My Story, Travelling

Indahnya Candi Ijo, Lokasi Candi Tertinggi di Yogyakarta

Berfoto Di depan salah satu Candi Ijo

Kalau wisata yang satu ini berbeda lagi dengan wisata Taman Tebing Breksi yang sebelumnya saya kunjungi. Lokasi wisata ini tidak jauh dari lokasi Taman Tebing Breksi, dimana tempatnya pun tidak kalah fotogenik dan indah pemandanganya. Namanya adalah Candi Ijo. Jaraknya kurang lebih sekitar 1 km dari Tebing Breksi. Dan Candi Ijo ini termasuk Candi dengan lokasi paling tinggi di Yogyakarta. Pantaslah, kita harus naik jalan menanjak terlebih dahulu untuk sampai ketempatnya. Perjalanan menuju Candi Ijo memang awalnya cukup datar dan kondisi jalan yang sudah lumayan baik, melewati perkampungan penduduk, namun ketika memasuki jalan yang menanjak, setidaknya kita harus berkonsentrasi mengendarai kendaraan. Jalan menanjak dan cukup curam serta keadaan jalan yang rusak mengharuskan kita untuk berhati-hati.

Secara adiministratif, Candi Ijo terletak di Dukuh Nglengkong, Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jalan menuju Candi Ijo searah dengan jalan menuju Ratu Boko. Jika dari kota Yogyakarta, ambil saja arah ke timur menuju Candi Prambanan. Sesampainya di pertigaan lampu merah sebelum Candi Prambanan, ambil arah belok ke kanan menuju pasar, lurus saja menuju ke jalan Piyungan. Dari jalan Piyungan sekitar km 4, belok ke kiri (mengikuti papan petunjuk arah). Setelah belok, kita akan disuguhi pemandangan persawahan yang cukup asri, jalan di sini sudah beraspal namun beberapa kondisinya sudah rusak. Jalan lurus saja sampai menemui persimpangan, di papan petunjuk jika ke Ratu Boko belok ke kiri, ke Candi Banyunibo lurus (ke arah timur), dan ke Candi ijo belok ke kanan.

Candi ini dinamakan “Ijo” karena berada di atas bukit yang disebut Gumuk Ijo. Kompleks percandian membuka ke arah barat dengan panorama indah, berupa persawahan dan bentang alam, seperti Bandara Adisucipto dan pantai Parangtritis. Candi Ijo berada di sebuah bukit yang memiliki pemandangan yang indah. Jika cuaca sedang cerah, pemandangan senja di candi ini terlihat semakin cantik. Banyak pengunjung yang datang ke candi ini saat hari menjelang sore untuk mendapatkan pemandangan serta suasana yang lebih indah. Untuk kamu penggemar fotografi yang ingin mendapatkan pemandangan sunset berlatar belakang candi, Candi Ijo ini bisa kamu jadikan salah satu alternatif selain Ratu Boko. Pokoknya komplit sekali wisata yang dekat Candi Ijo ini, sekali berkunjung dapat menikmati wisata disekelilinya.

Kebetulan karna saya mengunjungi candi ini di pagi hari, pastilah saya tidak akan menemukan suasana sunset yang mana bagi orang menyukai suasana ini. Waktu pagi hari pun suasana Candi Ijo ini juga cukup bagus. Dan kami ber-3 pun usai perjalanan dari Tebing Breksi pun cukup merasa nyaman dan menangkan. Pasalnya, udara disini juga sangat segar.