasi NYIFF 2016 :

[TRAILER] RAMPOE一起跳舞 : A Documentary in Nan Ying International Folklore Festival 2016

FULL DOKUMENTASI RAMPOE 一起跳舞 (RAMPOE – Dancing Together)