Dahsyatnya “NGEUREUYEUH”

Doc.Pribadi

Apakah anda paham dengan Arti “Ngeureuyeuh” itu?

Bagaimana Anda merasakan ketika berada pada saat mengalami “Ngeureuyeuh” ini?

Bagi orang sunda pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata ini. Sebaliknya, kalau anak sunda tidak tahu bahasa ini berarti perlu dipertanyakan terkait kemampuan bahasa sundanya. Saya sebagai orang jawa, pastinya akan dapat dimaklumi apabila tidak paham karena dalam kamus bahasa jawa Kami tidak ada kosakata “Ngeureuyeuh”. Namun sebagai orang Jawa, saya tertarik dengan bahasa ini, dimana bahasa yang asing didengar tetapi mengandung arti yang luar biasa. Kebetulan materi “Ngeureuyeuh” ini pernah saya dapatkan ketika saya berada dibangku kelas 3 Emercy Al Hikmah 2 dan diampu oleh Guru Motivasi kami yaitu Ustad fauzan. Notabenenya dikelas kami yang sebagain besar dari orang jawa pastilah akan merasa bingung dengan hal itu. Maka dari itu, kami perlu dipahamkan terlebih dahulu dari arti kata itu dan dengan dikaitkan contohnya selama sehari-hari.

Semisal saja, ketika kejadian itu terjadi pada saat waktu kita masih kecil. Dimana pada saat dalam keadaan siang hari itu kita sedang berjalan kaki bersama ibu untuk perjalanan dari pasar hingga tiba di Rumah. Namun, selama perjalanan kita akan merasa kepanasan dan merasa letih. Dari rasa itu, pastilah sebagai seorang anak yang bisa dikatakan saat itu berumur setara dengan anak Sekolah dasar ingin secepatnya sampai ditempat dan langsung bisa beristirahat. Akan tetapi karena tempat yang dituju sudah lumayan dekat, maka sang ibu terus mencoba meyakinkan dan mengatakan kepada anaknya untuk tetap berjalan terus hinga tempat yang dituju semakin dekat. Dari situlah, sang anak terus semangat untuk mencapai tempat yang dituju.

Berbeda lagi dengan cerita ini, ketika kita sedang dalam perjalanan pulang menuju rumah baik itu dari perjalanan ke luar negeri maupun daerah. Semisal, saya yang berada di Jogja ingin pulang ke kampung halaman di Purbalingga. Pastilah harus melewati beberapa kabupaten terlebih dahulu, seperti dari mulai yogyakarta, purworejo, kebumen, banyumas, purwokerto, barulah nanti akan sampailah pada dimana saya berada di kampung halaman yaitu Purbalingga. Rasa semangat diawal ketika berpergian itu memang wajar bagi setiap orang, karena akan merasakan suasana kampung halaman. Selang waktu ketika berada di tengah perjalanan, rasa itu berubah menjadi rasa lelah dan kurang semangat dengan perjalana yang masih cukup jauh. Pada saat itulah, adakalnya momen rasa “Ngeureuyeuh” akan sangat pantas untuk kita rasakan, dimana kita terus melanjutkan perjalanannya tahap demi tahap, namun beberapa orang memlilih untuk beristirahat. Disitulah, dengan berat-beratnya rasa perjalanan yang mungkin  kita tidak sanggup untuk melaluinya. Tapi kita tetap berusaha dengan jiwa semangat pasti akan bisa sampai. Sehingga “Ngeureuyeuh” ini tidak akan se-dahsyat yang akan kita rasakan, apabila kita berada pada saat tujuan yang kita inginkan kita itu sudah sampai.

Cerita lainnnya, mungkin pada saat kita belajar dari mulai Sekolah Dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Adakalanya, kita akan merasakan rasa semangat awal pada saat mulai pertama belajar. Dimana momen awal merupakan awal yang baik untuk kita bisa menikmati segala sesuatu yang ada dalam lingkungan belajar itu. Pada momen awal juga yang masih dalam tahap dasar, belum terasa melelahkan susahnya. Begitupun, pada saat sudah diujung akhir, rasa semangat itu pun kembali karena sebentar lagi kita akan menhadapi ujian akhir. Dimana pada saat itulah semua akan terasa selesai.

Berbeda lagi, ketika kita berada diposisi pertengahan studi. Dimana rasa melelahkan dan membosankan akan kita rasakan, berasa hasrat hidup untuk semangat mulai berkurang. Pada saat inilah, dimana “Ngeureuyeuh” bisa kita rasakan. Segala sesuatunya, kita akan terus berusaha melalui jalan itu, walaupun jalannya cukup sulit kita lalui. Dimana beberapa teman mulai tidak semangat, justru semangat itu kita terus tumbuh dan tumbuh. Hingga puncak itu bisa kita dapatkan dengan hasil yang baik.

Di Jawa Barat ada sebuah pepatah, ‘alon-alon asal kalakon ngeureuyeuh bari jeung nikreuh lila-lila gunung ge bakal aya sahandapeun mumuncangan’. Artinya, ketika kita akan mendaki sebuah gunung maka janganlah hanya memandang ke puncak gunung dengan nafas sesak dan menganggapnya mustahil sampai ke puncak. Namun pastikan ada langkah-langkah kecil walaupun pelan asal berkualitas. Dengan langkah-langkah kecil tersebut akan membawa kita ke ketinggian puncak dan membuat gunung berada di bawah telapak kaki kita.

Kalau melihat arti “Ngeureuyeuh” dalam arti pepatah dan contoh diatas, menjelaskan bahwa “Ngeureuyeuh” itu berarti kita diharuskan untuk terus melakukan sesuatu walaupun keadaan yang kita alami didepan berasa cukup sulit dan melelahkan. Ditambah lagi yang kita dapatkan itu belum tentu sesuai apa yang akan kita inginkan. Maka dari itu, ada seseuatu yang dapat diperkerjakan dengan “Ngeureuyeuh” ini. Dimana ada sesuatu yang tidak bisa kita kerjakan maupun kita lakukan dengan otot atau otak, tetapi justu dengan “Ngeureuyeuh” ini bisa kita lakukan.

Salah satu contoh “Ngeureuyeuh” yang bisa dibuktikan dengan dahsyatnya dengan bisa menghasilkan sesuatu, seperti halnya ketika seseorang ibubiasanya melakukan pekerjaan menjahit pada saat waktu-waktunya produktif. Namun, berbeda lagi dengan orang yang melakukan pekerjaan dikala waktu istirahat pun ingin terus melakukannya. Dengan harapan, memang ada tambahan sesuatu yang didapatkan. Sehingga, orang yang memanfaatkan waktu luangnya itu dalam menyelsaikan pesana dengan telaten dan semangat akan mendapatkan manfaat lebih dibandingkan dengan ibu-ibu yang hanya mengerjakan pada waktu produktif saja. Sedang, sang ibu yang terus mengerjakan akan merasakan dimana sesuatu yang ia kerjakan dapat terus dilakukan hingga dapat diselesaikan.

Itulah sedikit gambaran maupun penjelasan yang saya bisa tangkap ketika berada dikelas dan semoga bermanfaat, mohon maaf juga apabila yang saya jelaskan diatas kurang sesuai dengan arti “Ngeureuyeuh” aslinya.  Silahkan bagi kalian yang ingin menjelaskan contoh lebih detailnya, dapat memberikan sarannya di kolom komentar postingan dibawah ini. Terimakasih.