Buka Puasa Bersama Pertama Di Jogja, Bersama Tim NFF Rampoe UGM

Foto Bersama TIM NFF RAMPOE UGM

Kalau sebelumnya saya menceritakan terkait buka bersama pertama pada bulan ramadhan dikampung halaman. Kalau kali ini dimana saya menikmati momen buka bersama awal dijogja.

Bersyukur sekali selama kurang lebih 5 tahun berada dijogja, selalu ada saja momen buka bersama baik itu dari kawan organisasi, teman seangkatan maupun kegiatan dari pengajian. Hanya saja semakin bertambah umur atau bisa juga dikatakan sudah bukan dunianya masa-masa menjadi mahasiswa yang notabenenya mempunyai banyak kenalan dan kegiatan. Pastilah momen sekarang pastilah akan berbeda dari tahun sebelumnya, dimana dulu semangat sekali ketika ada ajakan bukber yang mana tiap kali mempunyai sebuah perkumpulan pasti mengadakan. Dan untuk sekarang ini, tinggal saya sendiri mau berusaha untuk menghubungi sendiri atau bahkan malah teman saya yang mengajak. Tapi ada bukber atau tidak itu sebenarnya tidak bermasalah bagi saya, toh dijogja banyak tempat masjid-masjid yang menyediakan buka bersama puasa. Lain halnya itu, sebelum buka puasa kita diajak untuk mendengarkan ceramah dahulu. Dari situlah, malah ada tambahan ilmu dan pahala juga. Hehe.

Teramat sayang juga sih, kalau selama bulan puasa dijogja nantinya juga tidak ada Buka Bersama. Sehingga daripada saya menunggu yang lain mengajak, saya mencoba untuk menanyakan terlebih dahulu ke beberapa teman. Kebetulan pada saat itu ada satu kepanitian lomba dimana saya dan teman-teman yang bergambung dalam komunitas rampoe ugm, yaitu komunitas tari yang bergerak di Bidang Aceh mengikuti sebuah perlombaan Tari Tradisional tingkat nasional pada bulan maret lalu yaitu NFF (National Folklore Festival). Dan bersyukurnya dari 2 kontingan yang berangkat, kami mendapatkan juara 2 dan 3. Dengan terkendalanya dana yang kami ajukan ke rektorat belum turun, sehingga kami belum mengadakan yang namanya pembubaran tim ini. Sebenarnya bukan bubar begitu saja sih, tapi lebih diartikan dimana segala hal urusan yang menyangkut hal keuangan dan hadiah dapat diselesaikan dan dibagikan kepada setiap masing-maisng orang.

Dan saya selaku ketua yang bertanggungjawab akan keberangkatan tim ini berinisiatif untuk mengadakan pembubaran pada saat bulan puasa ramadhan. sekaligus, mempersiapkan tanggalnya jauh-jauh hari agar nantinya bisa memastikan kedatangan anak-anak sekaligus bisa booking tempat buka bersama lebih awal. Tepatnya pada hari minggu, 28 mei atau lebih tepatnya pada hari ke-2 puasa kami memilihnya. Dan dengan kesepakatan teman-teman juga. Harapannya agar silaturrahim tetap terjaga terus. Ditambah lagi momennya pada saat bulan ramadhan akan lebih baik lagi.

Awalnya sempat bingung ketika mau menentukan waktunya, mengingat tanggal itu merupakan masih awal puasa yang notabenya biasanya orang-orang akan lebih memilih untuk berbuka  berpuasa dengan keluarga. Terlebih beberapa kampus pada hari seninnya , akan ada yang melaksanakan buka puasa.

Beruntunglah pada saat itu, waktu itu merupakan waktu yang tepat juga bagi saya. Mengingat hari pertama bulan puasa ramadhan tangggal 27 mei, saya ingin berbuka bersama dengan keluarga dan hari senin ada urusan dikampus(jogja). Sehingga pada hari minggunya saya bisa berangkat dari rumah menuju ke jogja.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Tibalah saatnya dimana hari minggu, hari buka bersama dijogja. Perjalanan kurang lebih 4 jam dari pukul 07.00-11.00 wib dari purbalingga hingga jogja dengan aman dan menyenangkan. Setelah itu, saya mencoba untuk menyempatkan istirahat sampai sore hari hingga menunggu saatnya kumpul bersama.

Sungguh teramat senang rasanya pada saat anak-anak sudah kumpul semua, walaupun sebelumnya ada terkena halangan hujan saat berangkat ketempat makan. Hingga sebagian besar dari anak-anak baru sampai ditempat saat akan menjelang adzan maghrib, sehingga penyampaian dari acara ini di skip dahulu sampai usai buka bersama Dan tidak semua anak juga datang karena ada urusan suatu hal. Tapi dari kesemunya itu, tetap memberikan suasana yang tetap memberikan indah dan nyaman.

Saat adzan maghrib dikumandangkan, dimana saatnya kami menyantap makanan yang ada. Sedikit info saja, kalau tempat makan kami berada di Pondok cabe yang berada di samping Mirota Kampus UGM dengan alamat lengkapnya di Jalan C. Simanjuntak No. 41B, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Tidak heran apabila tempat ini menjadi pilihan kami untuk mengadakan buka bersama ini. Pasalnya, tempat ini juga termasuk kategori yang tempatnya bagus, suasana yang cukup ramai dan dengan menu makanan yang bisa dibilang cukup tinggi. Dan pastinya makanannya enak dilidah.

Sambil menyantap hidangan makanan, aku pun menyempatkan untuk berdiri dari tempat duduk dan langsung menyampaikan hal-hal yang ingin ku sampaikan dari pertemuan ini. Dengan rasa senang dan bersyukur ku ucapkan, yang mana akhirnya acara ini bisa terlaksana dengan keadaan yang seadanya. Dan diakhir penyampaian, saya berharap semoga rasa kekeluargaan ditim ini tetap ada dan terus menjaga silaturrahim satu sama lain.

Setelah itu, masing-masiang anak menyempatkan waktu untuk shalat maghrib dan diakhir sesi kami berfoto bersama sebagai kenangan kami nantinya.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1438 H.