Part 4 (Thailand) : Perpisahan di Mae Kampong, Menuju Ke Bangkok Thailand

Seperti biasa, dipagi hari dengan suasana sejuk dan dingin kami harus tetap berusaha untuk bangun tepat waktu agar dapat melaksanakan ibadah shalat dan berbesih diri. Dan pada malam hari dimana suhu dingin yang membuat kami butuh asupan energi untuk membangkitkan tanaga, pastilah makan dipagi hari yang sudah tersedia di dapur. Ibu kami memang sangat pengertian akan kondisi kami yang memang sedang kelaparan dan ingin makan. Sehingga pada saat kami bangun dari tidur, hidangan makanan pun sedah siap tersedia. Setiap kali makan memang menunya selalu berbeda, tapi rasa makanan tetap selalu enak di lidah.

Makan Pagi

Setelah itu sekitar jam 9 pagi, kami pun disuruh kumpul untuk menuju dekat kuil untuk melaksanakan kegiatan kembali. Kegiatan kali ini adalah kunjungan ketempat pembuatan kopi, teh dan pengolahan air di Mae Kampong. Dan untuk berkunjung ketiga tempat dengan dibagi tiap masing-masing kelompok. Sebelum kunjungan dimulai, ada briefing dari panitia terkait pembagian tempat-tempatnya yang nantinnya akan dibagi setiap kelompok. Ditempat pertama yang mana kelompok kami kunjungi adalah di tempat produksi kopi asli Mae Kampong dan kedai kopi. Disini kami banyak belajar terkait jenis-jenis kopi, cara pembuatan, serta kita disuruh mencoba untuk mencicipi dari masing-masing jenis kopi.

Saat Belajar tentang kopi dan pembuatannya

Selanjutnya setelah sudah cukup lama berada di tempat pengolahan kopi. Kemudian tempat yang kita kunjungi adalah tempat pembuatan bantal seperti aromaterapi karena didalamnya bukan berisi kapuk yang biasa kita tahu, akan tetapi memakai daun teh yang dikeringkan. Disini kami diajarkan membuat bantal yang berukuran kecil, dari mulai cara memasukannya ke dalam wadah yang disediakan, menjahit sampai tahap akhir adalah pengemesan dan penempelan stempel. Bentuk dari bantalnya bermacam-macam dari mulai ukuran yang kecil sampai besar. Kebetulan untuk kali ini kami diajarkan untuk membuat bantal dengan ukuran yang kecil sekaligus hasil yang kita buat itu boleh dibuat pulang sebagai oleh-oleh.

Befoto usai Pembuatan Bantal Aromaterapi

Selanjutnya tempat terakhir yang kita kunjungi adalah pengolahan air yang biasa diminum oleh warga Mae Kampong ini. Ditempat ini kami dijelaskan terkait bagaimana proses pengolahan airnya dan terkait pembeliannya. Acara kunjungan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami, dimana kami dapat mengetahui akan potesnsi yang ada di kampung ini.

Berikutnya waktu menunjukan shalat dhuhur, dimana waktunya kami juga untuk istirahat dan makan siang. Dan selanjutnya kami bersiap-siap untuk merapikan pakaian karena setelah itu ada presentasi project kemarin yang telah didiskusikan. Selain itu juga karena sorenya akan ada perpisahan dengan warga Mae Kampong, sehingga semua peserta diharapkan untuk mempersiapkan segala barang-barang untuk langsung dibawa ditempat aula.

Saat Presentasi Hasil Ide

Saat semua berkumpul diruangan, dan satu peserta mempresentasikan hasil projectnya. Presentasi project berlangsung dengan baik, dimana antusias peserta juga sangat tinggi untuk saling tanya jawab. Ada rumor, bahwa ada apresiasi presentasi kelompok terbaik disesi terakhir. Tanpa memperlama waktu diruangan, usai dari semua presentasi grup kami pun semua langsung keluar halaman. Ternyata dilihat warga-warga Mae Kampong sendiri sudah berkumpul semua.

Rasa haru yang dirasakan disetiap masing-masing peserta, dimana sore ini merupakan momen perpisahan kami di Mae Kampong ini. Acara perpisahan pun dimulai oleh panitia, dan selanjutnya ada sambutan dari perwakilan warga untuk menyampaikan sepatah kata dari apa program yang telah dilaksanakan. Dan intinya, kami satu sama lain sangat senang dan beruntung dapat saling bertemu. Dimana kami juga dapat mengenal budaya yang ada disini, sekalgus dapat menikmati suasana keindahan lingkungan yang mungkin tidak ada di negara kami. Pastinya, kami berharap dapat bertemu kembali dan bisa berkunjung ketempat ini.

Perwakilan Warga Mae Kampong
Pemberian Kenang-kenangan dari Panitia IYCE

Diakhir sesi, kami saling berfoto bersama untuk diabadikan sebagai kenangan. Lain halnya itu, dari masing-masing homestay pun saling mengucapkan perpisahan.

Acara Perpisahan

Setelah itu, mengingat waktu sudah mulai menjelang sore. Kita pun langsung menaiki mobil pick up yang sudah disediakan untuk menuju ke Bangkok. Karena besoknya kami akan melakukan kunjungan ke Thammasat University, salah satu universitas terbaik yang ada di Bangkok, Thailand. Selama perjalanan, kami berusaha untuk menahan diri dari kesedihan akan perpisahan yang tadi. Dan merubah suasana menjadi bahagia, mengingat di Bangkok kami akan lebih banyak melakukan hal-hal yang sifatnya jalan-jalan.

Perjalanan yang cukup lama hingga memakan waktu sampai sekitar 8 jam perjalanan. Akhirnya sekitar jam 12 malam kami sampai di Hotel Chaleena Princess. Semenjak rasa lelah selama perjalanan, kini saatnya kami istirahat untuk tidur. Sebelum itu, sesuai dengan pembagian ruangan masing-masing peserta. Setiap masing-masing akan diberi kunci untuk memastikan kamar hotelnya. Dan setelah kami berada dikamar sekaligus merapikan barang-barang kami. Beruntungnya juga dihotel ini kami diberikan fasilitas Wifi gratis, sehingga kami cukup mudah untuk memanfaatkan fasilitasnya.

Pembagian Kamar