Mewakili Indonesia dalam Diplomasi Budaya ke Tainan, Taiwan

Rampoe UGM goes to Nan Ying International Folklore Festival 2016

Setiap negara di dunia sudah semestinya membangun dasar dan batas jaringan nonsekuritas dalam hal mempertahankan identitas bangsanya masing-masing. Identitas bangsa tersebut terdapat dalam kebudayaan yang mencakup berbagai aspek kebangsaan yang menjadi jati diri suatu negara.

Dalam aspek hubungan internasional, budaya dianggap memiliki kekuatan baru yang terbukti mampu mengurangi intensitas kekuatan militer pasca perang dingin. Diplomasi budaya adalah salah satu bentuk soft diplomacy yang sangat cocok dilakukan karena keunggulan budaya yang dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat dari berbagai macam kalangan.

Melihat urgensi tersebut, maka Rampoe Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai salah satu komunitas penggiat kesenian Indonesia berusaha memainkan perannya sebagai putra putri pertiwi yang mencintai identitas bangsa untuk mengekspansikan budaya Indonesia dalam skala besar, yakni dengan keikutsertaan Rampoe UGM ke Nan Ying International Folklore Festival di kota Tainan, Taiwan sebagai bentuk misi Diplomasi Budaya melalui Duta Seni Mahasiswa

Keikutsertaan mengikuti Diplomasi kali ini, dengan tujuan : untuk mendukung Program Kepariwisataan Pemerintah Indonesia dalam Wonderful Indonesia, memperkenalkan kebudayaan dan kesenian Indonesia ke kancah Internasional, Mempererat hubungan multilateral antara Indonesia dan negara-negara dunia, khususnya Asia Timur melalui diplomasi budaya, dan menjalankan misi diplomasi budaya melalui duta seni mahasiswa sebagai wujud mempertahankan identitas bangsa.

Festival Nan Ying International Folklore Festival(NYIFF) ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1996 atas kerjasama dengan Council for Cultural Affairs (CCA), salah satu nama instansi pemerintah di bidang kebudayaan yang ada di Taiwan. Festival ini merupakan salah satu pionir yang menggelar event besar Internasional di Taiwan. Nan Ying International Folklore Festival memberikan kesempatan kepada seluruh partisipan dari berbagai macam negara di dunia untuk memperkenalkan kesenian dan kebudayaan suatu bangsa melalui parade, pasar tradisional, serta berbagai pertunjukan tari di hadapan lebih dari 2.000 orang penonton dan komunitas lansia yang ada di Taiwan serta kunjungan ke sekolah-sekolah sebagai bagian dari program pendidikan kebudayaan. Selama sembilan hari, orang-orang dari budaya, agama, dan latar belakang sosial yang berbeda bertemu, berbagi, dan menjalin persahabatan baik ke sesama seniman maupun penduduk lokal dengan sistem keluarga angkat.

Pada tahun 2016 lalu, festival NYIFF diadakan pada tanggal 7-16 oktober 2016 di Tainan City, Taiwan. Bersyukur kami diberi kesempatan untuk dapat mewakili dari Negara Indonesia, yang mana sebelumnya kami mengikuti proses seleksi antar negara juga. Hingga dipilihlah sekitar 30 Komunitas Tari di Seluruh Negara.

Negara Lokal (Taiwan)

Negara Internasional