Buka Puasa Bersama Di Jogja, Lagi dan Lagi

Usai Makan di D’Cost Jogja City Mall, Yogyakarta

Hidup di jogja memang sangat berkesan sekali bagi saya, dari mulai fasiitas pendidikan, pengembangan skill, tempat wisata, tempat belanja, hingga kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh komunitas tertentu. Dari situlah, sebagai mahasiswa pastilah akan ada kenikmatan tersendiri dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. Terlebih lagi, pada saat bulan Ramadhan ini pun tidak kalah juga akan kegiatan-kegiatan yang diadakan, beberapa diantaranya seperti ceramah menjelang buka puasa hingga adanya Takjil disetiap semua masjid dijogja. Bagi anak kos, cenderung pasti tidak mau ketinggalan untuk menikmati adanya Takjil gratis itu dikala Bulan Ramadhan. Begitupun saya, adakalnya berbuka puasa dimasjid tertentu dengan adanya takjil gratis, adakalanya Buka puasa bersama di tempat makan dengan kawan-kawan berbagai komunitas maupun teman kegiatan.

Dicerita sebelumnya, saya pernah menceritakan buka bersama dijogja dengan kawan-kawan satu oragnisasi. Kali ini berbeda lagi, dimana saya dapat berkesempatan berbuka puasa bersama dengan teman-teman satu tempat PKL(Praktek Kerja Lapangan) di Baturraden, Banyumas dan teman-teman dari KKN(Kuliah Kerja Nyata) di Papua. Sebenarnya kalau buka bersama di Masjid lebih enak sih, dimana kita dapat menikmatinya dengan gratis. Tapi, apabila berbuka puasa di tempat makan atau di salah satu rumah kawan pastilah ada uang yang harus dikeluarkan. Lagi-lagi memang keduanya itu mempunyai tujuan yang berbeda, tinggal bagaimana kita mau menyikapi akan buka bersama itu. Bagi saya sendiri, mencobalah sesekali buka bersama dengan kawan organisasi maupun teman kegiatan kuliah, dimana kita akan merasakan kekeluargaan yang mungkin beberapa udah sempat tidak bertemu selama beberapa bulan. Maupun dari pertemuan itu nantinya justru akan dapat menyambung silaturrahim antar sesama.

Sabtu kemarin(10/06), bersyukur saya dapat berkesempatan berkumpul dengan teman-teman PKL UGM. Dimana beberapa anak yang sudah wisuda bahkan ada yang sudah mendapatkan pekerjaan, beberapa lainnya ada yang sedang berproses menuju wisuda. Buka puasa bersama ini, dapat kitakan pertama kalinya kami adakan. Pasalnya, pada Tahun kemarin beberapa diantara kami ada yang menjalankan Kuliah Kerja Nyata(KKN) pada saat bulan puasa. Dengan jumlah 8 orang, bersyukur kami dapat berkumpul komplit di salah satu tempat makan D’cost Jogja City Mall. Pastilah tidak hanya sekedar makan, akan tetapi setiap masing-masing orang dapat berbagi pengalaman tentang perjalanan hidup sebelumnya baik itu yang sudah dapat pekerjaan maupun yang sedang dalam proses menuju wisuda.

Berfoto Bersama di D’Cost Jogja City Mall

Kini berbeda lagi dengan buka puasa bersama kali ini, dimana jumlah orang yang lebih banyak lagi yaitu 25 orang dari teman-teman KKN(Kuliah Kerja Nyata) UGM. Namun dari 25 orang, hanya 13 orang yang dapat mengikuti buka bersama ini. Kemudian, untuk tempat buka puasa bersama ini kami memilih bertempat di salah satu rumah yang ada di Jogja. Bersyukurlah, karena beberapa dari kami juga dari Jogja. Sehingga cukup mudah untuk menentukan tempat yang akan di jadikan tempat buka puasa bersama. Masalah perbincangan tidak jauh beda, hal yang biasa dibicarakan pasti tidak jauh berbeda dari menanyakan kabar hingga keadaan proses akademik yang sedang dijalani. Mengingat, hampir sebagian dari anaknya berada pada tingkat akhir. Sehingga, tak lain hal yang paling ditanyakan adalah seputar kabar skripsi. momen terakhir, tidak ketinggalan untuk mengabadikan momen dengan cara berfoto bersama.

Saat akan Makan Bersama Teman-teman KKN

Berharap, kumpul kali ini bukan menjadi pertemuan terakhir kita. Melainkan, nantinya aka nada kesempatan pertemuan kalian. Bahkan mungkin, nantinya akan ada saatnya dari masing-masing kita yang sudah siap untuk menikah. Tapi yang terpenting, komunikasi tetap terjaga walaupun hanya melalui media chatting seperti line. Dan sekali lagi, saya sangat berterimakasih kepada semua yang telah meluangkan kesempatan waktunya untuk dapat berkumpul bersama-sama.