Tim gama lebah datangkan masker, warga mangunan senang

13052014-maskerWarga Desa Mangunan yang mana menjadi tempat PKM-M Tim Gama Lebah yang terdiri dari 5 anak, empat anak dari fakultas Teknologi Pertanian serta satu orang dari Fakultas Peternakan sangat senang dengan didatangnya masker penutup muka yang diberikan, Sabtu (10/04) pkl 10.30 di rumah Pak Teguh salah satu anggota Ternak Lebah Desa Mangunan.

“Tujuan diadakannya Masker ini agar terhindar dari sengatan lebah. Selain itu juga dapat mempernyaman pekerjaan Masyarakat Desa Mangunan baik itu mengambil lebah dalam stup/sarang maupun memindahkan stup lebah” Ujar Catur salah satu Tim Gama Lebah.

Masker yang diberikan berjumlah 2 buah ini yang dibeli dari Taman Wisata Lebah Madu Pramuka Cibubur, DKI Jakarta, Indonesia dengan harga per buah 80 ribu hanyalah sebagi awalan atau contoh bentuk dari standar Operasional Prosedur dalam menangani perlebahan. Rencana Kedepan masker ini akan diperbanyak lagi sesuai dengan jumlah anggota peternak lebah kurang lebih 10 orang serta menginisiasi untuk dibuat sendiri dengan melihat contoh yang ada. Untuk membuat masker lebah cukup muadah hanya membutuhkan jaring dengan panjang kurang lebih 1 m dan topi seperti topi nebentuk biasa atau caping.

Kenyamanan masyarakat dalam memakai masker penutup wajah penghalang sengatan lebah menjadi motivasi bagi Tim Lebah untuk dapat peningkatan pembuatan masker secara ekonomis dan awet. Begitupun masyarakat tidak perlu takut dalam hal untuk mengambl madu dalam stup dan memindahkan stup lebah.

Facebook Comments