Part 3 (Malaysia) : Kegiatan Selama Festival dan Lomba Tari Internasional

Hari ini adalah hari dimana kami akan menampilkan tarian kami. Setelah semalam kami tidur, akhirnya pagi pun datang dan kami pun langsung bersiap-siap untuk shalat subuh dan mandi. Waktu dimalaysia dan di indonesia berbeda dengan kira-kira jaraknya 1 jam, sehingga kami baru shalat subuh sekitar jam 6 lebih. Barulah setelah kami mandi, kami langsung bersiap-siap menuju ke tempat kumpul kita yaitu di kantin. Dan tak disangka makanan yang disediakan panitia pun sudah datang. Tadi malam kami diberikan nasi lemak, dan pagi ini kamin diberikan mie bihun. Makanan apapun tetap enak juga, apalagi saat makan bersama-sama.

Sebelum persiapan latihan dimulai, tak lupa kami pun briefing terlebih dahulu untuk mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan nantinya saat akan latihan. Barulah kami menuju ketempat latihan kami yang lokasinya tida jauh dari asrama. Beruntungnya kami ditemani kembali sama teman-teman malaysia dengan pasukan mereka yang cukup banyak dari malam sebelumnya. Dalam prosesi latihan mereka tidak hanya melihat kami nari, tapi juga sempat mengomentari kami ketika kami ada kesalahan. Sehingga kami tidak hanya diberikan masukkan oleh official, tetapi diberikan masukkan juga oleh anak-anak indonesia yang kuliah dimalaysia ini.

Cukup lelah dan senang ketika prosesi latihan berlangsung. Dan sempat mengecewakan juga pada saat itu, latihan kami masih terasa belum maksimal. Seringkali ada kesalahan-kesalahan yang terulang kembali. Walaupun sebenarnya sudah cukup baik saat latihan terus menerus, tetapi harapan kami nantinya dapat membawakan penampilan yang masksimal dan baik kembali ketika nantinya sudah berada dipanggung. Tak lain, dimana kami harus tetap berusaha dan berlatih agar bisa menampilkan terbaik, Sehingga tidak mengecewakan siapa pun yang sudah mengharapkan kami tampil di fesco 2016 ini.

Selesai latihan, untuk putra siap-siap shalat jumat dan anak putri kembali menuju ke asrama. Dan jam 3 waktu malaysia kita kumpul kembali ditempat kantin yang sebelumnya menjadi tempat kami berdiskusi. Cukup jauh juga jarak ketika kami anak putra menuju ke tempat masjid yang akan dijadikan untuk shalat jumat. Kami menuju kesana dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar setengah jam lebih. Ditambah suasana juga cukup panas, membuat kami cukup lelah. Tetapi tak apa-apa yang terpenting kami bisa sampai dan bisa shalat jumat. Karena shalat jumat itu adalah kewajiban bagi setiap muslim.

Sekitar jam setengah 3 lebih kami sampai diasrama dan istirahat sejenak serta makan terlebih dahulu. Dan setelah itu langsung menuju kebawah, karena ada info bahwa mobil yang akan mengantar kami ketempat acara sudah tiba di depan asrama kami. Kami pun langsung bergegas kebawah untuk bersiap-siap menuju ke mobil yang menjemput kami. Cukup senang juga kami bisa dijemput, karena tidak mungkin juga apabila kita berjalan menuju tempat acara akan membutuhkan waktu seklitar 25-30 menit. Sehingga dengan menggunakan mobil akan memudahkan waktu lebih cepat dengan jarak waktu sekitar 10 menit.

Lagi-lagi, ada teman kami yaitu 3 anak putra yang mereka pergi sendiri ke tempat acara. Awalnya mereka mengira setelah shalat jumat langsung ketempat acara, sehingga mereka lekas menuju ketempat acara itu. Namun, mereka tidak memperhatikan teman-teman lainnya menghubungi untuk kembali ke asrama. Dan pada saat itu mereka bertiga juga dengan kondisi belum makan, dan makanannya berada diasrama. Sehingga mereka memutuskan untuk kembali asrama dengan berjalan kaki. Anehnya pada saat kami sampai di Cancelor Hall, UTP, Malaysia dimana tempat acaranya. Mereka bertiga malah sampai diasrama dengan jalur yang berbeda. Alhasil meraka harus berjalan kaki untuk kembali ke cancelor hall. Namun, karena ruangan yang ada makanan itu terkunci, sehingga mereka tidak sempat makan dan langsung menuju ketempat acara. Rasa lelah yang justru mereka dapatkan, karena harus bolak-balik ke tempat itu lagi.

Beruntung pada saat itu, kami semua dapat tepat waktu dalam acara seminar yang diadakan sebelum acara puncak fesco. Acaranya cukup meriah, karena semua peserta fesco juga turut hadir untuk memeriahkan pembukaan. Berikunya karena waktu menunjukan shalat ashar, sehingga acara presentasi dari masing-masing tim ditunda setelah shalat ashar dan dilanjutkan acara makan terlebih dahulu, kami pun berkumpul untuk mulai tempat waktu dalam segala kegiatan apapun. Dan tetap harus menjaga etika selama prosesi acara berlangsung.

Setelah waktu istirahat, shalat dan makan yang diberikan panitia fesco sudah habis. Barulah kami kembali menuju ketempat acara. Di sesi inilah kami akan melihat beberapa dari tim lainnya menyampaikan pengenalan tarian yang akan mereka persembahkan. Tepuk dan sorak dari setiap peserta pun menyelimuti gedung ini. Sehingga menambah kemeriahan nantinya saat acara fesco berlangsung.

Sebenarnya ada dua festival yang diadakan oleh UTP pada waktu itu yaitu festival gamelan dan Tarian. Kebetulan untuk hari jumat ini hanya akan ada penampilan gamelan yang akan diadakan pada waktu setelah shalat isya sekitar pukul 20.00 waktu malaysia. Kalau dari kami sendiri untuk festivalnya akan dilaksanakan besok. Tapi berhubung kami mendapatkan undangan untuk melihat penampilan gamelan, maka akan ada waktu untuk kami bisa melihatnya terlebih dahulu. Memang dari kami sendiri juga berkesepakatan akan pulang malam, sehingga kamibisa meluangkan waktu sejenak.

Sesuai kesepakatan juga karena acara baru dimulai seikitar 2 jam lagi, sehingga kami diberi kesempatan untuk mengelilingi cancelor hall, UTP ini. Bisa dikatakan sungguh luar biasa gedung yang ada disini sangat besar dan luar biasa desain gedungnya. Ditambah lagi terdapat fasilitas perpustakaan yang sangat luar biasa besarnya dilengkapi dengan tempat acara, fasilitas komputer, Serta ruang belajar dan diskusi. Sehingga menambah kami senang untuk berada disini. Setiap orang mempunyai cara tersendiri ketika meluangkan waktu disini,  beberapa diantaranya memilih beristirahat dan lainnya ada yang meluangkan waktu untuk berfoto-foto, mengingat tempatnya sangat cocok dan bagus untuk kami berfoto-foto.

Dua jam cukup bagi kami untuk mengelilingi gedung ini. Tinggal sekarang waktunya kami berkumpul kembali untuk menuju ketempat acara festival gamelan. Sebelum itu tidak lupa kami menyantap makanan terlebih dahulu yang sudah disediakan oleh panitia. Setelah itu, kami baru masuk kedalam untuk melihat pentas gamelannya. Cukup menarik bagi kami melihatnya, tetapi sayang kami tidak bisa melihat hingga malam. Karena mobil yang mengantar kami sudah datang, sehingga kami pun langsung bergegas pulang untuk istirahat, karena besok kami harus mempersiapkan penampilan esok hari.

Untuk pembahasan agenda besok sudah disampaikan pada saat berada di cancelor hall. Bahwasanya, esok hari kamu akan ada latihan terlebih dahulu, baru setelah itu kami berangkat menuju ke UTP. Sehingga sesampainya kami diasrama, kami langsung istirahat dan tidak ada kumpul malam seperti biasa. PR untuk putra sendiri harus berusaha untuk berlatih gerakan terlebih dahulu sambil mendengarkan rekaman yang ada. Barulah setelah itu masing-masing dari kami menuju ke tempat tidur.

Semoga mimpi indah dan bisa beraktivitas lebih baik untuk esok hari.

Hari Sabtu, 16 April 2016

Seperti biasa, sehabis kami bangun tidur tidak lupa untuk shalat subuh dan mandi terlebih dahulu untuk nantinya bersiap-siap makan pagi dan dilanjutkan latihan. Manajemen waktu yang disepakati alhamdulillahnya berjalan sesuai dengan rencana, sehingga kami dapat memanfaatkan waktu dengan baik dari mulai makan, persiapan dan latihan. Latihan kali ini pun tidak berbeda dengan hari kemarin dan tetap ditemani bersama mahasiswa UTP yang dari indonesia, bahkan mereka sampai membelikan minuman untuk kami. Dan nanti malam pun mereka akan menyempatkan waktu juga untuk melihat penampilan kami.


latihan sekitar kurang lebih 2 jam sesungguhnya masih belum dikatakan terbaik. Tetapi masih bisa menjadi baik lagi, kalau nantinya kalian benar-benar bisa mau memaksimalkan penampilannya. Sampai–sampai mas hanif selaku official kami berpesan,” walaupun sebenarnya ada orang yang tidak mengaharapkan kami untuk berada disini, tetapi justru lebih banyak juga orang yang justru mengharapkan kami untuk tampil”. Sehingga mau tidak mau kami selaku penari harus tetap semangat dan bekerja keras untuk dapat menampilkan yang terbaik. “Pasalnya yang merasakan was-was juga bukan hanya kalian wahai penari. Tapi mereka-mereka yang disamping kita kah yang justru paling merasa deg-degan. Sehingga berpenampilanlah yang terbaik nanti malam untuk Rampoe, UGM dan indonesia”, ucap mas hanif.

Setelah itu kami bergegas kembali ke asrama masing-masing dan bersiap untuk nantinya jam 2 siang akan dijemput kembali oleh panitia. Tak lupa untuk istirahat, makan, mandi dan shalat dhuhur terlebih dahulu sebelum keberangkatan menuju ketempat kemarin. Disela istirahat biasanya anak putra menyempatkan waktu untuk bermain HP, memindahkan foto ke laptop dan mencharge segala alat elektronik yang dibawa. Agar nantinya alat elektroniknya bisa dipakai sampai acara selesai.

Waktu sudah menunjukan pukul 2 siang. Artinya kami harus siap-siap menuju ke tempat biasa untuk berkumpul terlebih dahulu dan tidak lupa untuk membawa perlengkapan tampil yang nantinya untuk dipakai. Sesampainya ditempat, kami diarahkan ke tempat transit untuk persiapan segala hal yang nantinya mendukung untuk acara. Sebelum kami memakai kostum, kami pun diberi kesempatan untuk gladi resik terlebih dahulu agar nantinya saat tampil tahu arah tempat gerak yang akan kami tampilkan.

Setelah itu kami kembali ke ruang transit dan mulai bersiap-siap dari memakai kostum hingga make up. Dan tidak hanya untuk putri, anak putra pun perlu memakai make up. Sambil menunggu selesai make up putri. Kami anak  putra menyempatkan untuk makan sore terlebih dahulu, karena makanan sudah diantar dihadapan kami.

Dapat dikatakan untuk anak putra yang notabebenya jarang sekali ketika tampil memakai make-up. Dan kali ini benar-benar kami harus memakainya, sehingga mau tidak mau kami dibantu para anak putri untuk meriasi wajah kami agar terlihat berpenampilan berbeda. Disinilah kadang membuat kami tambah dekat dengan adanya saling membantu dan kerjasama satu sama lain, akhirnya semua siap untuk menampilkan yang terbaik nantinya.

Waktu sudah menunjukan hampir jam 8 malam, artinya acara akan segera dimulai untuk pembukaan. Kami pun segera menuju ketempat acara. Baik peserta dan penonton pun sudah memadati ruang acara. Akhirnya acara pun dimuali dengan dibuka oleh 2 MC. Disaat inilah acara resmi dibuka dan dilanjutkan beberapa sambutan. Setelah itu acara–acara yang ditunggu adalah penampilan dari masing-masing peserta. Alhamdulillah, pada saat itu kami diberi kesempatan untuk tampil dipertengahan. Melihat beberapa penampilan yang sudah tampil memang cukup membuat kami merasa was-was, pasalnya banyak sekali penonton yang menyaksikan acara ini.

Tapi dengan semangat dan usaha kerja keras kami yang dilakukan, akhirnya dari mulai awal kami dipanggil hingga penampilan selesai, sorak-sorak penonton sungguh luar biasa. Kami pun sangat senang sekali. Karena kami bisa membawakan penampilan yang bisa memberikan penonton merasa senang dan bangga terhadap kami. Begitu pun official kami merasa senang sekali, karena kami bisa menampilkan yang terbaik. Sampai beberapa dari kami ada yang menangis karena tidak bisa mengucapkan kata-kata. Hanya dengan berpelukanlah membuat kami terus untuk mengucapkan syukur alhamdulillah bahwa akhirnya kita dapat membuktikan yang terbaik.

Setelah selesai penampilan, kami berfoto bersama terlebih dahulu sebelum masuk ke tempat acara. Setelah itu barulah kami kembali ketempat acara menyaksikan penampilan peserta lainnya hingga selesai. Dan ketika berada bersama peserta lain, sempat mereka mengatakan penampilan kami luar biasa dan bagus.

Hingga acara selesai ada pengumuman lomba dan pemberian apresiasi terhadap semua partisipasi. Setelah acara ditutup dan pembagian penyerahan hadiah. Semua peserta pun bebas untuk berfoto dan kembali kemasing-masing tempat tinggal. Kami pun begitu kembali ke tempat transit untuk merapikan barang-barang kami. Agar sampai diasrama kami bisa berisitrahat langsung. Mengingat bsok minggu (17/04) kami harus pindak tempat ke kualalumpur, Malaysia. Dan tidak lain adalah setelah sampai diasrama kita harus packing barang-barang kami. Sehingga besoknya tinggal langsung dibawa ke bus.

Sampai bertemu di kuala lumpur