Kembali Lagi, Momen Buka Puasa Bersama UKM Gama Cendekia UGM

Buka Bersama Anggota UKM Gama Cendekia UGM

Setelah 2 tahun lebih menjadi alumni UKM(Unit Kegiatan Mahasiswa) Gama Cendekia(GC) UGM, ada rasa rindu untuk berkumpul bersama seperti dulu kala. Karena berkumpul dengan orang-orang yang luar biasa di UKM yang bergerak dibidang penelitian dan pengkajian ini, menurut saya akan ada banyak hal berbagai ilmu yang didapatkan. Dari mulai pembicaraan terkait akademis, perlombaan, isu-isu politik, pekerjaan, maupun yang sifatnya berhubungan dengan ilmiah. Dengan alasan itulah ada kalanya bagi saya untuk menyempatkan waktu kumpul, selagi sedang tidak ada kegiatan.

Mengingat saat ini kita berada di Bulan Ramadhan, dan momen kumpul yang paling tepat pastilah mengadakan kegiatan buka bersama. Harapannya dengan adanya kumpul ini dapat mempererat tali silaturrahim antar anggota maupun alumni GC. Dan pastinya tidak lepas dari adanya berbagi ilmu dan pengalamannya yang dapat memberikan motivasi untuk lainnya.

Sebelum saya menjelaskan lebih detail kegiatan buka bersama GC kali ini. Saya akan mencoba flashback momen-momen yang pernah saya ikuti selama menjadi  bagian dari anggota UKM Gama Cendekia UGM. Di UKM Gama Cendekia UGM ini, dimana saya bergabung sejak menjadi mahasiswa baru UGM yaitu pada tahun 2012. Berhubung pada tahun itu saya bergabungnya pada bulan September, dimana pada bulan itu sudah melewati bulan Ramadhan. Sehingga baru bisa mengikuti buka bersama puasa tepatnya 1 tahun setelah mengikuti organisasi ini yaitu pada tahun 2013.

Pada tahun 2013 dan 2014, seperti biasa mengikuti ajakan kakak senior untuk mengikuti kegiatan Buka Bersama. Disaat itulah selain bisa berkumpul bersama, saya pun banyak belajar dari mereka terkait berbagai hal mengenai organisasi. Walaupun pada zamannya untuk via komunikasi cukup susah, karena belum ada media sosial yang secanggih sekarang ini. Hanya via facebook saja yang dapat dilakukan. Tetapi bagi saya tidak masalah, asalkan memang ada jarkoman satu sama lain akan menimbulkan komunikasi yang baik. Tidak jauh beda sebenarnya yang namanya buka bersama organisasi, ada kalanya buka bersama dengan angkatan, departemen maupun seluruh anggota organisasi itu sendiri. Tapi maaf, untuk dokumentasinya saya tidak tahu kemana. Hehe.

Pada tahun 2015, dimana saat saya menjabat sebagai ketua Gama Cendekia UGM pada saat itu. Kegiatan buka bersama yang diadakan cukup banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya 1 kali selama bulan ramadhan, tetapi ditahun ini bahkan sampai 3 lebih kegiatannya. Kegiatan buka puasa pertama dilakukan bersamaan dengan acara diskusi bedah buku yang dilaksanakan di Gelangang UGM. Dimana peserta yang hadir dari semua anggota GC dari angkatan 2012 sampai 2014. Kegiatan ini cukup membuat antusias para peserta, apalagi saat waktu menjelang buka bersama.

Buka Bersama Saat Diskusi

Buka bersama dengan anggota GC selanjutnya diadakan di Rumah Makan Bale Bebakaran, dimana suasana lebih ramai dengan orang yang banyak dan keadaan tempat pun pasti berbeda. Mengingat banyak orang lain juga yang ingin berbuka puasa juga disini. Walaupun begitu, tetap harus kita nikmati dengan keadaan apapun.

Suasana Buka Bersama

Berikutnya ditahun yang sama, kami juga berkesempatan untuk Buka Bersama dengan Pembina GC yaitu Pak Edi di Resto Pecel  Solo. Dimana yang dapat menghadiri kegiatan ini hanyalah Pengurus Harian (PH) pada tahun itu. Acara Buka Bersama bersama dengan pembina menjadi salah satu momen silurrahim setiap 3 bulan sekali, dimana selain berbincang masalah kegiatan organisasi. Kadang juga kita bercakap-cakap mengenai  kehidupan sehari-hari. Beliau kami anggap seperti teman sendiri, sehingga sangat mudah untuk diajak bicara. Dan yang paling membuat kami merasa berterima kasih sekali. Dimana setiap pertemuan dirumah makan, semua makanannya selalu dibayarkan. Mungkin memang kami sedang beruntung.

Berfoto Bersama Pembina dan Pengurus Harian GC

Lain halnya itu, ditahun 2015 ini pula ada Buka Bersama yang menurut saya paling membuat kesan luar biasa adalah pada saat Buka Bersama disalah satu tempat pengurus harian GC, yaitu Tika Amani Faizah(Kadep Human). Pasalnya rumahnya yang berada dijogja dan tidak jauh dari tempat tinggal kami. Kesannya adalah dimana menu yang kita makan dibuat dan dihidangkan oleh kita sendiri, sehingga kami merasakan seperti  layaknya berkeluarga. Dan tidak lupa kami pun shalat berjamaah dari mulai shalat maghrib hingga taraweh.

Tahun 2016 saya tidak berkesempatan untuk mengikuti kegiatan buka bersama, pasalnya saya sedang ada pengabdian masyarakat di Papua dengan waktu kurang lebih 1,5 bulan.

Kali ini, tepatnya pada hari sabtu(03/06) di Warung Inyong. Kebetulan dari GC sendiri mengadakan Buka Bersama ini terbuka untuk alumni juga, sehingga aku pun memanfaatkan kesempatan ini untuk dapat melihat generasi yang baru dan mengajak juga alumni lainnya. Karena beberapa dari setengah yang datang khususnya anak baru, sehingga kurang akrab kelihatannya. Tapi bersyukurnya masih ada alumini yang menemani dan anggota GC yang dikenal. Harapannya, semoga organisasi selalu kuat dalam tali persaudaraan dan semakin luar biasa. Semoga juga, saya masih bisa berkesempatan kembali untuk mengikuti ditahun mendatang.

Menu Makan Buka Puasa